Cara Membuat Aquascape untuk Pemula. Bujet Terbatas, Bisa Tanpa CO2

Cara membuat aquascape

Mempercantik ruangan nggak hanya dilakukan dengan menambah dekorasi di dinding, menata furnitur dan meletakkan tanaman hias saja lo. Kamu juga bisa menghadirkan akuarium sebagai hiasan plus hiburan di dalam rumah. Apalagi jika akuariumnya dibuat dengan konsep aquascape yang secara khusus didesain seperti ekosistem sungguhan yang berada di alam. Dijamin suasana ruangan lebih terasa asri.

Advertisement

Jika kamu baru pernah mencoba aquascape, jangan khawatir akan kesulitan dan perlu bujet yang besar. Pada dasarnya, cara membuat aquascape untuk pemula cukup mudah dan murah, asal tahu triknya. Bagaimana pun, aquascape ini menggabungkan antara cocok tanam dan pemeliharaan ikan, jadi keduanya harus berjalan dengan tepat. Nah, berikut ini Hipwee bagikan cara membuat aquascape sederhana dan murah, yuk simak!

1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat aquascape sederhana bertema natural

cara membuat aquascape

Membuat aquascape | Credit by LocalRiver on Commons Wikimedia

Sebelum membuat aquascape, tentunya dengan menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Pada aquascape sederhana kamu hanya butuh alat dan bahan pokok saja, seperti akuarium, pupuk, pasir, bebatuan, tanaman, ikan, pompa, saringan dan lampu. Jangan khawatir soal harga, bahan-bahan tersebut bisa kamu dapatkan dengan kisaran harga 350 ribu hingga 500 ribu saja. Tergantung ukuran akuarium yang ingin kamu buat.

Selain itu, nggak semua bahannya harus dibeli lo. Kamu juga bisa memanfaatkan tanaman air di sekitar rumah, kayu-kayu dan bebatuan untuk hiasan. Sehingga, nggak semua keperluan aquascape ini harus dibeli. Apalagi jika membuat aquascape tema natural seperti ini, selain mudah dibuat, bahan-bahannya pun mudah didapat.

Advertisement

2. Buat bagian dasar akuarium menggunakan pasir silika dengan bagian pinggir yang lebih tebal daripada bagian tengah

cara membuat aquascape pasir silika

Menata pasir di dasar akuarium | Credit by Antonio Fong on Flickr

Untuk cara membuat aquascape ini, pertama susunlah bagian dasar akuarium menggunakan pasir silika. Pasir ini paling direkomendasikan dalam pembuatan aquascape apalagi bagi pemula, karena akan memudahkan perawatan dan minim risiko air keruh. Apalagi saat sudah dihuni ikan dan tanaman mulai tumbuh. Pasir silika ini bisa kamu dapat dengan harga Rp 10 -20 ribu tiap kemasan 1 kg.

Atur pasir sedemikian rupa sehingga membentuk pola bagian pinggir yang lebih tebal dan bagian tengah yang lebih tipis atau membentuk lekukan. Pola ketebalannya sendiri bisa menyesuaikan ukuran akuarium. Jika kamu membuat aquascape ukuran 60 cm, maka idealnya ketebalan bagian tengah 2-3 cm, sementara pada bagian pinggirnya 4-6 cm. Hal ini untuk memudahkan pemberian pupuk dan saat menanam tanamannya.

3. Lapisi pasir yang sudah disusun di dasar akuarium dengan pupuk sebagai penyedia nutrisi untuk tanaman

Advertisement
cara membuat aquascape untuk pemula

Pemupukkan | Credit by Hisahiro0311 on Common Wikimedia

Penambahan pupuk dalam aquascape ini sangat penting, karena tanaman asli yang akan ditanam dalam akuarium harus mendapatkan nutrisi supaya bisa tumbuh subur. Pupuk khusus aquascape ini bisa kamu dapat dengan harga Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu, tergantung merek dan kemasannya. Taburkan pupuk secukupnya pada bagian cekungan pasir atau pada bagian asir yang lebih tipis.

Setelah itu, tutup lapisan pupuk menggunakan pasir lagi. Selain menggunakan pasir dan pupuk khusus aquascape, kamu juga bisa menambah butiran karbon aktif untuk membantu pertumbuhan tanaman dan menjaga kondisi mikro eksosistem dalam aquascape. Namun, tanpa karbon aktif pun bukan masalah.

4. Dekor aquascape dengan batu-batu atau kayu sesuai tema natural yang kamu keinginan

cara membuat aquascape murah meriah

Menghias aquascape | Credit by Antonio Fong on Flickr

Cara membuat aquascape pada bagian ini cukup seru karena kamu bisa berkreasi sesuai keinginanmu. Gunakan bebatuan alam atau batu-batu halus khusus akuarium. Susun batu dari yang paling besar, hingga terakhir yang paling kecil di dasar akuarium. Cara merangkai batu aquascape seperti ini bisa memudahkan dan membuat susunan lebih rapi. Selain batu, kamu juga bisa gunakan kayu kering yang nggak mengeluarkan bau dan warna jika terendam air.

5. Supaya aquascape mendapat kesan natural, pilih beberapa tanaman yang pas dengan tema

cara membuat aquascape natural

Tanaman aquascape | Credit by Pter Kratochvil on Publicdomain

Nah, cara membuat aquascape di bagian ini merupakan bagian paling inti yakni mulai bercocok tanam di dasar akuarium. Namun, sebelumnya isi akuarium dengan air hingga seperempat bagian. Kemudian, mulailah memasukkan akar tanaman pada pasir dan pupuk yang tadi sudah disusun. Usahakan jangan sampai akarnya patah atau tanaman dalam keadaan layu.

Pemilihan tanaman yang tepat sangat mendukung keberhasilan aquascape yang kamu buat. Nah, karena cara membuat aquascape ini tanpa sistem injeksi CO2, jadi pilih tanaman yang bisa hidup dengan kadar CO2 yang rendah. CO2 bagi tanaman sangat penting untuk membantu proses fotosistesis, tapi beberapa tanaman hanya perlu sedikit COdalam prosesnya.

Jenis-jenis tanaman yang dapat hidup dengan kadar CO2 rendah dan dapat kamu manfaatkan sebagai tanaman aquascape, antara lain peacock moss, java moss, christmas moss, flame moss, fissiden moss, java fern, lilaeopsis, amazon sword, dan masih banyak lagi. Selain tidak membutuhkan kadar CO2 yang banyak, jenis tanaman-tanaman tersebut perawatan dan pemeliharaannya mudah.

6. Pasang beberapa peralatan penunjang untuk membantu pertumbuhan tanaman dan kestabilan ekosistem

cara membuat aquascape tanpa CO2

Pasang alat-alat penunjang | Credit by Hisahiro0311

Setelah semua tanaman tersusun rapi, proses pembuatan aquascape masih belum selesai. Kamu harus bisa memastikan kelangsungan hidup tanaman tersebut. Mulailah dengan memenuhi air dalam akuarium, tapi sisakan 5-10 cm bagian atas yang terbebas dari air. Kemudian pasang peralatan pendukung seperti pompa air, saringan, dan lampu.

Selain untuk keindahan, peralatan tersebut berfungsi untuk menjaga kondisi mikro ekosistem dalam akuarium. Setelah alat terpasang, pastikan tanaman bisa tumbuh dengan baik. Lakukan proses adaptasi selama 1-2 minggu untuk memantau tanaman. Selama itu, aquascape belum bisa dihuni oleh ikan. Hal ini dilakukan supaya jika tanaman mati kamu akan lebih mudah mengganti dan tanpa berisiko meracuni ikan.

7. Terakhir, masukkan ikan hias ke dalam aquascape setelah tanaman dipastikan bisa tumbuh dengan baik

cara membuat aquascape sederhana

Aquascape yang sudah jadi | Credit by Peter Kirwan on Commons Wikimedia

Aquascape memang menggabungkan kegiatan bercocok tanam dan pemeliharaan ikan, sehingga jika tanaman berhasil tumbuh maka akan kurang lengkap jika tanpa ikan. Cara membuat aquascape seperti ini cocok untuk ikan cupang, komet, manfish, platy, beberapa jenis ikan tetra, neon dan lain sebagainya. Setelah ikan berhasil menghuni aquascape, berarti prosesnya sudah selesai. Namun, kamu tetap harus melakukan perawatan seperti menambahkan pupuk, dan membersihkan air 2 minggu sekali.

Nah, itulah 7 cara membuat aquascape untuk pemula yang murah dan cukup mudah dipraktikkan sendiri di rumah. Kamu juga bisa berkreasi dengan tema dan model lain, misalnya membuat air terjun atau panorama alam lainnya. Selamat berkreasi!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE