7 Perawatan Rambut Hitam Biar Tetap Berkilau dan Nggak Berubah Semu Merah Kayak Anak Layangan

Perawatan rambut hitam

Aktivitas luar ruangan memang menyenangkan, sayang ini bisa membuat rambut yang dulunya hitam berkilau jadi berubahan kemerahan. Mending kalau cuma berubah warna saja, biasanya rambut kemerahan juga dibarengi dengan masalah lain seperti kering dan mudah bercabang. Penyebabnya karena sering terpapar sinar matahari yang kemudian membakar melanin rambut misalnya.

Advertisement

Rambut yang berubah kemerahan memang nggak ganggu, tapi ini bisa menurunkan kepercayaan diri. Mulai sekarang, lakukan beberapa perawatan sederhana ini, ya!

1. Biar nggak makin kering rambutmu, jangan keseringan keramas deh~

keramas jangan sering-sering via www.dailymail.co.uk

Kandungan bahan kimia pada sampo bisa membuat rambut lebih mudah kering. Padahal rambut yang kering akan lebih cepat kemerahan kalau kena paparan sinar matahari. Kamu cuma perlu keramas dua kali seminggu, jangan tiap hari.

2. Pakai samponya juga secukupnya aja, nggak usah banyak-banyak kalau cuma ngejar busanya

sampo sedikit via depositphotos.com

Kandung sulfat pada sampo memang bisa meningkatkan busa, tapi nggak bagus juga kalau dipakai kebanyakan, malah bikin rambut kemerahan. Cara ini juga bisa mempertahankan minyak alami rambut lo!

Advertisement

3. Untuk menjaga dan mengembalikan kilaunya, lebih rajin pakai kondisionernya, ya!

pakai kondisioner via www.fashionfill.com

Selain melembapkan, kondisioner juga akan memperbaiki melanin rambut. Bahkan, dermatolog dari Cleveland Clinic dr. Wilma Bergfeld menyarankan untuk sering merawat rambut dengan kondisioner agar nggak makin rusak, melansir laman Suara.

4. Hindari penggunaan alat styling yang bersuhu panas

kurangi styling via www.rd.com

Nggak cuma catokan, kamu pun perlu mengurangi kebiasaan memakai hair dryer. Suhu panas dari alat ini bisa membuat rambut jadi lebih kering dan berkurang kilaunya.

5. Pijat lembut rambut dengan minyak alami tiap seminggu sekali

pijat rambut via www.purewow.com

Pemijatan dengan minyak alami jadi salah satu perawatan terbaik untuk menjaga kilau rambut. Pilihannya bisa pakai minyak kelapa, zaitun, atau kemiri. Selain bikin lebih hitam, bahan-bahan ini juga bikin rambut terlihat lebih ramping. Pemijatan bisa kamu lakukan satu jam sebelum keramas, biar nantinya minyak bisa didiamkan dulu sebentar.

Advertisement

6. Sisirlah rambut yang masih basah pakai sisir gigi jarang atau bahkan jari tangan

sisir rambut via www.instructables.com

Biasanya, rambut yang kemerahan cenderung lebih kering dan mudah kusut. Beralihlah pakai sisir bergigi jarang, terutama setelah keramas. Selain mengurangi risiko rambut terjerat, sisir ini juga bisa menimimalisir rambut rontok dan patah.

7. Nggak cuma wajah saja yang butuh sunscreen, rambut juga bisa kamu aplikasikan spray tabir surya

spray rambut via www.lifehack.org

Terkhusus kamu yang sering terpapar panas matahari, selalu gunakan spray tabir surya ke rambut. Selain menjaga warna rambut, tabir surya juga bisa menimimalisir lepek. Biasanya, penggunaan tabir surya ini sama seperti dry shampo.

Sesekali, sempatkan untuk melakukan hair mask di salon. Atau, kamu bisa perawatan hair mask sendiri di rumah dengan memakai bahan alami seperti pisang dan madu. Masukkan juga produk perawatan rambut dengan kandungan urang-aring agar kilau rambutmu makin bagus.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE