7 Situs Cek Plagiasi Skripsi untuk Memastikan Karyamu Orisinal. No Jiplak!

Cek plagiasi skripsi

Tingkat akhir menjadi fase yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Menyenangkan karena akhirnya kamu berhasil menjalani dunia perkuliahan dengan baik dan tinggal satu tahap lagi menuju wisuda, menegangkan karena kamu harus bisa menyelesaikan skripsi sebagai syarat kelulusan. Menyusun skripsi memang kerap menjadi momok menakutkan bagi para mahasiswa. Tapi, kamu bisa membaca beragam jurnal sebagai referensi agar hasil penelitianmu lebih terukur.

Advertisement

Biasanya, pihak kampus akan memberikan standar tertentu terhadap tingkat plagiasi skripsi untuk memastikan skripsi yang kamu buat orisinal. Nah, bagi kamu yang sedang dalam fase penyusunan skripsi, berikut beberapa situs cek plagiasi skripsi yang bisa membantu melakukan pengecekan pada hasil tulisanmu.

1. Turnitin menjadi salah satu situs yang paling sering digunakan di dalam lingkup akademik

Credit via turnitin.com

Turnitin merupakan situs yang bisa memeriksa hasil tulisan dan memastikan jika tulisanmu nggak memiliki kesamaan dengan dokomen lain baik di internet, situs web, buku, dan media lainnya. Tapi, saat ini Turnitin belum bisa diakses secara bebas dan gratis. Turnitin menawarkan harga yang beragam untuk berlangganan tergantung institusi yang bekerja sama dengannya.

Jadi, kalau saat ini kamu sedang menyusun tugas akhir dan ingin memerika hasil tulisanmu dengan situs yang satu ini, kamu bisa menanyakan terlebih dahulu kepada pihak kampusmu.

Advertisement

2. PlagScan merupakan situs cek plagiasi skripsi yang hasilnya paling sensitif dan akurat

Credit via plagscan.com

PlagScan adalah sebuah situs pengecekan plagiasi yang berbayar. Tapi, kamu bisa mencoba versi trial yang disediakan secara gratis. Sebelum memeriksa tulisan, kamu perlu membuat akun PlagScan terlebih dahulu. Proses pembuatan akunnya juga cepat dan nggak memerlukan kartu kredit seperti subskripsi pada umumnya. Melalui versi percobaan, kamu bisa mengakses sebanyak dua puluh kali pengecekan tulisan.

3. Situs pengecekan PaperRater bisa memberikan saran kosakata pada hasil tulisanmu

Credit via becomeawritertoday.com

Kamu bisa mengakses situs cek plagiasi skripsi ini secara gratis dengan menentukan jenis dokumen, level tingkatan, dan beberapa faktor lainnya. Situs ini telah digunakan oleh lebih dari 140 negara lo. Selain itu, situs ini juga bisa berfungsi untuk memeriksa grammar bahasa Inggris dan memberikan saran kosakata pada hasil tulisanmu. Tapi, sayangnya situs ini masih kurang akurat daripada Grammarly.

4. PlagTracker dibuat secara khusus untuk mahasiswa dan tenaga pendidik

Credit via Plagtracker.com

Situs PlagTracker dibuat secara khusus untuk lingkup akademik mulai dari mahasiswa, tenaga pendidik, hingga penerbit buku. Tak hanya mengecek plagiasi saja, situs ini juga bisa membantu pengecekan apakah skripsimu sudah pernah diunggah di internet atau belum. Setelah selesai pengecekan plagiasi, kamu juga akan mendapatkan laporan mengenai hasil plagiasi berdasarkan sumber yang kamu cantumkan dalam tulisanmu. Situs ini bisa diakses secara gratis, tapi kamu hanya bisa melakukan pengecekan skripsi maksimal sebanyak 5000 kata saja.

Advertisement

5. Selanjutnya, situs DupliChecker juga memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi

Credit via duplichecker.com

DupliChecker merupakan situs yang memiliki tampilan paling sederhana dibanding situs cek plagiasi lainnya. Meski begitu, situs ini memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi lo! Sebelum memeriksa tulisanmu, kamu harus membuat akun terlebih dahulu untuk mendapatkan akses pengecekan sebanyak 50 kali per hari secara gratis. Tapi, kalau kamu nggak membuat akun, kamu hanya bisa melakukan pengecekan satu dokumen saja.

6. Grammarly lebih dikenal sebagai situs untuk memeriksa grammar bahasa Inggris, padahal ia juga memiliki fitur cek plagiasi lo!

Credit via becomeawritertoday.com

Situs satu ini sangat dikenal karena menjadi situs yang populer untuk mengecek grammar dalam bahasa Inggris. Ternyata, selain untuk memeriksa grammar, situs ini juga memiliki fitur untuk pengecekan plagiasi. Hal ini bisa menjadi keuntungan untukmu yang sedang menyusun skripsi, karena dalam satu situs, kamu bisa mendapatkan dua fitur sekaligus. Fitur cek plagiasi skripsi ini tersedia dalam dua versi yaitu gratis dan berbayar.

Cara pengecekannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyalin teks yang ingin diperiksa dan Grammarly akan mencocokkan dengan database yang ia miliki. Grammarly memiliki sekitar 16 miliar database dan merupakan salah satu yang terbanyak di dunia.

7. Terakhir, ada situs Plagiarisma yang menyediakan beragam pilihan bahasa untuk diperiksa

Credit via plagiarisma.net

Situs Plagiarisma bisa digunakan untuk beragam kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, guru, penulis, dan masih banyak lagi. Hal yang membedakan situs ini dengan yang lainnya yaitu Plagiarisma memiliki pilihan bahasa yang sangat beragam. SItus ini memiliki sekitar 190 bahasa yang bisa diperiksa.

Cara melakukan pengecekan di Plagiarisma juga mudah, kamu bisa mengecek dokumen hanya dengan menggunakan Uniform Resource Locator (URL) atau mengunggah dokumen secara manual. Selain cara di atas, kamu juga bisa memasang ekstensi Plagiarisma pada mesin pencari yang ada di perangkat laptopmu.

Itulah beberapa situs untuk cek plagiasi skripsi yang bisa membantu memeriksa hasil tulisanmu sehingga skripsimu akan lebih cepat selesai. Semoga bermanfaat, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE