6 Cara Membersihkan Sofa dari Noda Jamur, Minyak, Hingga Coretan Tinta

Cara membersihkan sofa

Sofa merupakan perabot furnitur yang paling digemari banyak orang. Sofa memang dianggap lebih nyaman karena empuk dan lebih estetik untuk pertimbangan dekorasi ruangan. Pilihan bahannya pun beragam, mulai dari sofa kain biasa, beludru, hingga kulit sintetis. Sayangnya, perawatan sofa tidak semudah perawatan kursi kayu biasa.

Advertisement

Masalah seperti debu yang menempel, noda minyak, coretan tinta, jamur, dan bau apek kadang membuat sofa jadi kurang nyaman diduduki. Belum lagi bahan sofa yang beragam tidak bisa dibersihkan sembarangan, salah langkah bisa membuat sofa jadi lebih kotor bahkan bau. Sebenarnya, cara membersihkan sofa cukup mudah asal tahu triknya. Berikut Hipwee bagikan cara membersihkan sofa dari berbagai penyebab noda, yuk simak!

1. Membersihkan sofa dari debu yang membandel pada sofa kain dan kulit menggunakan detergen cair untuk mencegah sofa terlalu basah

cara membersihkan sofa

Bersihkan menggunakan sikat | Credit by Presstudio on Freepik

Sebenarnya membersihkan sofa dari debu paling mudah menggunakan mesin penyedot debu, tapi jika kamu tidak memilikinya maka bersihkanlah secara manual menggunakan detergen cair. Membersihkan sofa dari debu hanya menggunakan air atau kain basah justru hanya meratakan debu saja, jadi lakukanlah langkah berikut supaya sofa bisa bersih sempurna.

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menepuk-nepuk sofa supaya debu yang menumpuk terangkat.
  2. Bersihkan sisa debu membandel dengan cara mengoleskan detergen cair tanpa air pada bagian yang debunya paling menumpuk.
  3. Basahi sikat dengan sedikit air, lalu gosok-gosok bagian yang sudah diolesi detergen hingga debu terangkat.
  4. Seka sisi detergen dan busa menggunakan kain kering, lalu jemur dan keringkan di ruang terbuka atau gunakan kipas angin.
Advertisement

2. Gunakan baking soda untuk membersihkan sofa kain atau larutan dertergen untuk sofa kulit dari noda minyak

cara membersihkan sofa

Baking soda | Credit by Freepik on Freepik

Noda minyak pada sofa jika dibiarkan bisa menimbulkan jamur dan bau apek, bahkan amis, untuk itu harus sering dibersihkan. Cara membersihkan sofa dari noda minyak pun cukup mudah, kamu hanya perlu baking soda untuk sofa kain dan larutan detergen untuk sofa kulit, berikut caranya:

  1. Taburkan baking soda pada noda minyak yang terdapat pada sofa kain, biarkan hingga semalaman.
  2. Esok harinya, seka baking soda mengunakan kain lembap (jangan terlalu basah), noda minyak dijamin terangkat!
  3. Noda minyak pada sofa kulit cukup dibersihkan menggunakan kain yang dicelupkan pada larutan detergen, seka bagian sofa yang terkena minyak, lalu keringkan menggunakan kain kering.

3. Membersihkan sofa kain dari noda tinta menggunakan larutan detergen cair dan cuka atau alkohol pada sofa kulit

Advertisement

Spon dan deterjen | Credit by Karolina on Pexels

Sofa yang sering digunakan untuk bersantai di ruang keluarga biasnya tidak luput dari noda coretan tinta. Meski tidak menimbulkan bau dan jamur, tapi noda ini cukup mengganggu. Maka, cobalah bersihkan menggunakan detergen dan cuka untuk sofa kain dan alkohol untuk sofa kulit, berikut caranya membersihkan sofa dari noda tinta yang ampuh:

  1. Campurkan detergen cair dan cuka sebanyak 1:1, lalu celupkan spons atau sikat pada larutan tersebut.
  2. Gosok-gosok bagian sofa yang terkena tinta secara perlahan, usakan jangan sampai tinta jadi menyebar.
  3. Seka sisa pembersihan menggunakan kain kering supaya tidak menimbulkan bau.
  4. Pada sofa kulit, cukup celupkan kain pada alkohol jenis spiritus, lalu gosok-gosokkan pada noda tinta hingga bersih.

4. Taburkan baking soda pada sofa kain atau teh dan kopi pada sofa kulit untuk menghilangkan bau apek dan amis

cara membersihkan sofa

Bubuk teh | Credit by azerbaijan_stock on Freepik

Penyebab sofa berbau apek biasanya karena jamur dan tumpukan noda membandel. Maka, untuk menghilangkan bau pada sofa, kamu harus membersihkan penyebab baunya lebih dulu. Jika sofa sudah bersih, maka tinggal menghilangkan bau yang biasanya masih tertinggal. Perlu diingat, jika menyemprotkan pewangi bisa memicu pertumbuhan jamur atau menyisakan noda yang sulit dibersihkan.

Cobalah cara menghilangkan bau pada sofa dengan menaburkan baking soda pada sofa kain selama semalaman. Kemudian bersihkan pada esok hari dan dijamin bau apek hilang, Pada sofa kulit, kamu bisa mengganti baking soda dengan teh atau pun kopi. Caranya pun sama, yakni taburkan teh atau kopi pada sofa selama semalam dan bersihkan pada esok harinya. Baking soda, teh dan kopi bisa menyerap bau dan mentralkannya, sehingga efektif menghilangkan bau pada sofa.

5. Semprotkan cuka pada sofa kain atau alkohol pada sofa kulit untuk menghilangkan jamur yang menimbulkan noda kehitaman

cara membersihkan sofa

Semprotkan larutan cuka atau alkohol | Credit by Towfiqu Barbhuiya on Unsplash

Sofa yang ditumbuhi jamur tidak hanya membuat penampilannya jadi terlihat kotor, tapi juga bisa menimbulkan gatal pada kulit, jadi harus dibersihkan sampai tuntas. Berikut cara membersihkan sofa dari noda jamur:

  1. Semprotkan larutan cuka dan air dengan perbandingan 1:1 pada sofa kain yang berjamur atau menggunakan alkohol pada sofa kulit.
  2. Gosok bagian yang akan dibersihkan menggunakan sikat.
  3. Jika noda jamurnya terlalu tebal, maka kamu bisa tambahkan sedikit detergen.
  4. Seka dengan kain kering lalu keringkan sofa di ruangan terbuka.

6. Cara membersihkan sofa beludru dari berbagai noda membandel dengan benar

cara membersihkan sofa

Sofa bludru | Credit by mrsiraphol on Freepik

Membersihkan sofa berbahan beludru atau suede memang cukup tricky, karena bahan ini tidak bisa terkena air terlalu banyak. Selain itu, kamu juga tidak bisa menggunakan bahan kimia keras karena bisa merusak tekstur beludru. Berikut cara membersihkan sofa beludru yang benar:

  1. Gunakan sabun cuci piring cair atau sabun bayi yang dilarutkan ke dalam air.
  2. Celupkan sikat pada larutan tersebut lalu gosok bagian yang ingin dibersihkan.
  3. Jika nodanya cukup membandel, lakukan pembersihan selanjutnya menggunakan larutan air dan cuka dengan takaran 3:1.
  4. Celupkan handuk ke dalam larutan tersebut lalu peras hingga handuk lembap, kemudian gosokkan pada sofa.
  5. Keringkan sofa menggunakan kipas angin atau biarkan di ruang terbuka.
  6. Lakukan pembersihan ini secara berkala, supaya debu dan kotoran tidak terlelu menumpuk.

Sebenarnya, cara membersihkan sofa yang kotor cukup mudah asalkan nodanya tidak terlalu menumpuk. Sehingga, untuk memudahkan proses pembersihan, kamu harus melakukannya secara berkala, paling tidak sebulan sekali, ya! Pastikan juga setelah dibersihkan, sofa harus dalam keadaan kering sebelum disimpan di dalam ruangan yang tertutup supaya tidak menimbulkan bau dan jamur. Tapi, jangan menjemur sofa kulit langsung di bawah sinar matahari, karena bisa membuat kulit jadi pecah-pecah. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE