10 Pengharum Kamar Mandi Alami Penumpas Bau Pesing dan Tak Sedap. Aromanya Segar, Anti Pengap

Pengharum kamar mandi

Membuat kamar mandi nyaman ternyata tak cukup dengan menjaga kebersihannya saja. Kamar mandi juga mesti wangi supaya lebih nyaman digunakan. Tapi sayangnya, lantai yang berkerak, saluran pembuangan yang kurang lancar, serta kloset yang diguyur tak sempurna bisa membuat bau kamar mandi jadi nggak sedap. Tapi jangan khawatir, bau tak sedap ini bisa dihilangkan dengan menggunakan kamper kamar mandi dan juga pengharum kamar mandi murah yang dijual di pasaran.

Advertisement

Sayangnya, bahan kimia dari karbol pewangi kamar mandi atau pengharum bisa meningkatkan potensi keracunan, terutama bagi mereka yang memiliki alergi atau sensitif terhadap bau, melansir laman Alodokter. Sebagai alternatif, kamu dapat menggunakan pengharum kamar mandi alami yang dibuat dengan bahan-bahan di sekitarmu. Cara membuat pengharum kamar mandi sendiri ini mudah kok. Nggak serumit pengharum ruangan lainnya.

1. Daripada pakai pengharum kamar mandi Stella yang wanginya cuma awet beberapa hari saja, mending bikin pengharum ruangan sendiri. Cukup campur baking soda dan cuka dapur untuk menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi

baking soda dan cuka | credit: Lorene via id.pinterest.com

Baking soda dan cuka dapur bisa digunakan untuk menghilangkan kerak di kamar mandi penyebab bau tak sedap. Caranya, cukup campurkan kedua bahan, lalu tuang ke area yang berkerak dan sikat sampai bersih. Selain itu baking soda dan cuka dapur juga dapatĀ  dituang langsung ke dalam flush WC untuk menetralkan bau pesing akibat kloset yang nggak disiram sampai bersih.

2. Dengan ampas kopi, kamu bisa membuat pengharum kamar mandi aroma kopi yang menyegarkan dan nggak bikin enek. Baunya lebih enteng daripada yang biasa dijual di pasaran

ampas kopi | credit: Home Talks via id.pinterest.com

Ampas kopi dapat menyerap bau tak sedap yang timbul di kamar mandi. Kamu dapat menuangkan langsung ampas kopi ke dalam lubang WC atau taruh ampas yang sudah agak kering di dalam kaus kaki bekas kemudian gantung di sekitar ventilasi. Selain di WC, kamu juga dapat menuangkan ampasnya di lubang pembuangan lain. Kalau mau praktis, tempatkan biji kopi di dalam gelas lalu taruh di area kamar mandi. Aroma biji kopi dapat meminimalisir bau tak sedap di kamar mandi sekalipun tak begitu kuat.

3. Kamu pun dapat memanfaatkan pengharum kamar mandi cair dari larutan air kapur sirih untuk menghilangkan bau di kamar mandi. Bahkan bau pesing setelah makan jengkol bisa hilang dengan cepat

air kapur sirih | credit: Dictio via www.dictio.id

Selain dipakai untuk masakan, larutan kapur sirih juga bisa menghilangkan bau pesing kamar mandi. Bahkan bau kotoran hewan peliharan di sekitar rumah pun bisa dihilangkan dengan mudah tanpa perlu dipel lagi.

Campur kapur sirih dengan air bersih lalu tuang di toilet atau area yang berbau. Diamkan beberapa menit sampai bau berkurang atau sampai larutan mengering.

4. Soda kue dan lemon dapat dimanfaatkan untuk membuat pengharum kamar mandi murah yang nggak kalah wangi dari bikinan pabrik

soda kue dan lemon | credit: Little Things via www.littlethings.com

Saat membersihkan kamar mandi, gosokkan campuran soda kue dan lemon di keramik lantai, dinding, dan juga kloset. Diamkan beberapa saat, sampai kering lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan minimal dua kali dalam seminggu supaya aroma tak sedap dari kamar mandi nggak balik lagi. Kalau perlu, kamu bisa menaruh irisan lemon tipis di dalam lubang kloset lo! Berkat baunya yang segar, kamu pun akan betah berlama-lama di kamar mandi.

Advertisement

5. Keharuman Glade pewangi kamar mandi bisa dikalahkan hanya dengan meneteskan minyak esensial pada tisu toilet. Aromanya bisa dipilih sesuai selera

tuang minyak esential ke tisu | credit: Zest it up via www.pinterest.co.uk

Selain memakai pengharum ruangan buatan pabrik, kamu juga dapat memanfaatkan minyak esensial untuk mengurangi bau tak sedap di kamar mandi. Daripada boros-boros pakai diffuser, mending minyak esensialnya ditetaskan langsung ke tisu toilet. Satu tetes minyak esensial sudah bisa membuat kamar mandi jauh lebih wangi. Pilihlah minyak esensial beraroma lemon, lavender, atau pepermin supaya nggak enek dan nyaman saat berada di kamar mandi.

6. Manfaatkan bunga kering atau potpourri untuk mengusir bau tak sedap di kamar mandimu. Nggak harus bunga-bunga mahal, mawar dan lemon kering saja cukup

bunga kering | credit:17apart via www.17apart.com

Beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat potpourri ialah kayu manis, cengkeh, lemon kering, dan bunga kering ā€” bunganya bisa apa pun, melati atau mawar juga boleh. Potpourri yang sudah jadi nanti bisa diletakkan di rak atau meja toilet supaya bau tak sedapnya hilang.

Campur bunga, kayu-kayu, atau rempah kering yang kamu punya di satu wadah kaca, bisa pakai stoples bekas selai. Beri sedikit tetesan minyak esensial supaya makin wangi. Tutup wadah dengan kain berongga, lalu tempatkan di sudutĀ  kamar mandi.

7. Selain menghilangkan bau pesing di kloset, cuka apel juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bau asap rokok di kamar mandi

cuka apel untuk asap rokok | credit: Ammon Williamson via www.youtube.com

Cara menggunakan cuka apel untuk menghilangkan bau pesing atau asap rokok itu berbeda, ya. Kalau toilet pesing, cuka apel bisa dituang langsung di flush atau lubang kloset. Jika jika kamar mandi bau rokok, cuka apel mesti diteteskan ke handuk lalu kibas-kibaskan sampai aroma rokoknya menghilang. Selain sebagai pengharum kamar mandi murah, cuka apel juga bermanfaat untuk membasmi bakteri dan kuman yang tak terlihat lo!

8. Teteskan minyak kayu putih di tisu toilet untuk menghilangkan bau tak sedap di kamar mandimu

minyak kayu putih | credit: BuzzFeed via www.buzzfeed.com

Buatmu yang nggak keberatan dengan bau minyak kayu putih, coba teteskan minyak ini ke tisu toilet lalu taruh di tempat kering. Atau, kamu juga bisa meneteskan minyak kayu putih di sudut-sudut kamar mandi yang rentan bau, seperti toilet atau dekat lubang pembuangan.

9. Coba deh bikin pengharum kamar mandi gantung dengan menggunakan kayu manis dan cengkih yang dicampur jadi satu

pengharum kamar mandi gantung | credit: Devina Bath via devinebath.com

Perpaduan wangi kayu manis dan cengkih akan menghasilkan aroma woody yang menenangkan. Supaya wanginya lebih kuat, taruh kedua bahan tadi di kantong berpori lalu gantung di sekitar ventilasi atau tempat yang memiliki sirkulasi udara baik. Kalau nggak mau ribet, gantung saja langsung bunga yang sudah dikeringkan di sekitar ventilasi kamar mandi.

10. Terakhir, cukup letakkan tanaman hias untuk mengurangi bau tak sedap di kamar mandi

menaruh tanaman | credit: Pinterest via id.pinterest.com

Tanaman hias sebenarnya merupakan salah satu pengharum kamar mandi yang bagus. Di samping membuat kamar mandiĀ  lebih wangi, udara di ruangan ini pun akan jauh lebih sehat. Kamu bisa menempatkan tanaman hias seperti sansavieriaĀ atau palem waregu. Kalau mau yang ukurannya lebih kecil, taruh saja kaktus mini di sekitar wastafelnya.

Pengharum kamar mandi akan sia-sia khasiatnya jika kamu tak membersihkan kamar mandi setiap minggu. Kamar mandi yang kotor dan berkerak akan membuat ruangan jadi lebih pengap dan memicu bau tak sedap. Harga pengharum kamar mandi memang nggak seberapa, tapi kalau mau aman, mending pakai bahan alami saja. Wanginya sama, tapi jauh dari bahan kimia.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE