Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word

Hasilnya dijamin rapi dan gampang bikinnya

SoHip, pernahkah kamu kesulitan membuat daftar pustaka? Setiap membuat karya ilmiah atau makalah, kita pasti akan diminta untuk mencantumkan daftar pustaka. Untuk itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara membuat daftar pustaka.

Advertisement

Kamu bisa membuat daftar pustaka di Microsoft Word secara manual maupun otomatis. Tentu cara membuat daftar pustaka otomatis akan lebih efektif dan praktis, karena kamu tidak perlu mengaturnya satu per satu sesuai kaidah penulisan. Bagaimana cara membuat daftar pustaka secara otomatis di Microsoft Word dapat kamu lihat pada tutorial berikut.

Langkah-Langkah Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis

Seperti yang kita ketahui, daftar pustaka akan berisi kumpulan buku, jurnal, atau sumber referensi lain yang kamu gunakan sebagai sumber. Masing-masing sumber yang kamu gunakan dalam daftar pustaka memiliki kaidah penulisan yang berbeda.

Agar lebih mudah, sebaiknya gunakan fitur MS Word untuk membuat daftar pustaka secara otomatis. Berikut step by step cara membuat daftar pustaka di Word secara otomatis. 

Advertisement

1.Buka dokumen, lalu pilih halaman yang akan kamu gunakan untuk menulis daftar pustaka.

2. Klik Reference >> Bibliography.

Advertisement
cara membuat daftar pustaka di Word

Buka dokemen di MS word / Credit by hIpwee

3. Pilih model tulisan yang ingin kamu pilih.

4. Pilih opsi APA di bagian Style.

5. Klik Manage Source >> New.

Bagaimana cara membuat daftar pustaka

Membuat daftar pustaka / Credit by Hipwee

6. Di bagian Type of Source, pilih sumber yang kamu gunakan, kemudian isi semua kolom yang ada. Penulisan daftar pustaka akan mengikuti kaidah penulisan dari sumber tersebut.

7. Klik Update Citation & Bibliography untuk memunculkan daftar pustaka.

Untuk menambah daftar pustaka, kamu bisa mengulang cara di atas mulai dari nomor 5. Sekali lagi, buat kamu yang sedang menulis makalah atau karya ilmiah, tak perlu lagi membuat daftar pustaka secara manual. Kamu bisa menggunakan daftar pustaka secara otomatis dengan memanfaatkan fitur dari Ms Word.

Dengan menggunakan daftar pustaka otomatis, kamu tidak perlu mengatur dan menyesuaikan daftar pustaka sesuai dengan kaidah penulisan. Ini juga akan meminimalisir salah susunan dan salah tik karena kurang teliti.

Cara membuat daftar pustaka otomatis di Microsoft Word dapat dilakukan dengan klik tab Reference >> Bibliography. Selanjutnya, pilih Manage Source >> New dan isi semua kolom yang ada.

Nah, begitulah cara membuat daftar pustaka otomatis. Dengan begini, kamu nggak perlu khawatir hasilnya miring atau nggak rapi. Yuk coba terapkan di karya-karya kamu, SoHip!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE