Cara Membuat Kentang Goreng KFC yang Awet Renyahnya dan Pas Bumbunya

Nggak langsung digoreng, mesti direbus, masuk kulkas, campur tepung, dibekuin, haaah panjang~

Apa sih menu kesukaan SoHip suka selain ayam goreng KFC? Ya, kentang goreng KFC. Itu bener-bener the best part, sih. Teksturnya yang renyah dan kriuk berpadu dengan bumbu yang pas, sungguh menggoda selera. Biasanya kentang goreng KFC akan ditawarkan sebagai menu pelengkap pesanan yang tersedia dalam kemasan regular atau large dengan harga kisaran Rp 15.000-an.

Advertisement

Hm.. harga segitu cukup sayang kalau tiba-tiba ngidam kentang goreng KFC dan hanya ingin membeli satu produk itu saja. Apalagi kalau lagi mager keluar rumah atau kos, layanan ojek online menjadi pilihannya. Tetapi lagi-lagi, jika hanya membeli satu produk saja tentu akan berat di ongkos kirim. Nah, biar nggak berat di ongkir dan BM-mu terpenuhi dengan bujet yang terjangkau lebih baik bikin kentang goreng ala KFC sendiri, yuk!

Cara membuat kentang goreng ala KFC

resep kentang goreng KFC

Proses membuat kentang goreng ala KFC yang harus dua kali goreng | Foto oleh Ron Lach dari Pexels

Bahan:

  • 3-4 buah kentang ukuran besar, kupas dan rendam di dalam air
  • 3 sdm tepung (1 sdm tepung maizena, 2 sdm tepung terigu)
  • 3 siung bawang putih, digeprek
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm garam halus

Taburan:

  • Bubuk oregano
  • Bubuk kaldu secukupnya
Advertisement

Cara membuat:

  1. Potong kentang yang sudah dikupas  secara memanjang. Usahakan ketebalan kentang sama.
  2. Cuci bersih kentang sampai air rendaman kentang menjadi bening.
  3. Rebus air di wadah terpisah hingga mendidih. Kemudian masukkan gula pasir, garam, dan bawang putih yang sudah digeprek. Masukkan kentang, rebus hingga seperempat matang, kira-kira 3-5 menit.
  4. Tiriskan kentang yang telah direbus.
  5. Simpan kentang di kulkas selama 10-15 menit. Jika sudah dingin, taburi kentang dengan tepung secara merata. Agar tepung merata, masukkan kentang dan tepung ke dalam stoples kemudian kocok stoples hingga seluruh permukaan kentang terbalut oleh tepung.
  6. Simpan kentang yang sudah terbalur tepung di dalam freezer selama 1-2 jam hingga beku.
  7. Goreng kentang di dalam rendaman minyak panas dengan teknik deep friying hingga setengah matang. Tiriskan dan diamkan hingga dingin.
  8. Goreng lagi kentang hingga benar-benar matang. Pastikan minyak benar-benar panas. Kecilkan api setelah minyak panas dan goreng hingga kuning kecokelatan. Angkat.
  9. Taburi kentang dengan bubuk oregano atau bubuk kaldu sesuai selera.
  10. Sajikan dengan tambahan saus pedas.

Meskipun terlihat mudah, ternyata kamu membutuhkan kesabaran yang ekstra. Semangat! Semua akan terbayarkan oleh kelezatan dan kemiripan rasa kentang goreng ala KFC buatanmu.

Tips membuat kentang goreng ala KFC yang anti gagal-gagal club

resep kentang goreng KFC

Kentang goreng renyah dan kriuk | Foto oleh Marco Fischer dari Pexels

Advertisement

Memang membuat kentang goreng ala KFC tidak semudah yang dibayangkan. Untuk menghasilkan kentang goreng yang renyah, kriuk, dan gurih memang harus melewati beberapa tips agar berhasil.

1. Merendam kentang di dalam air akan membantu menghilangkan sisa pati

Dengan merendam kentang di dalam air terlebih dahulu, maka sisa pati akan hilang dan kentang gorengmu tidak akan menempel, justru akan renyah.

2. Memotong kentang dengan ketebalan yang sama biar matang secara merata dengan kecepatan yang sama.

Biar matangnya berbarengan, kamu harus memotong kentang dengan ketebalan yang sama, sebab jika berbeda ukuran ketebalan maka kecepatan kematangan kentang akan berbeda. Ada kentang yang belum matang, tetapi kentang lain sudah gosong. Tentu akan membuat kamu kewalahan ketika mengangkatnya.

3. Keringkan kentang dengan tisu makan biar air yang tertinggal nggak bikin lapisan tepung menggumpal

Setelah direndam dengan air, pastikan kentang benar-benar kering. Cobalah untuk mengeringkan dengan tisu makan biar tidak ada air yang tertinggal.

4. Gunakan tepung terigu protein tinggi agar tekstur kentang semakin renyah dan tahan lama

Kamu bisa juga mengubah komposisi tepung, misalnya tepung terigu protein tinggi dan tepung maizena dengan perbandingan 3:1. Atau bisa juga dengan campuran tepung beras dan tapioka denga perbandingan 2:1.

Meskipun banyak langkah dan tips yang harus dijalani, tapi hasilnya akan sebanding dengan kenikmatan kentang goreng ala KFC buatanmu sendiri. Minat untuk mencobanya?

Cek aneka #ResepAndalanmu lain yang bisa kamu coba di sini.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE