11 Cara Memanjangkan Rambut dengan Sampo Hingga Bahan Alami. Seminggu Bisa Tumbuh 30 Senti

Cara memanjangkan rambut

Memiliki rambut panjang dan indah menjadi dambaan kebanyakan cewek. Sayangnya, ada faktor tertentu yang ternyata bisa menghambat pertumbuhan rambut, seperti stres atau konsumsi makanan yang keliru. Umumnya, rambut yang mengalami hambatan pertumbuhan akan mudah rapuh dan rusak.

Advertisement

Ada berbagai alternatif cara memanjangkan rambut dengan cepat yang bisa dicoba. Nggak harus pakai obat memanjangkan rambut khusus, cukup dengan melakukan kebiasaan sederhana berupa perawatan dengan memanfaatkan sampo maupun bahan alami. Kamu yang pengen memanjangkan rambut, simak di sini caranya.

Cara memanjangkan rambut dalam 1 minggu bisa diwujudkan dengan rutin melakukan kebiasaan sederhana berikut ini

1. Rutin memotong bagian bawah rambut 

potong ujung rambut via www.mondanite.net

Pemotongan sedikit ujung rambut atau trim justru bisa membuat rambut terhindar dari kerusakaan seperti patah dan bercabang. Biar lebih sehat, cukup potong ujung rambut sekitar 2 sentimeter secara rutin, bisa dua minggu atau sebulan sekali.

Advertisement

2. Memijat kulit kepala secara teratur 

pijat kulit kepala via blog.viviscal.com

Lakukan pijatan ringan selama 3 sampai 5 untuk merangsang pertumbuhan rambut. Pijatan bisa dilakukan sebelum keramas maupun sesudahnya. Selain membuat rambut lebih panjang, pijatan ini juga bisa memperlancar peredaran darah dan membersihkan kotoran penyebab ketombe lo!

Advertisement

3. Hindari menyisir rambut saat masih basah 

jangan disisir saat basah via www.rd.com

Rambut yang masih basah cenderung lemah dan mudah mengalami kerusakan jika langsung disisir. Sebagai alternatif, urai rambut secara perlahan dengan menggunakan jari saja. Kalau sudah kering, rambut bisa disisir dua kali sehari terutama sebelum tidur.

4. Jangan pula membungkus rambut basah dengan handuk 

jangan dibungkus handuk via www.sfgate.com

Meski bermaksud mengeringkan, namun kebiasaan ini ternyata dapat membuat rambut mudah kusut dan merusak batangnya. Terutama pada mereka pemilik rambut kering. Nah, kalau memang mau dikeringkan, mending angin-anginkan dan kibas rambut pelan tanpa perlu membungkusnya.

5. Gunakan kondisioner saat keramas

pakai kondisioner via www.thenaturalbeauty.blog

Pemakaian kondisioner bisa bantu mengganti protein maupun lipid yang menurun akibat paparan sinar matahari. Selain itu, kondisioner juga dapat menutup kultikula pada rambut yang mengalami kerusakan. Tapi kondisioner tak boleh mengenai kulit kepala karena justru bisa menyebabkan kerontokan. Makanya, pakai saja di ujung rambut minimal satu kali seminggu.

Cara memanjangkan rambut secara alami berikut juga dapat dicoba. Biasanya, bahan-bahan ini dibuat jadi masker rambut atau minyak pijatan

1. Cara memanjangkan rambut dengan lidah buaya 

masker rambut lidah buaya via curlygirlswag.com

Berkat kandungan vitamin E di dalamnya, lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan mempercepat pertumbuhan rambut. Begini cara mudah menggunakannya.

Kupas lidah buaya dan ambil gelnya. Usapkan gel ke rambut hingga mengenai kulit kepala lalu diamkan selama 30 menit. Bilas menggunakan air seperti biasa atau boleh dikeramasi dengan sampo.

2. Cara memanjangkan rambut dengan bawang merah 

masker rambut bawang merah via www.homebeautyandbeyond.com

Bawang merah mengandung antibakteri yang berguna untuk menghilangkan ketombe penyebab lambatnya pertumbuhan rambut. Untuk dapat merasakan manfaatnya, bawang merah bisa dipadukan dengan bahan alami lain seperti madu atau minyak kemiri. Nah, begini cara pakainya.

  1. Blender halus bawang merah yang sudah dikupas dan dicuci bersih, kemudian tambahkan tiga sendok minyak kemiri.
  2. Oles campuran ini ke kulit kepala sampai ujung rambut. Diamkan selama satu jam dan tutup rambut dengan shower cup.
  3. Jika sudah, bilas rambut dengan sampo hingga bersih. Lalu ulangi metode ini setiap tiga hari sekali sampai mendapatkan panjang rambut yang diinginkan.

3. Cara memanjangkan rambut dengan daun jambu 

hair tonic daun jambu via www.dream.co.id

Daun jambu mengandung banyak vitamin B kompleks yang mampu membuat folikel rambut jadi lebih kuat. Jika kebanyakan bahan alami dijadikan masker, daun jambu justru tak begitu. Untuk memanfaatkannya, daun jambu dibuat jadi hair tonic alami dengan menggunakan cara berikut.

  1. Cuci bersih beberapa daun jambu biji, lalu masukkan ke dalam rebusan air dan tunggu sampai mendidih.
  2. Masak daun jambu selama 30 menit, kemudian matikan apinya. Sisihkan dan tunggu sampai air dingin.
  3. Jika sudah dingin, saring air rebusan dan tempatkan di botol semprot.
  4. Sisir rambut kering menggunakan sisir bergigi jarang lalu semprotkan rebusan daun jambu biji mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut.
  5. Lakukan pijatan ringan di kulit kepala selama 10 menit untuk menstimulasi peredaran darah dan membuat air rebusan daun jambu bekerja lebih maksimal. Diamkan semalaman.
  6. Keesokan harinya, cuci rambut hingga bersih menggunakan sampo berformula ringan. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini tiga kali dalam seminggu.

4. Cara memanjangkan rambut dengan minyak zaitun 

pijat pakai minyak zaitun via food.ndtv.com

Metode ini dapat digunakan sebagai cara memanjangkan rambut anak yang aman. Berkat kandungan omega 3 dan vitamin di dalamnya, minyak zaitun bisa membuat rambut tumbuh lebih cepat. Cara pakainya pun cukup mudah, bisa didiamkan semalaman atau dengan metode berikut

Panaskan minyak zaitun dan diamkan selama beberapa menit. Dalam kondisi hangat, oles minyak zaitun ke kulit kepala sambil melakukan pijatan ringan. Diamkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air bersih.

5. Cara memanjangkan rambut dengan santan 

perawatan dengan santan kelapa via m.fimela.com

Cara memanjangkan rambut dengan alami ini mungkin terdengar kurang familier. Namun faktanya, santan benar-benar bisa memanjangkan rambut dengan cepat jika digunakan secara rutin.

Balurkan santan kental ke kulit kepala, lalu tutup menggunakan handuk hangat. Diamkan selama 15 hingga 20 menit kemudian bilas sampai bersih bersih.

6. Cara memanjangkan rambut dengan masker telur

masker putih telur via www.flickr.com

Putih telur mengandung nutrisi alami yang bisa mempercepat pertumbuhan rambut. Biar nggak amis, putih telur boleh dicampur dengan minyak kemiri atau minyak zaitun.

Pisahkan putih telur dari kuningnya, lalu campur dengan minyak kemiri. Kocok hingga merata dan oles ke kulit kepala sambil dipijat pelan-pelan. Diamkan selama 5 sampai 10 menit agar nutrisi terserap sempurna kemudian bilas menggunakan sampo serta kondisioner hingga bersih.

Alternatif lain yang cukup praktis ialah dengan menggunakan shampo memanjangkan rambut. Jika samponya cocok, cara memanjangkan rambut 30 cm dalam 1 minggu tak akan mustahil untuk dilakukan

1. Mane ‚Äėn Tail Original Shampoo

shampo kuda via shopee.co.id

Sampo yang lebih dikenal dengan nama sampo kuda ini mengandung mikroprotein serta emollient yang bisa mempercepat pertumbuhan rambut tanpa membuatnya jadi lebih kering dan kusut. Produk yang biasanya dijual sepaket dengan kondisionernya ini bisa kalian beli di sini.

2. Sampo Metal Hair Living seri XX-MF

Sudah sejak lama sampo ini terkenal sebagai penyubur rambut yang lumayan manjur. Namun karena cukup keras, sampo ini tak disarankan dipakai oleh para pemilik rambut rontok dan tipis. Jika penasaran ingin mencoba, produk ini bisa di beli di sini.

3. NR Shampoo Citrone

sampo merek NR via www.tokopedia.com

Dengan sampo ini, cara memanjangkan rambut cepat dan lurus tak akan jadi hal sulit untuk diwujudkan. Pasalnya, dalam sampo seharga 35 ribu ini terdapat ekstrak lemon dan silk protein yang bisa membuat rambut tumbuh dengan cepat. Sampo penumbuh rambut ini dapat dibeli di sini.

Melalui metode di atas, cara memanjangkan rambut dapat dengan mudah dilakukan. Tak cuma buat cewek, cara ini pun dapat digunakan sebagai cara memanjangkan rambut pria terutama mereka yang sudah mengalami kebotakan. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE