4 Cara Membuat Tulisan Berwarna di WhatsApp. Chatting Jadi Lebih Seru!

Cara membuat tulisan berwarna di WhatsApp

Saat ini WhatsApp menjadi aplikasi pengirim pesan paling banyak digunakan di seluruh dunia. Selain cara penggunaannya yang mudah, WhatsApp dinilai sebagai piranti pengirim pesan paling efisien dibanding aplikasi serupa lainnya. WhatsApp juga memungkinkan penggunannya untuk melakukan berbagai kreasi melalui model tulisan dalam pesannya.

Advertisement

Jika selama ini kamu hanya tahu pengaturan font atau jenis huruf dan ukuran saja, berarti kamu harus mencoba kreasi lainnya supaya WhatsApp kamu nggak monoton. Di WhatsApp memungkinkan kita membuat teks berwarna dengan pengaturan khusus, lo. Ada yang bisa langsung diatur dalam aplikasi, tapi ada juga yang harus menggunakan bantuan aplikasi lain. Bagaimana cara membuat tulisan berwarna di WhatsApp? Yuk Simak info berikut!

1. Cara membuat tulisan berwarna di WhatsApp tanpa bantuan aplikasi lain, tapi kamu harus menggunakan GB WhatsApp

GB WhatsApp | Credit on Play Google

GB WhatsApp merupakan aplikasi yang sama dengan WhatsApp Official biasa. Namun, pada GB WhatsApp terdapat tambahan fitur menarik yang nggak dimiliki WhatsApp Official. Fitur paling unggulan dalam GB WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengubah gaya tampilan, varian emoji dan gaya tulisan. Sehingga kamu nggak perlu menggunakan aplikasi lain ketika ingin membuat tulisan yang berwarna pada teks pesan. Berikut cara membuat tulisan jadi berwarna di WhatsApp:

  1. Setelah beralih ke GB WhatsApp, pilih dan klik titik 3 di pojok kanan atas.
  2. Kemudian ketuk Pengaturan GB, pilih Percakapan. 
  3. Setelah itu, cari menu Warna Teks Kanan (untuk mengubah teks pengirim pesan) kemudian centang kotak di sebelahnya, lalu ubah menjadi warna yang kamu inginkan.
  4. Cari menu Warna Teks Kiri (untuk mengubah warna teks penerima pesan) kemudian centang lalu ubah warnanya.
  5. Setelah itu, buka room chat. Otomatis warna teks berubah sesuai pengaturan yang kamu buat.
  6. Perubahan warna ini hanya berlaku pada WhatsApp kamu saja ya, jadi orang yang dikirimi pesan tetap pada mode default WhatsApp pada umumnya.
Advertisement

2. Cara membuat tulisan berwarna di WhatsApp menggunakan aplikasi tambahan

Fancy Text + Sticker Maker | Credit on Play Store

Selain beralih ke GB WhatsApp, kamu tetap bisa membuat tulisan berwarna pada WhatsApp Official biasa, tapi harus menggunakan bantuan aplikasi lain. Di sini Hipwee akan memberi contoh cara membuat tulisan berwarna-warni di WhatsApp mengguakan Fancy Text + Sticker (dulunya bernama WhatsBlue Text). Aplikasi ini bisa kamu unduh di Google Play Store secara gratis. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Setelah Fancy Text + Sticker terunduh, pilih menu Fancy Text dan tuliskan pesan pada kolom yang tersedia.
  2. Pilih style huruf yang kamu inginkan, kemudian akan muncul 3 opsi yakni Copy Text, WhatsApp dan Share Text. 
  3. Pilih WhatsApp maka otomatis kamu WhatsApp akan terbuka.
  4. Kemudian pilih teman yang akan dikirimi pesan dengan tulisan berwarna, tekan tombol kirim.
Advertisement

3. Selain mengubah warna pesan, kamu juga bisa mengubah warna tulisan pada status WhatsApp dengan aplikasi yang sama

Pada dasarnya, WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengubah background warna pada stastus. Namun, warna tulisannya tetap putih. Nah, supaya bisa mengubah warna tulisan pada status, ikuti langkah berikut:

  1. Gunakan aplikasi yang sama (Fancy Text + Sticker). Pilih tombol Start Writing, kemudian ketik status di Text Field. 
  2. Pilih Blue Colored Text dan akan muncul 3 opsi yakni Copy Text, WhatsApp dan Share Text. Pilih WhatsApp kemudian akan otomatis terbuka.
  3. Pilih opsi My Status dan klik. Kemudian, pilih dan klik Mark Icon. 
  4. Kini kamu akan melihat status di Blue Color. Kamu juga bisa mengubah warna background sesuai keinginan, Kemudian kirim status.

4. Selain mengubah warna pada pesan dan status, kamu juga bisa mengkreasikan tulisan dengan cara yang simpel

Kreasi tulisan unik di WhatsApp | Credit by Hipwee

Membuat kreasi tulisan di WhatsApp akan menambah keseruan saat berkirim pesan dan membantu memperjelas informasi. Misalnya untuk memberi penekanan kalimat atau memberi notice supaya informasi yang kamu kirimkan lebih diperhatikan. Kreasi ini cukup mudah, karena hanya membutuhkan trik pada pengetikan. Berikut cara membuat tulisan miring, monospace dan kreasi lainnya di WhatsApp:

  • Cetak tebal (bold), menggunakan tanda bintang (*) pada awal dan akhir kata atau kalimat yang ingin ditebalkan, misalnya *teks*
  • Cetak miring (italic), menggunakan tanda underscore (_) pada awal dan akhir kata atau kalimat yang ingin dimiringkan, misalnya _teks_
  • Teks yang dicoret (strikethrough), menggunakan tanda tilde (~) pada awal dan akhir kata atau kalimat yang ingin dicoret, misalnya ~teks~
  • Font monospace atau FixedSys, yaitu jenis font yang tampak seperti tulisan kode komputer. Gunakan tanda apostrof sebanyak 3 kali (”’) pada awal dan akhir kata atau kalimat yang ingin diubah, misal ”’teks”’

Nah, itulah cara membuat tulisan berwarna dan unik di WhatsApp yang bisa kamu praktikkan dengan mudah. Sehingga WhatsApp kamu nggak monoton lagi deh, bahkan berkirim pesan jadi lebih seru dan informasinya bisa lebih jelas. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE