Berbekal informasi dari internet, beberapa waktu lalu, seorang warga Bekasi Utara, Alfath Fathilah (23) mendatangi Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur untuk membantunya melepaskan cincin, melansir dari laman Kompas. Ia merasa sudah dua tahun ini jarinya membengkak, sehingga menyebabkan cincinnya jadi susah dilepas. Pelepasan cincin dibantu oleh lima personel pemadam dengan menggunakan mesin gerinda mini. Setelah satu jam proses pelepasan, cincin baru bisa dilepas dari tangan Alfath.

Peristiwa seperti ini mungkin bukan yang pertama kalinya terjadi. Beberapa orang juga mengaku kesulitan melepaskan cincin mereka jika sudah terlalu lama dipakai, khususnya jika berat badannya bertambah. Sebelum mendatangi petugas damkar, kamu bisa mencoba beberapa cara melepas cincin yang tersangkut di jari ini terlebih dahulu.

1. Tanpa bantuan alat apa pun, cobalah tarik cincin yang tersangkut sambil mencubit kulit jari di bagian bawah cincin

Advertisement

Posisikan sebelah tanganmu di atas jari yang cincinnya mau dilepas. Cubit kulit jari yang ada di bawah cincin, jari akan tertarik ke bawah dan memberikan sedikit ruang pada cincin untuk bergerak. Barulah tarik cincin perlahan sambil terus mencubit kulit jari yang ada di bawah cincin.

2. Selain menarik dengan mencubit kulit jari, kamu juga bisa coba membuka cincinmu dengan cara memutarnya ke arah atas

Langkah ini mirip dengan cara pertama, kali ini kamu perlu memutar cincinnya. Posisikan jari-jari tangan menghadap ke atas, pegang kencang cincin yang akan dilepas, lalu putar sambil menariknya ke arah atas. Lakukan gerakan ini dengan lembut supaya jarimu nggak lecet dan bengkak.

3. Jika jarimu sampai bengkak, angkat telapak tangan ke atas untuk mengurangi peradangan

angkat tangan via id.wikihow.com

Tangan yang diangkat ke atas akan membuat aliran darah turun ke jantung lebih cepat. Hal ini bisa membantu mengurangi pembengkakan di jari tanganmu. Tahan posisi ini selama 5 hingga 10 menit sebelum mencoba untuk melepaskan cincinnya lagi.

4. Jika cincin masih belum bisa lepas, cobalah rendam tanganmu di air dingin

rendam di air dingin via www.youtube.com

Advertisement

Kamu bisa menggunakan air keran atau pun air dari dalam kulkas, tapi nggak perlu ditambahkan es batu, ya. Rendam jarimu selama lima menit. Barulah kamu putar atau tarik cincin yang ingin dilepaskan. Suhu air yang dingin akan membuat cari mengkerut lebih kecil daripada sebelumnya.

5. Sabun berbentuk likuid juga bisa kamu manfaatkan untuk membantu melepaskan cincinmu

pakai sabun cair via www.fabhow.com

Sabun cair terbukti lebih ampuh untuk melepas cincin daripada sabun batang lo! Tuangkan dan balurkan sabun cair di atas cincin hingga merata. Setelah itu, tarik atau putar cincin perlahan-lahan supaya jarimu nggak sakit.

6. Bahan pelicin lain yang bisa digunakan untuk melepaskan cincin ialah losion

beri losion via www.fabhow.com

Sama seperti sabun cair, kamu hanya perlu menuangkan secukupnya losion di area cincin yang ingin dilepaskan. Ratakan losion dan tarik cincin secara perlahan, ya!

7. Mentega atau minyak goreng yang ada di dapurmu juga bisa digunakan untuk membantu melepaskan cincin yang tersangkut di jari

pakai mentega via food.detik.com

Tekstur minyak dan mentega yang licin akan sangat membantu untuk melepaskan cincin yang tersangkut di jari. Nggak kayak minyak yang bisa langsung diaplikasikan, kamu perlu mencairkan mentega terlebih dulu sebelum dioleskan pada jari yang akan dilepaskan cincinnya.

8. Petroleum jeli yang punya segudang manfaat ini juga bisa dimanfaatkan untuk melepaskan cincin di jarimu lo!

pakai pertoleum jeli via shareably.net

Seperti benda-benda di atas, petroleum jeli merupakan benda licin yang bisa digunakan untuk melepas cincin di jari yang kesempitan. Untuk mengaplikasikannya, caranya juga sama kok dengan cara yang sudah dijelaskan di atas.

9. Meski cukup rumit, melepaskan cincin dengan benang gigi juga patut dicoba jika cara-cara di atas masih belum berhasil

dengan tali via www.instructables.com

Dengan sedikit usaha, benang gigi bisa digunakan untuk melepaskan cincin di jari yang kekecilan. Caranya, selipkan ujung benang gigi masuk ke bawah cincin. Jika sulit, gunakan tusuk gigi, jarum, atau peniti untuk memasukkannya. Setelah itu, lilitkan benang gigi di sekeliling jari mulai dari bagian dalam hingga buku-buku jari, kencangkan ikatannya, lalu tarik perlahan supaya jarimu nggak sakit. Jika belum berhasil, ulangi langkah ini lagi dari awal lagi.

Saat melepaskan cincin usahakan untuk nggak panik dan terburu-buru, ya! Karena kalo terburu-buru bisa jadi jarimu malah bengkak dan sakit. Nah, kalau cara-cara di atas masih belum berhasil juga, kamu bisa minta bantuan medis atau damkar seperti Alfath untuk melepaskan cincinmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya