Baju dan Celanamu Udah Kesempitan? Ini 5 Cara Membesarkan Ukurannya Agar Muat Dipakai Lagi

Cara membesarkan ukuran pakaian

Saat memilih pakaian di lemari, mungkin kamu bingung karena sebagian udah kesempitan. Kalau memaksakan diri buat memakainya, pasti bakal nggak nyaman dan malah berpotensi robek. Duh, gimana ya? Masa harus beli yang baru? Padahal, pakaian-pakaian itu masih bagus dan sayang kalau dibuang begitu aja. Apalagi kalau ada yang udah jadi kesayanganmu sejak lama.

Advertisement

Tenang, kamu bisa mengakali pakaian itu supaya muat dipakai lagi. Besarkan aja ukuran baju dan celanamu yang udah kesempitan. Nggak perlu pergi ke tukang jahit karena ada berbagai cara sederhana yang bisa dicoba sendiri. Yuk simak!

1. Untuk baju yang terbuat dari katun, rendamlah dalam air yang dicampur dengan kondisioner. Ukuran bajunya bakal membesar setelah kering

merendam baju via www.dekoruma.com

Kondisioner mempunyai kandungan yang bisa membuat serat-serat kain katun jadi lebih longgar. Campurkan aja 1 sendok kondisioner dengan 1 liter air hangat. Kemudian, rendam bajumu selama setengah jam dan jangan bilas dengan air bersih dulu. Sebagai gantinya, gulung baju yang masih basah dengan handuk dan tariklah sisi-sisinya dengan jepitan. Lalu jemurlah sampai kering. Hasilnya, ukuran bajumu bakal membesar dan bisa dipakai lagi.

2. Kamu juga bisa memotong bagian baju yang kesempitan. Lalu tambal aja dengan aneka bahan seperti kain perca dan renda

tambalan yang cantik via id.pinterest.com

Potonglah bagian samping atau bagian belakang bajumu. Lalu siapkan bahan untuk menambalnya, bisa berupa kain perca, renda, rajutan, atau lainnya. Jahit pinggir-pinggir bahan tersebut pada pakaian yang udah dipotong. Hasilnya, ukuran bajumu bakal bertambah beberapa senti. Cara ini juga bisa membuat bajumu kelihatan lebih bagus dan unik. Dijamin nggak ada yang ngembarin deh~

Advertisement

3. Pengen membuat bagian bawah bajumu jadi lebih panjang? Gabungkanlah dengan baju lain yang udah nggak terpakai

menggabungkan dua baju via swoodsonsays.com

Siapkan bajumu yang udah kekecilan. Lalu, pilih baju lain yang ukurannya lebih besar tapi udah nggak terpakai. Potong baju bekas itu secukupnya, lalu jahit pada bagian bawah baju yang kekecilan. Ukurannya jadi lebih besar dan lebih sopan saat dipakai! Untuk tambahan, kamu bisa memotong baju bekas itu lagi seukuran saku baju. Kemudian jahitlah pada baju yang udah dimodifikasi. Hasilnya jadi lebih manis!

4. Lingkar celana jeans kesukaanmu udah sesak? Tenang, bisa diakali kok dengan tali atau karet yang dijepit di kancing celana

Membuat kaitan celana via id.pinterest.com

Masalah ini biasanya dialami kalau perut membuncit. Lingkar celana jeans jadi nggak muat lagi deh. Untuk mengatasinya, siapkan aja karet tebal atau tali. Ikatkan pada kancing celana, lalu masukkan ke lubang kancingnya. Setelah itu, ikatkan lagi ke kancing celana dan buat simpul yang rapat. Cara ini bisa memperbesar lingkar celana jeans favoritmu. Tetapi supaya ikatannya nggak kelihatan, sebaiknya kamu memakai atasan yang agak panjang agar bisa menutupinya.

5. Mau memperbesar celana jeans dengan hasil yang lebih rapi? Potong aja sedikit bagian pinggangnya, lalu tambal dengan potongan kain denim

Advertisement

Menjahit tambalan celana via www.cottonandcurls.com

Kalau pengen hasil yang lebih nyaman dipakai dan tahan lama, cobalah cara ini. Potong bagian samping celana jeans yang udah kesempitan. Lalu siapkan kain denim bekas dan jahitlah pada bagian celana yang dipotong tadi. Dengan tambalan ini, kamu bisa menambah lingkar celana sampai beberapa senti. Hasilnya pun kelihatan nggak mencolok karena warna kain tambalannya mirip dengan warna celana jeans. Jadi rapi deh~

Itulah berbagai cara untuk memperbesar baju dan celanamu yang udah kesempitan. Kamu jadi nggak perlu beli pakaian baru nih! Lumayan, jadi lebih hemat~

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE