7 Cara Memasak Pare agar Tidak Pahit tapi Tetap Segar Warnanya

Kandungan gizi pare cukup tinggi, sayang banget kalau sampe nggak doyan gara-gara pahit

Pare mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, karena jenis tanaman rambat ini memang sering dimanfaatkan sebagai bahan masakan hingga obat-obatan. Pare memiliki kandungan gizi lengkap mulai dari vitamin, mineral,  forfor, zat besi, beta karoten, dan lain sebagainya, sehingga memiliki banyak manfaat seperti kesehatan pencernaan, penyembuhan luka, mengendalikan gula darah, meningkatkan kekebalan tubuh, dan sebagainya.

Advertisement

Sayangnya, pare memiliki cita rasa pahit yang mungkin membuat banyak orang kurang menyukai sayur ini. Padahal, cara memasak pare agar tidak pahit cukup mudah jika tahu triknya. Nah, supaya bisa menikmati berbagai olahan pare tanpa terganggu rasa pahit yang pekat, berikut Hipwee Tips bagikan cara memasak pare agar tidak pahit, yang cukup mudah untuk kamu coba!

1. Pilih pare yang masih muda, ditandai dengan warna kulit buahnya yang hijau tua

Cara memasak pare agar tidak pahit

Pilih yang hijau tua | Credit by Koraysa on Depositphoto

Sebelum mengetahui cara memasak pare agar tidak pahit dan tetap enak, kamu harus menyiapkan pare yang berkualitas lebih dulu. Pare yang dimasak biasanya pare yang masih muda, karena rasa pahitnya belum terlalu pekat. Sementara pare yang tua biasanya memiliki rasa pahit dan getir, sehingga kurang enak ketika dimasak. Ciri-ciri pare yang muda memiliki warna kulit buah hijau tua, sementara pare yang tua warnanya cenderung lebih terang.

2. Cara memasak pare agar tidak pahit dan tetap hijau bisa diremas dengan garam, cocok untuk tumisan

Cara memasak pare agar tidak pahit

Remas pakai garam | Credit by Romynmac on Depositphoto

Menghilangkan rasa pahit pada pare paling mudah adalah dengan memanfaatkan garam dapur. Sebelum diolah, pare harus dicuci lebih dulu kemudian dibelah menjadi 2 untuk menghilangkan bagian biji dan selaput putih di tengahnya. Kemudian potong pare sesuai masakan yang ingin kamu buat. Ambil segenggam garam, kemudian remas-remas pare hingga layu dan rata. Setelah itu, diamkan selama 10 menit, lalu cuci dengan air mengalir, dan pare siap dimasak.

Advertisement

Kandungan yodium pada garam ternyata ampuh menghilangkan getah atau zat penyebab pahit pada pare dan menjaga pare agar tetap hijau setelah dimasak. Selain meremasnya menggunakan garam, kamu juga bisa merendamnya menggunakan larutan garam. Cukup rendam pare yang sudah dipotong dengan garam, tunggu 30 menit, lalu cuci bersih dan siap dimasak sesuai selera.

3. Rebus pare sebentar dengan tambahan daun jambu biji agar tidak pahit dan getir

Cara memasak pare agar tidak pahit

Daun jambu biji | Credit by Nuwatphoto on Depositphoto

Jika pare yang kamu masak cukup tua, coba deh cara memasak pare agar tidak pahit menggunakan daun jambu biji. Daun jambu biji yang direbus menimbulkan sensasi sepat yang efektif menghilangakan rasa pahit. Caranya pun cukup mudah, tinggal rebus pare yang sudah dipotong dengan tambahan 3-4 lembar daun jambu biji. Kemudian rebus selama 5 menit, lalu angkat dan tiriskan. Langkah ini bisa kamu terapkan sebagai cara memasak pare siomay agar tidak pahit.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE