5 Resep Bikin Keju, dari Cara Paling Mudah Sampai Paling Susah. Asyik! Bisa Dicoba di Rumah

Cara bikin keju

Keju, si putih yang kadang dibenci dan disukai. Sebagian orang tidak menyukai makanan berbahan dasar susu ini. Katanya sih bikin enek. Tapi nggak sedikit orang yang mendaku dirinya sebagai penggila keju. Kabar baik nih buat kamu yang suka keju. Daripada terus-terusan beli, kamu sebenarnya bisa buat keju sendiri di rumah.

Advertisement

Mulai dari yang paling mudah sampai paling susah, pilih saja resep yang sesuai dengan kamu. Bahan-bahannya pun bermacam-macam lo, bukan melulu susu sapi saja. Alhasil, cita rasa keju yang dihasilkan juga berbeda-beda. Keju tuh memang sebenarnya makanan yang sangat versatile. Nah, bagi yang sudah penasaran, cek aja deh resep-resep di bawah ini! 

Cara bikin keju dari susu cair. Simpel, mudah, dan low budget. Cuma pakai 3 bahan saja

keju bisa dibuat dengan tiga ahan dasar saja. Salah satunya susu cair | Photo by Engin Akyurt via www.pexels.com

Bikin keju itu nggak melulu ribet. Padahal caranya sangat gampang. Kalau kamu berpikir, bikin keju itu harus pakai banyak bahan, maka salah besar. Resep keju satu ini sederhana sekali. Hanya bermodal 3 bahan dasar, kamu sudah bisa bikin keju sendiri. Rasanya pun tak kalah nikmat dari keju-keju yang ada di pasaran.

Jadi, kamu cukup sediakan 3 bahan:

Advertisement
  1. Susu sapi
  2. Lemon
  3. Garam

Setelah memastikan semua bahan ada, sekarang kamu masukkan susu dan garam ke dalam panci. Taruh panci di atas kompor. Lalu panaskan. Agar zat susu terpisah dengan zat cair (whey), kamu bisa tambahkan perasaan lemon. Jangan lupa diaduk-aduk, ya.

Advertisement

Sambil terus diaduk, kamu tunggu cairan susu dan lemon tadi mengental. Matikan kompor bila cairan sudah menjadi gumpalan. Nah, kamu diamkan cairan itu selama 2 jam. Tujuannya agar cairan lebih kental lagi.

Langkah selanjutnya setelah 2 jam, kamu tuangkan cairan kental ke dalam wadah yang telah diberi kain. Gunakan kain yang bersih, ya. Usai memastikan adonan keju tidak ada airnya, bungkus adonan dengan rapat. Langkah terakhir, pindahkan adonan ke dalam wadah. Masukkan mesin pendingin hingga mengeras. Biasanya sih butuh waktu sekitar sehari. Jadi deh, keju buatan sendiri sudah siap dinikmati.

Cara bikin keju dari susu bubuk. Yuk, penggemar keju ricotta merapat! Ternyata susu bubuk bisa jadi bahan pembuatan keju ini loh. Hmm, enak~

Bikin keju ricotta dengan bahan dasar susu bubuk | Photo by rmagency via pixabay.com

Kamu punya susu bubuk tak terpakai? Sepertinya kamu harus coba resep ini. Lumrahnya, keju ricotta dibuat dari susu cair. Tapi agak berbeda, resep keju ricotta ini gunakan susu bubuk. Hasilnya nggak kalah nikmat. 

Langkah-langkah membuat keju ini sedikit rumit dari sebelumnya. Tapi kamu masih bisa bikin di rumah. Langkah awal, kamu campurkan susu bubuk dan air ke dalam panci. Aduk cairan sampai benar-benar larut. Nah, di langkah selanjutnya kamu butuh termometer. Apa gunanya? Saat memanaskan cairan di atas api, kamu harus pastikan suhunya mencapai 180ºC. Mulailah dengan menyalakan api sedang sampai akhirnya mencapai suhu tersebut. 

Kemudian tambahkan 1/4 air lemon atau air cuka. Aduk secara perlahan. Setelah mengental matikan api dan diamkan beberapa jam. Tutupi cairan kental keju dengan lap atau kain bersih. Setelah benar-benar dingin, kamu pindahkan dengan cara mengambil bagian kentalnya. Setelah itu, peras sisa cairan kental. Namun bila kamu suka keju yang lebih moist, nggak perlu diperas. Sekarang keju tinggal dimasukkan ke dalam kulkas.

Cara bikin keju dari santan. Meski nggak ada susu, santan pun bisa jadi bahan pilihan. Proses pembuatan keju dari santan cukup rumit, tapi masih dilakukan. Tenang~

Perasan air kelapa ini mudah dijumpai di Indonesia. Entah perasan murni atau dalam bentuk kemasan. Kalau kamu punya santan, sesekali dibuat keju juga bisa. Caranya, kamu siapkan santan, bubuk agar-agar, nutritional yeast (ragi yang dimatikan), bawang putih, dan air lemon.

Pertama, tuangkan santan ke dalam panci. Tambahkan semua bahan di atas tadi, ya. Jangan sampai ada bahan yang tertinggal. Aduk hingga rata. Kamu tunggu sampai keju mendidih. Tapi jangan matikan dulu apinya. Kamu hanya perlu mengecilkan api saja. 

Setelah sekitar 6 menit diaduk dengan nyala api kecil, tuangkan adonan ke dalam cetakan keju yang telah disiapkan. Tunggu sejenak sampai dingin. Kemudian tutup cetakan keju dan masukan ke dalam kulkas. Kira-kira 2 jam, keju sudah mengeras. Yuhuu, keju santan siap dihidangkan!

Cara bikin keju kacang mete. Keju untuk para vegan. Langkah pembuatan keju lebih panjang. Tapi nggak bikin kamu lelah

Bagi yang alergi kedelai, keju dari kacang mete bisa jadi alternatif. Keju dengan nama Madree ini termasuk keju favorit para vegan loh. Proses pembuatannya cukup panjang dibanding cara bikin keju biasa. Namun proses ini nggak akan sia-sia. Soalnya keju ini sangat menggoda.

Cara bikin keju kacang mete:

  1. Rendam kacang mete dengan air matang. Tunggu selama 3-5 jam. Setelah itu tiriskan kacang mete.
  2. Keceng mete yang sudah kering lalu dihaluskan. Campurkan bahan-bahan seperti tepung tapioka organik, kappa carrageenan, nutritional yeast (ragi), dan kultur. Istilah kappa carrageenan mungkin asing di telinga mayoritas orang. Jadi kappa carrageenan ini dipakai untuk berikan efek kenyal pada keju. Sedangkan ragi untuk fermentasi keju biasanya menggunakan kombucha, rejuvelac, atau yogurt. Tambahan ragi untuk memberikan efek cheesy.
  3. Aduk semua adonan. Pastikan semua bahan tercampur dengan baik. Kemudian cetak adonan. Wah gampang!

Cara bikin keju dari kacang almond. Kamu butuh bahan tambahan cukup banyak agar keju kaya rasa. Ada triknya setelah keluarkan keju dari oven

Keju dengan kacang almond | Photo by Luna Lovegood via www.pexels.com

Bosan dengan keju yang biasa? Jika kamu ingin sesuatu yang berbeda, keju dari kacang almond ini adalah jawabannya. Untuk membuatnya, kamu harus siapkan bahan-bahan tambahan seperti bawang putih, virgin olive oil, dan wijen.

Setelah kacang almond dicuci bersih dan direndam dengan air matang, tiriskan sampai kering. Masukkan semua bahan ke dalam blender: kacang almond, air lemon, bawang putih, virgin olive oil, garam, dan air. Bila adonan sudah halus dan tampak creamy, tuang ke dalam saringan kawat yang dilapisi kain saringan tahu. Kemudian letakkan saringan di atas mangkuk. Lalu simpan di lemari es selama semalam. 

Esok harinya, kamu ambil saringan berisi adonan keju. Pindah ke loyang yang telah dilapisi minyak. Panggang adonan ke oven dengan suhu 180ºC. Kamu tunggu selama 30-40 menit. Oiya, ada sedikit trik nih. Setelah keluar dari oven, coba gulirkan adonan keju ke atas wijen. Bila nggak suka wijen, kamu bisa pakai kacang walnut, rosemary, dan sebagainya. Dijamin keju buatanmu makin kaya rasa.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE