7 Cara Cek iPhone Asli atau Palsu Sebelum Membeli. Awas Tertipu!

Ponsel pintar atau smartphone menjadi satu benda wajib yang nggak bisa dilepaskan dari orang-orang saat ini. Smartphone biasa digunakan mulai dari untuk komunikasi sehari-hari, bekerja, bahkan untuk belajar. Tak heran kalau banyak dari mereka memilih mencari smartphone yang mumpuni. Salah satu smartphone yang dikenal canggih dan berkualitas adalah iPhone.

Advertisement

Produk keluaran Apple ini memang sangat diminati oleh banyak orang, terutama para kalangan muda. Namun, karena permintaan pasar yang begitu banyak, kini tak jarang beredar iPhone palsu. Sekilas, tampilan ponsel ini memang persis seperti aslinya. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara cek iPhone asli atau palsu sebelum memutuskan untuk membeli. Yuk, simak tujuh caranya berikut ini!

1. Cek iPhone asli lewat kesamaan IMEI

cara cek iPhone asli

| Photo by Mustafa Akın from Pexels

IMEI merupakan bagian penting dari setiap smartphone. Selain untuk mendeteksi keberadaan ponsel, IMEI juga bisa digunakan untuk membedakan apakah iPhone asli atau palsu. Cara cek IMEI iPhone resmi adalah dengan memeriksa di kode USSD *#06# lewat dial ponsel. Selain itu, cek IMEI iPhone juga bisa diperiksa lewat menu pengaturan. Cara cek iPhone asli lewat IMEI adalah dengan cek kesamaan IMEI yang terdapat pada sistem, fisik, dan kardus. Jika ketiga nomor di tiga tempat tersebut sama, maka iPhone tersebut asli.

2. Cek material iPhone sesuai spesifikasinya

cara cek iPhone asli

Photo by Tyler Lastovich from Pexels

Sebagai salah satu smartphone yang dipasarkan untuk kalangan menengah ke atas, iPhone tentu memiliki material yang premium. Hampir semua perangkat ponsel pintar jenis ini menggunakan material logam dan kaca kualitas tinggi. Cara cek iPhone X asli misalnya, benda itu menggunakan material kaca yang terasa kokoh dan kuat. Bukan menggunakan material plastik yang terkesan murah dan ringkih. Perhatikan spesifikasi body dari tipe iPhone yang akan kamu beli dan sesuaikan dengan barang yang ditawarkan. Cara itu bisa digunakan untuk mengetahui apakah iPhone yang akan kamu beli asli atau tidak.

Advertisement

3. Cek fitur dan OS yang digunakan

cara cek iPhone asli

Photo by Jonathan Robles from Pexels

Fitur yang tersedia untuk semua seri iPhone 5s ke atas adalah dibekali dengan fingerprint. Jika kamu membeli iPhone di atas seri itu tapi tidak ada fingerprint, maka bisa jadi iPhone yang kamu beli palsu.

Jangan lupa pula melihat kesesuaian spesifikasi yang ditawarkan untuk seri iPhone yang akan kamu beli. Cara cek iPhone asli atau kw lainnya juga bisa dilakukan dengan memperhatikan sistem operasi yang digunakan. Sebagai produk Apple, iPhone selalu menggunakan sistem iOS. Sedangkan iPhone tiruan biasanya menggunakan Android. iPhone asli juga menggunakan aplikasi App Store untuk menginstal aplikasi, bukan Google Play seperti Android.

4. Perhatikan fitur retina display yang terlihat pada layar iPhone

cara cek iPhone asli

Photo by cottonbro from Pexels

Retina display merupakan bagian teknologi dari produk Apple yang mulai diperkenalkan pada iPhone 4. Dengan  retina display, maka tampilan layar iPhona akan sangat jernih dan halus karena memiliki resolusi tinggi. Sementara itu, layar iPhone yang palsu biasanya hanya memiliki layar yang kurang jernih dan beresolusi rendah.

Advertisement

5. Pastikan perangkat tidak memiliki memori eksternal

cara cek iPhone asli

Cara cek iPhone asli iBox lainnya adalah dengan mengecek apakah ada memori eksternal. Berbeda dengan Android, iPhone selalu menawarkan memori internal yang besar. Mereka sengaja memberikan kapasitas memori yang besar karena tidak dibekali dengan memori eksternal. Jadi, jika iPhone yang akan kamu beli memiliki slot memori eksternal, maka kamu perlu waspada jika smartphone tersebut palsu.

6. Hubungkan iPhone ke perangkat yang sudah terpasang iTunes

cara cek iPhone asli

Photo by cottonbro from Pexels

Cara mudah lainnya untuk cek iPhone asli atau hdc (palsu) adalah dengan menggunakan iTunes. Kamu bisa menghubungkan iPhone yang akan kamu beli ke perangkat yang sudah terpasang iTunes. Apabila iTunes bisa mendeteksi ponsel itu, maka bisa dipastikan itu adalah iPhone asli. Sebaliknya, jika ponsel tidak terhubung dengan iTunes, maka kemungkinan besar iPhone tersebut palsu.

7. Cek status garansi, iPhone palsu tidak memiliki garansi

cara cek iPhone asli

| Photo by Robert Pelka from Pexels

Cara cek iPhone asli lainnya adalah dengan kode garansi yang diberikan saat pembelian iPhone. Apabila kamu membeli ponsel di toko resmi Apple, maka garansi yang diberikan adalah garansi resmi. Kamu bisa memastikannya dengan mengunjungi situs resmi Apple. Namun, jika kamu membeli perangkat di toko yang tidak resmi, sebaiknya kamu tanyakan langsung kepada penjualnya. Pasalnya, ada pula iPhone dengan garansi toko dan distributor. Dengan mengecek garansinya, maka kita akan mengetahui iPhone tersebut asli atau tidak. Pasalnya, iPhone palsu tidak mungkin memiliki garansi.

Itu dia tujuh cara cek iPhone asli dan palsu yang biasanya beredar di Indonesia. Jangan sampai kamu tertipu hanya dengan harga yang murah atau tampilan yang cantik saja ya, SoHip!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE