6 Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi biar Kinclong dan Nggak Licin

Cara membersihkan lantai kamar mandi

Bagi sebagian orang, membersihkan lantai kamar mandi adalah hal yang membuat malas. Selain alasan jijik dan bau, membersihkan noda di lantai kamar mandi memang cukup sulit. Padahal jika semakin lama dibiarkan justru semakin sulit dibersihkan, lo. Untuk itu, kamu harus tahu nih cara membersihkan lantai kamar mandi yang tepat supaya nodanya mudah terangkat.

Advertisement

Hal ini karena cara membersihkan lantai kamar mandi sebenarnya jika hanya disikat saja tetap kurang bersih. Ada trik tersendiri untuk membersihkan lantai kamar mandi supaya lumut penyebab licin, kerak kuning yang membandel, dan bau tak sedap bisa bersih tuntas dengan mudah. Berikut Hipwee Tips bagikan cara membersihkan lantai kamar mandi biar kinclong dan nggak licin lagi.

1. Jika noda kuning di lantai kamar mandi belum terlalu berkerak, segera bersihkan dengan cairan soda, misalnya Cocacola

Cara membersihkan lantai kamar mandi

Cocacola | Credit by karonina grabowska on Pexels

Beberapa percobaan memang menyatakan jika Cocacola bisa dijadikan cairan pembersih. Hal ini karena kandungan sodanya yang cukup pekat bisa membuat noda jadi terangkat dengan mudah. Namun, harus diperhatikan juga ketebalan nodanya, kalau untuk lantai kamar mandi tentu saja bisa bersih jika nodanya belum sampai berkerak. Pastikan juga Cocacola baru dibuka ya, supaya kandungan sodanya belum menguap.

Cara membersihkan lantai kamar mandi dengan Cocacola pun cukup mudah, tinggal siram bagian yang akan dibersihkan menggunakan Cocacola. Tunggu selama 15 menit, kemudian gosok menggunakan sikat pembersih. Kemudian guyur dengan air bersih hingga hasilnya terlihat. Coba deh buktikan sendiri efektivitasnya!

Advertisement

2. Membersihkan lantai keramik kamar mandi yang kuning dengan baking soda biar nodanya mudah rontok saat digosok

Cara membersihkan lantai kamar mandi

Baking soda | Credit by Thamkc on depositphoto

Selain soda Cocacola, kamu juga bisa mencoba cara membersihkan lantai kamar mandi dengan baking soda. Kandungan Natrium bikarbonat-nya bermanfaat sebagai pembersih serba guna baik itu di plastik, kain, hingga lantai. Selain itu, baking soda juga memiliki sifat antibakteri sehingga bisa membunuh kuman.

Cara membersihkan lantai kamar mandi dengan baking soda pun cukup mudah, tinggal taburkan baking soda pada keramik yang basah, tunggu 10 menit. Kemudian gosok menggunakan sikat, lalu bilas dengan air bersih. Dijamin noda di keramik kamar mandi langsung rontok dan kinclong lagi.

3. Cara membersihkan noda hitam di lantai kamar mandi pakai sitrun atau citric acid

Advertisement
Cara membersihkan lantai kamar mandi

Sitrun | Credit by casimoro_PT on depositphoto

Asam sitrat alias sitrun bisa didapat dalam bentuk bubuk hasil produksi pabrik yang biasanya digunakan untuk pengawet dan penambah rasa asam pada masakan. Selain itu, sitrun juga bisa digunakan untuk zat pembersih. Kandungan asamnya terbukti mampu merontokkan noda.

Cara membersihkan lantai kamar mandi yang hitam menggunakan sitrun dengan cara mengguyur lantai dengan air biasa. Kemudian sikat noda sebentar, lalu taburkan bubuk sitrun pada noda yang ingin dibersihkan. Diamkan selama 30 menit, lalu digosok lagi, tambahkan sedikit detergen jika nodanya cukup membandel. Lalu bilas dengan air bersih.

4. Membasmi lumut di lantai kamar mandi yang bikin licin dengan Bayclin, kalau digosok pakai sabun aja susah bersihnya!

Cara membersihkan lantai kamar mandi

Bayclin | Credit by Shopee

Jika kamu pernah membersihkan lumut di lantai kamar mandi menggunakan sabun atau detergen, pasti paham deh, gimana susahnya. Biar lebih mudah, coba gunakan Bayclin atau cairan disinfektan yang biasa digunakan untuk memutihkan pakaian. Bayclin terbukti bisa membantu membasmi lumut halus yang bikin lantai jadi licin. Kandungan disinfektan pada Bayclin juga bisa membasmi bau, lo.

Cara membersihkan lantai kamar mandi dengan Bayclin juga mudah, cukup larutkan  5 tutup botol Bayclin dengan satu gayung air berukuran sedang. Kemudian siram ke lantai yang ingin dibersihkan. Ulangi dengan Bayclin murni tanpa campuran air pada bagian yang lumutnya cukup tebal. Tunggu 30 menit, kemudian gosok dengan sikat, beri sedikit deterjen pada lumut yang berkerak.

5. Membersihkan lantai kamar mandi dari noda, lumut, dan bau yang membandel dengan kaporit

Cara membersihkan lantai kamar mandi

Kaporit | Credit by Shopee

Noda kuning yang lama dibiarkan biasanya jadi berkerak dan licin. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan kaporit, supaya noda membandel bisa rontok. Sebelum menaburkan bubuk kaporit, siram dulu lantai kamar mandi menggunakan air panas untuk mematikan lumut-lumutnya.

Setelah itu, taburkan bubuk keramik pada lantai yang ingin dibersihkan. Diamkan selama 30 menit, lalu sikat sisa kaporit. Cara membersihkan lantai kamar mandi dengan kaporit harus hati-hati ya, jangan sampai cipratannya mengenai mata. Selain lantai jadi bersih, kaporit juga bisa menghilangkan bau tak sedap yang biasanya bersumber dari lubang buangan air.

6. Cara membersihkan keramik kamar mandi yang berkerak dengan cairan khusus pembersih

Cara membersihkan lantai kamar mandi

Gunakan sarung tangan saat membersihkan kamar mandi dengan pembersih khusus | Credit by olinchuk on depositphoto

Selain menggunakan beberapa zat aktif di atas, kamu juga bisa mencoba cara membersihkan lantai kamar mandi dengan cairan khusus seperti Porsterx, Vixal, dan merek lainnya. Cairan khusus pembersih kamar mandi ini diklaim mampu menghilangkan noda kuning dan lumut pada keramik. Untuk petunjuk penggunaanya, kamu bisa lihat pada kemasan produk dan pahami juga prosedur penggunaan yang tepat dan aman. Sebab, beberapa produk pembersih kamar mandi bisa mengakibatkan gatal dan iritasi jika terkena kulit, jadi harus hati-hati ya!

Nah, itulah beberapa cara membersihkan lantai kamar mandi supaya kinclong dan nggak licin. Kamu bisa pilih bahan paling mudah didapat dan menyesuaikan tingkat nodanya. Supaya noda nggak sampai berkerak, usahakan rutin membersihkannya minimal seminggu sekali ya, biar nggak sampai bau dan membandel nodanya. Selamat mencoba!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE