4 Cara Jitu dan Praktis Membersihkan Karpet Bulu Sendiri. Sementara Belum Bisa Cuci di Laundry

Cara membersihkan karpet bulu

Bicara soal karpet, hari ini karpet bulu lebih menjadi prioritas pilihan masyarakat Indonesia. Dibandingkan dengan karpet biasa, karpet bulu lebih nyaman digunakan. Bahan bulu yang lembut membuatnya hangat dan empuk. Karpet bulu juga jadi pilihan untuk kenyamanan dan kebersihan anak di rumah.

Advertisement

Namun, karpet bulu punya tingkatan perawatan jauh lebih sulit. Perlu trik-trik tertentu agar karpet bulu kembali bersih dengan maksimal. Nah, sementara belum aman kalau cuci di laundry, berikut Hipwee Tips ulas cara jitu sekaligus praktis membersihkan dan merawat karpet bulu sendiri di rumah. Simak, ya!

1. Jika karpet bulu sudah tampak kotor dan berdebu, jangan dibersihkan dengan sapu. Lebih baik gunakan vacuum cleaner

Jangan gunakan sapu via www.rukita.co

Hindari membersihkan karpet bulu dengan sapu ijuk karena justru akan merusak karpet dan melepas bulu-bulu di permukaan karpet. Lebih baik gunakan sikat lembut atau vacuum cleaner. Sebelum mulai menarik debu, lapisi vacuum cleaner dengan kain tipis agar bulu-bulu karpet tetap lembut. Pastikan kamu membersihkan karpet di kedua sisi, ya!

2. Setelah mengangkat debu, kamu harus mencuci karpet. Gunakan campuran deterjen, baking soda, dan cuka

Campuran deterjen, baking soda dan cuka ampuh membersihkan noda di karpet bulu via www.paprikaliving.com

Jika karpet bulu terkena noda kopi, kuah bakso atau soto, jangan panik. Siapkan kombinasi pembersih yang ampuh seperti deterjen, baking soda, dan cuka. Saat membersihkan, tuang sedikit demi sedikit campuran bahan tadi dan gosok perlahan dengan tangan atau sikat yang lembut sampai nodanya hilang.

Advertisement

3. Peras karpet dengan maksimal serta kibas-kibas sebelum dijemur. Teknik ini akan membuat karpet bulu cepat kering

Kibas karpet via www.rukita.co

Pastikan lokasi penjemuran terhindar dari udara kotor dan debu. Satu hal lagi, pastikan jemur karpet saat matahari sedang terik agar nggak ada bagian karpet yang masih lembap yang dapat menimbulkan bau nggak sedap.

Untuk perawatan, menjemur karpet setiap satu minggu sekali wajib dilakukan. Kibas-kibas karpet agar debu hilang. Sebab karpet yang kotor bisa jadi tempat bersarang bakteri yang membahayakan.

4. Jika karpet bulu punya bau nggak sedap seperti bau rokok, bau anyir atau bau pesing anak bayi, gunakan air perasan lemon yang dicampur cuka atau bedak bayi

Advertisement

Gunakan perasan lemon dan bedak bayi untuk menghilangkan bau nggak sedap via bandungkita.id

Jika setelah dicuci karpet masih bau, atau setelah satu minggu dicuci karpet berbau nggak sedap, tenang. Untuk menghilangkannya, gunakan campuran perasan air lemon dan cuka. Semprotkan cairan tadi atau taburkan bedak bayi di atas permukaan karpet. Diamkan selama 12 jam dan bau di karpet akan hilang.

Nah, itu dia beberapa trik jitu untuk membersihkan dan merawat karpet bulu di rumah. Dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah dan bersiasat, kamu nggak perlu lagi ke laundry untuk bersihin karpet bulu~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE