Baru-baru ini, skripsi dari salah satu mahasiswa ITS, Muharom Gani Irwanda ramai diperbincangkan warganet karena ketebalannya yang nggak biasa. Skripsi berjudul “Penjadwalan Waktu Pelaksanaan dan Rencana Anggaran Biaya Pelaksanaan Proyek Pembangunan Denver Apartment, Kompleks Citraland CBD-Kota Surabaya” ini memiliki total 3045 halaman yang terdiri dari 152 halaman bab 1-3, 2.740 halaman bab 4, dan 152 halaman untuk lampiran. Dilansir dari laman Kompas, Gani mengaku menyelesaikan skripsi yang lebih dari 3.000 halaman itu hanya dalam waktu tiga minggu. Kok bisa, ya?

Ia baru benar-benar mengerjakan skripsinya setelah selesai magang dari salah satu perusahaan BUMN. Ketika mengerjakan, Gani terus mengetik selama 15 jam dalam sehari. Bahkan, ia mengurangi waktu tidurnya menjadi dua jam per hari untuk menyelesaikan skripsinya tersebut.

Advertisement

Nah, buatmu yang saat ini juga tengah bergelut dengan skripsi, khususnya yang sudah mepet deadline, beberapa cara berikut bisa dilakukan supaya skripsimu cepet selesai.

1. Pilihlah tema penelitian yang memang kamu sukai dan pahami. Jangan memasang standar tinggi yang justru membuatmu sulit untuk menyelesaikan skripsi

pilih tema yang kamu paham via wafiyyatunnisa.blogspot.com

Selain tema yang sesuai dengan kaidah-kaidah yang telah ditentukan jurusan, pilihlah tema yang memang kamu kuasi agar mudah dalam mengerjakannya. Nggak perlu neko-neko memilih topik yang sulit, kalau akhirnya kamu sendiri susah menyelesaikannya. Bukannya skripsi yang baik itu adalah skripsi yang selesai?

2. Buat deadline dan target yang sekiranya bisa kamu penuhi. Jangan lupa juga sertakan peringatan yang membuatmu merasa rugi jika menunda mengejarkan skripsi

patuhi deadline via thepitcher.org

Target ini perlu dibuat supaya kamu tahu kapan skripsimu bisa selesai. Tetapkan target ini untuk bisa menyelesaikan satu bab dalam jangka waktu yang sudah kamu sepakati sebelumnya. Ini bisa menjadi peringatan agar kamu nggak kelamaan bersantai saat target belum tercapai.

3. Supaya nggak kelewat malas, luangkan waktumu tiga hingga empat jam untuk mengerjakan skripsi

tetap mengerjakan via www.kitamuda.id

Advertisement

Meski jadwal kuliahmu lebih longgar, bukan berarti kamu jadi bisa santai-santai. Luangkan waktu tiga hingga empat jam sehari untuk mengerjakan skripsimu. Meski hanya membaca-baca referensi atau menyebar kuesioner, cara ini bisa kamu lakukan supaya skripsimu tetap jalan. Tapi ingat, jangan sampai lupa makan dan istirahat, lo!

4. Usahakan untuk memiliki hubungan yang dekat dengan dosen pembimbingmu. Cari tahu karakternya supaya kamu bisa menyesuikan pribadinya denganmu

rajin bimbingan via bahasainggris.widyatama.ac.id

Skripsi itu nggak cuma butuh otak tapi juga strategi. Salah satu cara yang efektif adalah dengan mengetahui seperti apa karakter dosen pembimbingmu. Jadi, kamu tahu bagaimana harus bersikap ketika sedang bimbingan dengannnya.

5. Jangan berkecil hati ketika melihat temanmu wisuda, justru jadikan mereka sebagai motivasi agar skripsmu cepat selesai

datang wisuda via www.ucf.edu

Jangan minder, justru tingkatkan rasa persainganmu dengan memberi motivasi dan semangat pada diri sendiri. Selain itu manfaatkan waktu berkumpul dengan mereka untuk berdiskusi mengenai skripsi.

6. Kurangi jadwal nongkrong dan mainmu supaya kamu bisa fokus mengerjakan skripsi

kurangi nongkrong via rosenmanmanihuruk.blogspot.com

Meski kamu memiliki banyak waktu luang, baiknya jangan sampai kebablasan bersantai. Hindari dulu kegiatan yang banyak menyita waktu dan tenaga supaya kamu bisa tetap fokus mengerjarkan skripsi. Tapi, jangan terus anstisosial juga, ya! Main boleh tapi tetap ingat fokus utamamu.

7. Jika targetmu tercapai, jangan lupa berikan reward kepada dirimu sendiri

pergi jalan-jalan via medium.com

Nggak perlu mewah dan mahal, kamu bisa memberikan reward sederhana kepada dirimu sendiri. Misalnya saja dengan makan enak atau jalan-jalan dengan teman. Reward ini berguna untuk menghargai diri sendiri atas hasil jerih payah sekaligus memotivasimu mencapai target selanjutnya.

Mengerjakan skripsi dengan cepat sesuai target yang kamu tetapkan itu nggak mustahil. Kalau bisa fokus, kamu bisa kok mengerjakan skripsimu dengan cepat. Asal nggak terdistraksi oleh hal-hal yang membuatmu jadi malas saja, yakin deh kamu bisa mengejar target wisuda di bulan terdekat. Yuk, semangat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya