Cara Cek Plagiarisme Online Lewat Website Gratis

Biar terhindar dari pembajakan

Saat ini, ada banyak cara untuk melakukan cek plagiarisme skripsi atau pada sebuah dokumen. Dalam hal ini, pengecekan plagiarisme melalui website menjadi salah satu pilihan terbaik. Apakah SoHip pernah mencoba cara cek plagiarisme melalui website?

Advertisement

Jika kamu masih bingung, pada ulasan kali ini, kita akan membahas bagaimana memanfaatkan website Plagiat 1text dan Turnitin sebagai salah satu cara menghindari plagiarisme. Yuk simak bagaimana caranya!

Cara cek plagiarisme lewat 1text

Cek plagiarisme

Cek plagiarisme / Hipwee

Website 1text merupakan salah satu dari website plagiarism checker pilihan yang bisa kamu nikmati secara gratis. Ada banyak fitur menarik dari website ini, yaitu persentase plagiat, artikel referensi yang terplagiat, serta fitur pengecekan tata bahasa dan pengejaan kata. Meski menggunakan ide dan parafrase sendiri, sebaiknya tetap cek plagiarisme untuk memastikan keorisinilan tulisan kamu.

Berikut ini tutorial cara cek plagiarisme gratis melalui website 1text.

Advertisement
  1. Silahkan copy teks dari dokumen.
  2. Selanjutnya, buka website 1text .
  3. Paste/tempel teks dokumen pada kota yang tersedia.
  1. Klik Check for Plagiarisme.
  2. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai dan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Cek plagiarisme menggunakan 1text bisa tanpa memasukkan atau mendaftarkan akun terlebih dahulu. Ini merupakan salah satu keunggulannya. Namun, kamu tidak akan bisa menggunakannya secara maksimal jika tidak masuk atau daftar akun terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan verifikasi email untuk bisa memanfaatkan lebih banyak kesempatan cek plagiarisme melalui website ini. 

Cara cek plagiarisme dengan Turnitin

Cara cek plagiarisme

Cara cek plagiarisme/ Hipwee

Turnitin merupakan salah satu website cek plagiarisme terbaik di kalangan siswa dan mahasiswa. Bagaimana cara cek plagiarisme online melalui website ini?

  1. Buka website Turnitin di browser
  1. Login dengan akun yang sudah kamu buat. Jika belum punya akun, kamu bisa daftar terlebih dahulu.
  2. Masukkan Submission Title dengan judul dokumen Nama pengguna.
  3. Kemudian, klik opsi Choose from This Computer.
  4. Cari file, lalu klik Open.
  5. Silahkan tunggu proses pengecekan selesai.

Tingkat akurasi yang tinggi merupakan salah satu fitur premium yang diberikan Turnitin. Untuk dapat menggunakannya, kamu harus berlangganan terlebih dahulu. Harga untuk berlangganan mulai dari ribuan sampai jutaan rupiah.

Website 1text menjadi salah satu rekomendasi alternatif cara cek plagiarisme dengan berbagai kelebihan. Salah satunya adalah adanya indikator persentase plagiat dan adanya bukti paparan website yang terdeteksi kemiripannya. Nah, sekarak mulai jeli untuk cek dokumen yuk!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE