6 Cara Melacak HP yang Hilang Bahkan Jika dalam Kondisi Mati. Usahakan Dulu, Jangan Panik!

Cara melacak HP yang hilang

“Eh, HP-ku tadi di mana, ya?

Advertisement

Ya, setiap orang tentu pernah kelimpungan mencari HP mereka yang terselip entah di mana. Seringnya sih karena lupa menaruhnya. Padahal, pemakaian benda yang satu ini cukup intens dan hampir nggak pernah lepas dari genggaman. Sebenarnya kalau terselipnya cuma di rumah sih nggak masalah, tapi kalau sampai tertinggal di tempat umum, ini yang PR. Takutnya, HP ditemukan orang lain dan nggak dikembalikan.

Bagi sebagian orang, kehilangan HP bisa jadi hal yang fatal. Bagaimana tidak, semua data penting mulai dari kontak hingga foto-foto, video, juga data privasi bisa jadi ada di sana. Belum lagi jika kamu menggunakan HP untuk melakukan transaksi jual beli. Baik lewat m-banking atau pembayaran digital lainnya. Jika tak segera dicari dan ditemukan, HP yang hilang ini bisa saja digunakan untuk melakukan transaksi atau aktivitas yang merugikanmu.

Beruntung, teknologi sekarang sudah semakin canggih. Kalau HP sampai hilang atau lupa menaruhnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui keberadaannya sekalipun kamu berada di tempat yang cukup jauh. Nah, berikut Hipwee Tips jabarkan cara melacak HP yang hilang dengan berbagai cara.

Advertisement

1. Pertama, kamu bisa melacak HP yang hilang dengan IMEI yang tertera di ponsel atau boksnya

melacak HP hilang menggunakan IMEI via www.youtube.com

IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan nomor identitas HP yang menyimpan data-data penting. Umumnya, operator menggunakan nomor ini untuk mengidentifikasi gadget dalam  jaringan. Agar bisa dipakai untuk melacak HP yang hilang dengan IMEI, kamu mesti mengingat nomor kodenya. Atau, kamu bisa cek juga di boksnya. Pastikan juga HP dalam keadaan hidup dan aktif mode lokasinya.

Kalau beberapa hal tersebut sudah dipenuhi, langsung saja lacak HP dengan melakukan langkah berikut.

  1. Masuklah ke fitur Find My Phone Google, kemudian masukkan IMEI HP yang hilang, tunggu beberapa saat lalu klik tanda seru.
  2. Nggak lama setelah itu, biasanya akan muncul keterangan di mana lokasi HP mu berada. Segeralah menuju ke lokasi tersebut, kemudian pilih ‘Putar Suara’.
  3. Tapi kalau tetap nggak ketemu, segera klik ‘Hapus Perangkat’. Memang sih, kalau begini bisa jadi HP-mu benar-benar hilang, namun setidaknya cara ini bisa menghapus semua data yang ada dalam ponselmu
Advertisement

2. Kalau lupa IMEI, maka gunakan cara melacak HP yang hilang dengan gmail

melacak HP hilang dengan gmail via osabaso.com

Maksudnya bukan lewat aplikasi gmail, tapi menggunakan akun email aktif pada HP yang hilang. Tenyata, metode ini bisa dipakai juga sebagai cara melacak HP Oppo yang hilang lo! Nah, begini langkah mudahnya.

  1. Masukkan email dan password di akun gmail lewat browser pada gadget lain. Pilihlah tampilan versi web saja.
  2. Klik ikon titik di pojok kanan atas, scroll ke bawah lalu pilih ‘Temukan Ponsel Anda’
  3. Pilih nama HP yang hilang, kemudian masukkan lagi password email-mu.
  4. Klik pilihan menu ‘Temukan’ lalu tunggu beberapa saat sampai kamu diarahkan ke laman Google Maps.
  5. Jika sudah muncul laman Google Maps, segera menuju lokasi ponsel, kemudian aktifkan ‘Putar Suara’ agar HP lebih mudah ditemukan.

Tapi, kalau ternyata HP-mu nggak ada di lokasi, segera aktifkan fitur ‘Secure Device’ agar orang lain tak bisa bisa mengakses ponselmu. Atau, kamu bisa mengirimkan pesan yang disertai kontak dengan harapan yang menemukan bisa menghubungimu segera. Kalau benar-benar nggak ditemukan atau ada yang mengubungi, segera klik ‘Hapus Perangkat’.

3. Cara melacak HP hilang dengan WA alias WhatsApp juga bisa dipraktikkan jika opsi pertama dan kedua nggak bisa kamu lakukan

melacak HP hilang dengan WA via barakata.id

Metode ini hampir sama dengan cara melacak HP yang hilang dengan HP orang lain. Sebab, kamu butuh kontak orang lain yang sudah pernah dikirimi ‘Share Live Location’ untuk melacak keberadaan HP mu. Biar nggak bingung, coba simak langkahnya berikut.

  1. Buka chat-mu di WA temanmu yang pernah dikirimi ‘Share Live Location’, kemudian pilih ‘Lihat Lokasi Terkini’.
  2. Klik akun profilmu di peta tersebut, kemudian pilih opsi ‘Dapatkan Arah’. Setelah itu, kamu akan diarahkan untuk masuk ke aplikasi Google Maps.
  3. Di sini, kamu hanya perlu mengklik ‘Petunjuk Arah’. Tunggu beberapa saat, hingga Google Maps mengarahkanmu untuk menuju lokasi keberadaan HP dengan jalur tercepat.

4. Cara melacak HP yang hilang dengan GPS terbilang cukup mudah untuk dipraktikkan. Petunjuk keberadaan HP pun juga lebih akurat lo!

cara melacak HP hilang dengan GPS via hpsultan.com

Metode ini sama saja dengan cara melacak HP yang hilang dengan Google Maps. Sebab, aplikasi GPS yang nantinya dipakai juga Google Maps. Langkah-langkahnya cukup mudah, jadi meski gaptek, kamu bakal tetap bisa mengikutinya.

  1. Di aplikasi Google Maps, klik ikon garis tiga di pojok kiri atas. Kemudian masukkan nama akun di HP yang hilang dengan sign in seperti biasa.
  2. Klik ikon downscroll, kemudian pilih opsi ‘Your Timeline’. Nah, di menu ini kamu bisa mengetahui di mana lokasi terakhir HP-mu berada.

5. Tak perlu khawatir, ada kok cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati

cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati via www.teknoterkini.id

Metode ini menggunakan aplikasi Google Maps untuk mempermudah pencariannya. Langkahnya hampir mirip dengan cara melacak HP yang hilang dengan GPS, hanya saja ada tambahan di akhir caranya.

  1. Setelah login di akun Google Maps, klik tanda garis tiga di pojok kiri atas. Kemudian pilih ‘Linimasa Anda’.
  2. Di sini, kamu bisa memilih tanggal kejadian dan fokuskan pada lokasi terakhir HP terdeteksi.

Setelah tahu lokasi akhirnya, kamu bisa mengecek langsung ke sana. Sayangnya, cara ini bisa dibilang sebagai ‘harap-harap cemas’. Takutnya ada orang yang sudah menemukan HP-mu, kemudian langsung diganti seluruh aksesnya.

6. Khusus pengguna Samsung, ada cara melacak HP Samsung yang hilang menggunakan fitur-fitur yang tersedia dalam provider ini

melacak HP samsung yang hilang via sahabatnesia.com

Metode ini juga bisa dipraktikkan pada merek lain, asal situsnya disesuaikan dan brand tersebut dilengkapi dengan fitur ini.

  1. Buka laman Samsung Find My Mobile , kemudian sign in Samsung ID yang digunakan pada HP yang hilang.
  2. Ceklis semua informasi yang diberikan Samsung, lalu klik ‘Setuju’.
  3. Tunggu beberapa saat sampai ‘Find My Mobile’ menemukan lokasi terakhir HP-mu. Di fitur ini, kamu bisa mengecek daya ponsel serta menghapus dan mem-back up data yang dibutuhkan. Jadi, kalau benar-benar hilang, setidaknya data bisa selamat.

Karena saking intensnya penggunaan HP di masa-masa sekarang ini, kamu mesti lebih berhati-hati supaya HP nggak raib begitu saja. Baik karena lupa menaruhnya atau memang karena teledor, kelalaian-kelalaian semacam ini bisa berpotensi bikin HP-mu diambil orang. Meski cara melacak HP yang hilang di atas bisa bantu menemukan atau menghapus data-data di dalam HP-mu agar tak disalahgunakan, menjaga keamanan tetap harus jadi prioritas utama. Yuk, lebih hati-hati dan waspada!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE