9 Cara Memerahkan Bibir Hitam yang Kadung Permanen. Biarpun Nggak Instan, yang Penting Telaten

Cara memerahkan bibir

Meski bisa disamarkan dengan lipstik, memiliki bibir merah cerah tetap jadi dambaan setiap cewek. Tak cuma bikin penampilan jadi lebih maksimal, bibir cerah juga menandakan kondisi yang sehat. Tiap orang memang memiliki gen warna bibir yang berbeda-beda, namun di luar gen, ada banyak faktor lain yang dapat membuat bibir jadi menghitam. Misalnya, paparan sinar matahari atau kebiasaan merokok.

Advertisement

Mengembalikan warna bibir atau memerahkan warnanya bukanlah hal mustahil selama kamu bisa menghindari penyebabnya. Lantas, bagaimana dengan pemilik bibir hitam karena genetik? Tak perlu khawatir, justru cara memerahkan bibir hitam dari lahir ini terbilang praktis, karena hanya perlu menggunakan bahan alami atau membiasakan kebiasaan baik untuk mencegah warna hitamnya kembali. Berikut cara memerahkan bibir yang hitam dalam waktu seminggu yang patut dicoba.

Selain karena kebiasaan merokok dan faktor genetik, bibir hitam juga dapat disebabkan oleh beberapa hal lain seperti berikut

1. Jarang membersihkan lipstik

lipstik nggak dihapus via www.saubhaya.com

Jika dibiarkan terlalu lama, bahan kimia dari lipstik dapat mengubah pigmen warna bibir jadi lebih gelap. Terutama, lipstik yang mengandung isopalmityl diglyceryl sebacate, asam ricinoleic, dan asam lemak dipentaerythritol. Tak cuma menghitamkan bibir, kandungan ini juga dapat memicu reaksi alergi. Selain membersihkan lipstik, selalu cek kemasan sebelum membeli lipstik dan hindari bahan kimia tersebut.

Advertisement

2. Konsumsi kafein yang terlalu banyak 

keseringan minum kopi via www.earth.com

Dalam kafein terdapat zat diuretik yang bisa membuatmu lebih sering buang air kecil. Kondisi ini dapat mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi karena harus mengeluarkan cairan terus-menerus. Lambat-laun, dehidrasi juga dapat membuat bibir pecah-pecah dan berubah warna jadi gelap.

Advertisement

3. Kebiasaan menjilat dan mengigit bibir 

gigit bibir via www.popbela.com

Kebiasaan sepele ini ternyata dapat membuat bibir jadi lebih kering. Jika dibiarkan terus-menerus, kebiasaan ini dapat membuat warna bibir jadi lebih gelap dan sering mengalami pecah-pecah.

4. Paparan sinar matahari penyebab hiperpigmentasi bibir

paparan sinar matahari via www.healthline.com

Tak cuma pada wajah, hiperpigmentasi juga dapat terjadi pada bibir lo! Biasanya, melanin ini akan terbentuk karena sering terpapar sinar matahari, terutama mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan tanpa memakai pelembap bibir ber-SPF.

Tak perlu khawatir, warna bibir yang gelap bisa dicerahkan kembali. Berikut cara memerahkan bibir secara alami

Nggak harus pakai produk khusus, selama perawatan ini benar-benar kalian lakukan secara rutin, memerahkan bibir bukanlah hal mustahil. Berikut ragam cara memerahkan bibir secara alami dan permanen yang bisa dicoba.

1. Cara memerahkan bibir dengan gula dan madu 

gula dan madu via ecolivingmama.com

Tekstur gula yang kasar dapat dijadikan sebagai eksfoliasi bibir sehingga dapat mengelupas sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaannya. Eksfoliasi ini nggak akan membuat bibirmu kering berkat madu yang bisa melembapkannya. Begini cara memerahkan bibir dengan gula dan madu.

Campur satu sendok gula dengan madu secukupnya. Aduk-aduk lalu ratakan dan pijat ringan di bibir. Diamkan selama lima menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.

2. Cara memerahkan bibir dengan madu 

oles pakai madu via seruni.id

Tanpa gula pun, madu bisa dimanfaatkan untuk memerahkan bibirmu. Kandungan glukosa dan fruktosa di dalamnya dapat merangsang epidermis pembuat kolagen baru. Cukup oleskan madu dan diamkan sampai mengering agar kulit bibir tampak kelihatan lebih merah alami.

3. Cara memerahkan bibir dengan lemon

pakai lemon via www.mycoffeepot.org

Kandungan vitamin C dalam lemon dapat mencerahkan dan memerahkan bibir setelah beberapa kali pemakaian. Bahkan, ahli menyebut bahwa lemon dapat menjadi penghambat melanin penyebab bibir gelap. Selain mencampurkannya dengan gula untuk dijadikan scrub, lemon juga dapat dioleskan saja ke permukaan bibir selama semalaman untuk mencerahkannya.

4. Cara memerahkan bibir dengan jeruk nipis

pakai lemon via www.bioenciclopedia.com

Tak hanya lemon, buah citrus lain seperti jeruk nipis pun memiliki manfaat yang sama. Selain mengangkat sel kulit mati, kulit bibir juga akan teregenerasi dengan baik berkat kandungan vitamin C di dalamnya.

Peras jeruk nipis, kemudian oleskan ke bibir selama 5 menit. Diamkan selama 30 menit sampai perasan jeruk nipis mulai mengering di kulit bibir. Lakukan perawatan ini secara rutin selama dua kali sehari agar manfaatnya maksimal.

5. Cara memerahkan bibir dengan minyak zaitun

pakai minyak zaitun via www.sehatq.com

Kandungan vitamin E dan K dalam minyak zaitun dapat digunakan untuk mencerahkan bibir secara alami. Tak perlu repot menjadikannya scrub, cukup oleskan saja minyak zaitun di malam hari sebelum tidur secara rutin untuk mendapatkan warna bibir yang lebih cerah.

6. Cara memerahkan bibir dengan lidah buaya

pakai lidah buaya via www.exportersindia.com

Selain melembapkan kulit, lidah buaya juga dapat mengembalikan warna alami bibir. Lidah buaya juga dapat memerahkan bibir yang hitam akibat hiperpigmentasi. Cara memanfaatkannya pun tak sulit.

Kerok lidah buaya dari batangnya kemudian oles tipis ke permukaan kulit bibir. Setelah kering, bilas dengan air hangat. Lakukan minimal dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

7. Cara memerahkan bibir dengan kunyit 

pakai kunyit via www.honestdocs.id

Kurkumin dalam kunyit bisa memicu produksi kolagen pada permukaan bibir dan membuat warnanya jadi lebih cerah. Cara pemakaiannya pun mudah. Bubuk kunyit bisa dicampur dengan madu maupun susu untuk dioleskan ke bibir. Atau, oleskan langsung bubuk kunyit tanpa menambahkan apa pun selama 15 menit di permukaan bibir kemudian bilas dengan air hangat.

8. Cara memerahkan bibir dengan pasta gigi

pakai odol via www.dailydot.com

Pasta gigi kaya akan magnesium, selenium, kalsium, kalium, dan beragam mineral lain yang bisa bantu mempercepat proses regenerasi kulit bibir. Penggunaan pasta gigi untuk mencerahkan bibir diperbolehkan, tapi tidak ketika bibir sedang pecah-pecah atau sariawan. Berikut cara memerahkan bibir dengan odol.

Aplikasikan pasta gigi pada bibir. Diamkan selama 15 menit atau sampai kering kemudian bersihkan dengan air hangat. Gunakan dua kali seminggu agar warna bibir lebih cepat kembali.

Selain dengan perawatan di atas, lakukan juga beberapa hal berikut agar warna bibir bisa kembali memerah dan lebih cerah

lewat kebiasaan via klubwanita.com

  1. Rajin minum air putih untuk menghindari dehidrasi penyebab bibir kering dan gelap. Terutama setelah mengonsumsi kafein.
  2. Pastikan untuk selalu menggunakan pelembap bibir ber-SPF tiap kali keluar rumah untuk melindungi bibir jadi hiperpigementasi.
  3. Hindari juga paparan bahan zat beracun, seperti asap rokok maupun polusi udara.
  4. Setiap bangun tidur, usahakan untuk selalu mengeksfoliasi bibir menggunakan lip scrub atau campuran madu dan gula. Gunakan juga pelembap bibir sebelum tidur dan bersihkan sisa lipstik maupun kosmetik yang lain.
  5. Hindari kebiasaan mengigit dan menjilat bibir meski kering sekalipun. Daripada menjilat, lebih baik oleskan lip balm saja.
  6. Cara terakhir ini agak effort, tapi jelas ampuhnya yakni dengan mengoleskan suplemen atau kapsul vitamin E ke permukaan bibir untuk membantu mengganti sel kulit mati dengan yang baru.

Bibir gelap memang menyebalkan dan sulit dihindari, bahkan banyak cewek yang nggak merokok pun sering mengalaminya. Daripada mesti ditutup pakai lipstik terus-terusan, mending lakukan perawatan sederhana di atas untuk mengembalikan kecerahan warnanya. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE