7 Cara Melipat dan Menyimpan Jilbab Biar Nggak Kusut atau Letoi. Anti Bekas Lipatan Juga!

Cara melipat jilbab

Kesal nggak sih, kalau sudah buru-buru berangkat ke kampus atau kerja, eh ternyata jilbab malah ada bekas lipatannya. Belum lagi kalau ternyata ujung jilbab letoi dan nggak tegak ketika dipakai. Dua hal ini memang kerap jadi keluhan banyak cewek berhijab. Biasanya sih penyebabnya karena cara melipat dan menyimpannya yang nggak benar.

Advertisement

Perhatikan lagi cara yang benar melipat dan menyimpan jilbab berikut. Biar kamu juga nggak perlu nyetrika lagi tiap mau pakai jilbab.

1. Untuk jilbab segi empat atau pasmina, kamu bisa melipatnya secara vertikal

lipat kecil via www.qupas.id

Lipatan horizontal justru bisa meninggalkan bekas lipatan yang membentuk tanda silang ketika dipakai. Apalagi kalau jilbabmu berbahan sifon, ceruti, sutra, katun, ataupun spandek.

2. Kalau mau lebih aman, kamu pun bisa menggulung jilbab tanpa harus melipatnya

digulung via www.nathaliadp.com

Supaya gulungannya nggak terlalu besar, kamu bisa memanfaatkan kardus bulat. Tapi sebelumnya, kamu perlu melipat jilbabmu menjadi dua bagian bagian agar nggak terlalu panjang ketika ditaruh dalam lemari.

Advertisement

3. Saat menyetrika, sesuaikan juga suhunya dengan bahan jilbabmu

suhu setrika via www.wanitadanhijab.com

Beberapa bahan jilbab yang tipis malah akan mengerut ketika disetrika dengan suhu yang terlalu tinggi. Usahakan untuk selalu mengecek suhu setrika ketika ingin menyetrika jilbab. Daripada malah jilbabmu rusak dan bolong lo!

4. Perhatikan arah dan lipatan ketika menyetrika jilbab juga perlu lo!

perhatikan arah via www.ayobandung.com

Agar nggak meninggalkan bekas, baiknya jilbab di setrika tanpa dilipat. Tapi jika terlalu besar, setrika pelan dengan suhu rendah dan jangan terlalu ditekan. Setrika juga dari bagian atas ke belakang agar jilbab nggak mengkerut, ya!

5. Nah, kalau berniat menyimpan di lemari, jangan tumpuk jilbabmu terlalu lama

jangan ditumpuk via medium.com

Sebenarnya, kamu memang nggak dianjurkan untuk menumpuk jilbab. Sebab karena bisa meninggalkan lipatan dan membuatnya jadi nggak tegak ketika dipakai. Tapi kalau memang kepepet, boleh tumpuk asal nggak terlalu lama dan jangan di bawah pakaian yang berat seperti jeans atau jaket, ya!

Advertisement

6. Gunakan hanger untuk menggantung jilbab yang sudah disetrika

Jilbab yang digantung pada hanger akan selalu rapi karena nggak mengalami penekanan dari tumpukan barang lain. Nggak cuma itu, wangi jilbab pun akan lebih tahan lama karena nggak terpapar udara lembap dari lemari. Nah, kalau jilbabmu terlalu banyak, gunakan hanger khusus untuk menyimpan jilbab.

7. Selain gantung, jilbab pun sebenarnya bisa kamu letakkan pada koper atau boks khusus

simpan di boks via batasketik.com

Namun cara ini hanya disarankan jika jilbab dilipat dengan cara menggulung. Selain membuat jilbab lebih rapi, menaruh di koper juga akan mempermudahmu ketika memilih warna hijab lo!

Kalau sudah mempraktikan cara-cara di atas, nggak ada lagi ceritanya setrika jilbab dua kali. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE