Cara Cek NISN Siswa Secara Online tanpa Kartu Kesiswaan

Cukup butuh koneksi internet dan data siswa

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) adalah nomor penting yang berguna sebagai identitas setiap peserta didik di Indonesia. Mulai dari TK hingga kuliah, semua data siswa tersimpan di situ. Mungkin SoHip juga pernah lihat NISN untuk pendaftaran sekolah atau beasiswa. Nomor ini sangat penting, jadi kamu harus menyimpan kartu tanda siswa yang memuat nomor NISN.

Advertisement

Namun, jika kartu tersebut hilang dan kamu tidak mengingat berapa nomor NISN, kamu bisa ikuti cara cek NISN siswa berikut. Umumnya, seluruh data siswa bisa kamu cari di ruang BK atau kantor administrasi sekolah. Namun, kamu tidak harus melakukan hal itu lagi, karena ada cara yang lebih mudah, yaitu melalui website dan aplikasi Kemendikbud. Yuk, simak caranya!

Cara cek NISN siswa via website Kemendikbud

Untuk cek nomor NISN siswa, kamu bisa mengunjungi website Kemendikbud. Berikut ini cara cek NISN Kemdikbud siswa secara online:

1.Buka aplikasi browser.

Advertisement
Cek NISN Kemendikbud

Cari di Google / Credit by Hipwee

2.Masukkan kata kunci Cek NISN Siswa di kolom pencarian.

3.Kemudian klik hasil pencarian paling atas 

Cek NISN Kemendikbud

Pilih ini / Credit by Hipwee

Advertisement

4.Setelah masuk ke website, silahkan isi data diri. Jangan lupa centang Captcha I’m Not a Robot.

Cek NISN Kemendikbud

Halaman pencarian / Credit by Hipwee

5.Klik Cari Data

Apabila data yang kamu isi sudah sesuai, otomatis website akan menampilkan data siswa yang bersangkutan. Termasuk informasi tentang nomor NISN siswa.

 

Cara Cek NISN Siswa Melalui Aplikasi

Selain melalui website, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Cek NISN Siswa untuk cek nomor NISN. Kamu bisa langsung download aplikasi ini lewat Play Store.

Cara penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Langsung saja klik Cek dengan Nama pada halaman awal aplikasi. Setelah muncul, langsung ketikkan Tempat dan Tanggal Lahir Siswa. Jika data yang kamu masukkan sudah sesuai, maka akan muncul informasi yang berisi data siswa, lengkap dengan nomor NISN-nya.

Typo bisa berpengaruh terhadap hasil pencarian. Harap memasukkan data dengan teliti. Cara cek NISN siswa tidaklah sulit. Kamu bisa mengeceknya kapan pun tanpa harus membawa-bawa kartu kesiswaan kemana pun kamu pergi. Untuk cek NISN siswa, kamu bisa mengunjungi website Kemendikbud atau lewat aplikasi.

Cara cek NISN siswa melalui website menjadi pilihan terbaik, apalagi jika kamu tidak ingin mengunduh aplikasi. Namun, jika kamu belum yakin untuk cek NISN via website atau aplikasi, kamu bisa memastikannya ke ruang administrasi di sekolah masing-masing.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE