5 Cara Membuat Donat Anti Gagal. Empuk, Mengembang, dan Nggak Bantat!

Cara membuat donat

Siapa sih yang nggak suka ngemil donat? Kudapan berbahan terigu ini merupakan salah satu makanan sejuta umat, alias banyak yang suka. Teksturnya yang empuk dan rasa manis dari aneka topping di atasnya membuat siapa saja nggak tega menolak makan yang umumnya berbentuk bulat dan terdapat lubang di tengahnya.

Advertisement

Sayangnya, kebanyakan orang masih sering gagal saat mencoba membuat donat sendiri. Biasanya hasilnya keras dan alot karena bantat. Padahal, cara membuat donat sebenarnya cukup mudah dan hanya butuh bahan-bahan sederhana. Namun, supaya menghasilkan donat yang empuk dan mengembang sempurna tetap ada triknya. Buat kamu yang masih gagal bikin donat sendiri, berikut Hipwee Tips kasih bocoran cara membuat donat yang empuk dan mengembang!

1. Gunakan ragi kue sebagai bahan pengembang yang juga membuat donat jadi empuk

Cara membuat donat

Ragi | Credit Fotek on depositphoto

Cara membuat donat mengembang tidak seperti membuat kue pada umumnya yang menggunakan pengembang berupa baking soda. Supaya donat bisa mengembang sempurna, gunakanlah ragi kue yang biasanya berbentuk bubuk. Cara membuat donat empuk ini kamu bisa menggunakan ragi fermipan yang dijual di toko bahan kue. Dalam adonan roti, ragi akan aktif ketika terkena air kemudian mengeluarkan gas yang mengisi struktur gluten, sehingga adonan akan mengembang.

2. Gunakan gula dan air hangat untuk memastikan ragi masih aktif sebelum mencampurnya dengan tepung

Cara membuat donat

Air hangat | Credit by Skylar Kang on Pexels

Salah satu kesalahan saat membuat donat biasanya ragi langsung dicampurkan ke dalam tepung. Padahal, ragi baru bisa aktif ketika dicampur dengan air lebih dulu. Cara ini juga untuk melihat apakah ragi masih berfungsi atau tidak. Berikut cara mengolah ragi sebelum dicampurkan ke adonan tepung:

Advertisement
  1. Siapkan air hangat suam-suam kuku sebanyak 100 ml.
  2. Beri 1 sendok makan gula pasir, lalu aduk rata.
  3. Tambahkan ragi bubuk ke dalam gelas, aduk sebentar kemudian diamkan 10-15 menit.
  4. Jika campuran air menjadi berbusa dan mengembang, berarti tandanya ragi masih bagus dan sudah aktif. Namun, jika tidak ada perubahan pada air, maka ganti alias beli ragi lagi, karena tandanya ragi sudah mati.
  5. Kemudian, campuran ragi dan air bisa dimasukkan ke adonan tepung.

3. Supaya donat empuk dan lembut, gunakan tepung protein tinggi dan protein sedang

Cara membuat donat

Tepung | Credit by Kwan on Pexels

Kunci donat empuk dan mengembang selain pada ragi adalah pada tepung terigu yang digunakan. Adonan donat membutuhkan kandungan gluten yang tinggi sehingga bisa mengembang sempurna dan memiliki tekstur yang lembut. Tepung terigu protein tinggi mengandung sekitar 11-13% protein yang mampu memproduksi banyak gluten.

Kendati demikian, tepung terigu protein tinggi saja tidak cukup untuk membuat donat yang empuk dan lembut. Kamu harus mencampurkan adonan dengan tepung protein rendah, sehingga adonan lebih seimbang dan teksturnya pas, empuk, lembut dan sedikit kenyal tapi tidak alot. Perbandingan campuran tersebut misalnya kamu ingin membuat donat dengan 500 gram tepung, maka 300 gram dari protein tinggi dan 200 gram dari protein rendah.

Advertisement

4. Diamkan adonan beberapa saat supaya mengembang lebih dulu sebelum membentuk jadi bagian kecil-kecil

Cara membuat donat

Biarkan adonan mengembang | Credit by jenjie on Commons wikimedia

Setelah ragi, tepung, dan bahan-bahan lain tercampur rata menjadi adonan, jangan buru-buru dibentuk. Ragi yang telah tercampur menjadi adonan butuh waktu untuk proses fermentasi sehingga bisa bekerja dengan sempurna. Sehingga, adonan harus didiamkan selama 45-90 menit hingga mengembang 2-3 kali lipat dari sebelumnya.

Saat mendiamkan adonan, letakkan di sebuah wadah dan tutup dengan kain basah untuk menjaga suhu dan kelembapan adonan. Jauhkan adonan dari sinar matahari langsung supaya proses fermentasi bisa maksimal.

5. Perhatikan proses penggorengan, cukup dibalik sekali supaya nggak terlalu banyak menyerap minyak

Cara membuat donat

Menggoreng donat | Credit by Pixabay

Goreng donat menggunakan minyak panas sekitar 170-180 derajat dengan api kecil supaya donat bisa mengembang perlahan dan tidak cepat gosong. Setelah satu bagian berwarna kecokelatan sesuai selera, segera balik dan biarkan hingga warnanya sama. Pastikan kamu hanya membaliknya sekali, supaya donat tidak menyerap bayak minyak.

Nah, itulah beberapa cara membuat donat yang empuk dan mengembang sempurna. Beberapa hal di atas serig diabaikan sehingga membuat donat jadi alot karena bantat. Trik-trik di atas juga bisa kamu terapkan pada cara membuat donat kentang, susu, dan aneka kreasi lainnya. Selamat mencoba!

Cek aneka #ResepAndalanmu lain yang bisa kamu coba di sini.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE