Cara Menanam Bunga Matahari dengan Bibit Kuaci. Pakai Media Tanam Kapas Bisa Cepat Berhasil

Cara menanam bunga matahari

Mempercantik halaman rumah bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya ialah dengan menanam bunga matahari. Warnanya yang cantik bisa jadi daya tarik tersendiri. Apalagi jenis bunga matahari ini cukup banyak. Bunga matahari yang bentuknya mungil namanya bunga matahari Teddy Bear, kalau mau yang agak lebar, bunga matahari Sun Gold dan Big Smile cocok dijadikan pilihan. Manfaat bunga matahari tak cuma untuk mempercantik taman rumah saja, bijinya pun dapat dijadikan camilan bernama kuaci.

Advertisement

Kecantikan bunga matahari yang ditanam di rumah tetangga maupun di taman wisata bisa banget kamu hadirkan di rumah. Toh cara menanam bunga matahari hingga berbunga cukup mudah dilakukan. Selama pemilihan bibit bunga matahari tepat, bunga ini akan tumbuh subur dan cepat berbunga. Berikut cara cara menanam bunga matahari dengan biji yang bisa dipraktikkan. Benar-benar semudah di video cara menanam bunga matahari di Youtube lo!

1. Pastikan kamu memilih benih bunga matahari unggul agar cara menanam bunga matahari dari biji berhasil dan bisa tumbuh subur

benih bunga matahari | credit: Fine Art America via fineartamerica.com

Biji kuaci yang ditanam tentu berbeda dengan yang bisa dimakan. Biasanya kuaci tanam berukuran lebih kecil, untuk warna masing-masing varietas bunga matahari berbeda-beda. Baiknya kenali dulu varietas bunga matahari yang mau ditanam agar tak keliru saat membelinya nanti. Kamu bisa membeli bibit bunga matahari Mamoth jika taman rumahmu nggak begitu besar, sebab varietas ini pertumbuhannya nggak akan sampai 2 meter.

2. Semai benih yang sudah dipilih. Cara mengambil biji bunga matahari untuk ditanam ini lumayan praktis dan nggak makan waktu kok~

semai biji bunga matahari | credit: Charlotte Lake via www.shutterstock.com

Sebelum belajar cara menanam bunga matahari mini, kamu mesti tahu dulu proses penyemaiannya. Supaya proses penyemaian berhasil, lakukan uji kelayakan dengan merendam biji bunga matahari selama 10 menit. Semailah biji yang nggak mengambang — yang berarti bagus kualitasnya. Selanjutnya, lakukan proses penyemaian yang metodenya sama dengan cara menanam bunga matahari di polybag.

  1. Campur tanah gembur dan pupuk kandang ke dalam polybag.
  2. Benamkan biji dengan posisi bagian runcing di bawah, lalu semprot media semai dengan air.
  3. Tunggu sekitar 3 sampai 4 hari sampai kulit biji terangkat dan mulai muncul akar. Di hari ke-7 bibit bunga matahari bisa dipindahkan ke media tanam yang lebih layak.

3. Kalau nggak mau repot-repot menyemai, kamu bisa mencoba cara menanam biji bunga matahari dengan kapas

menanam bunga matahari di kapas | credit: Rural Sprout via in.pinterest.com

Langkah pertama, tentu kamu harus menyiapkan media tanamnya. Cukup basahi kapas dengan air secukupnya lalu tempatkan di wadah penanamnya. Selanjutnya lakukan cara menanam bunga matahari kecil berikut ini.

  1. Benamkan biji bunga matahari di wadah yang sudah berisi kapas lalu beri label untuk memantau pertumbuhannya.
  2. Cara menanam bunga matahari dari kuaci di media kapas ini nggak perlu sering-sering disiram. Cukup dua kali seminggu saja. Pastikan kebutuhan cahaya matahari tercukupi agar perkembangan bunganya lebih cepat.
  3. Gantilah kapas jika bunga matahari terkontaminasi jamur. Kalau benihnya sudah tumbuh, beri papan penyangga agar bunga matahari tumbuh tegak, selanjutnya ganti wadah jika bunga matahari mulai tumbuh besar.
Advertisement

4. Metode di atas juga dapat digunakan sebagai langkah awal untuk memulai cara menanam bunga matahari di pot kecil

bunga matahari di pot | credit: Clifton Chu via pixy.org

Setelah tumbuh benih, bunga matahari bisa dipindahkan ke media tanam pot dengan tanah gembur. Kemudian, lanjutkan langkah di atas dengan cara menanam bunga matahari liar berikut:

  1. Pindahkan benih bunga yang mulai bertunas ke dalam media pot. Selanjutnya tutup kembali benih dengan tanah sebatas pangkal batang.
  2. Siramlah secara rutin tiap pagi dan sore hari agar tanaman cepat berbunga. Taruh juga pot di bawah terik matahari selama 6 sampai 7 jam untuk mempercepat perkembangannya.
  3. Setelah berusia 2 bulan, bunga matahari akan mulai berkuncup dan mekar 2 hari setelahnya.

5. Alternatif lain yakni mencoba cara menanam bunga matahari hidroponik. Eksekusinya semudah cara merawat bunga matahari di vas

pakai metode hidroponik | credit: Hello Homestead via hellohomestead.com

Sebenarnya cara tanam hidroponik hampir sama dengan kapas maupun pot, hanya beda di asupan nutrisinya saja. Selain menyiapkan semainya bibit bunga matahari unggul, kamu juga mesti membuat nutrisi hidroponik AB mix. Caranya dengan mencampurkan masing-masing larutan menggunakan perbandingan 1:2 dengan 1 liter air. Kalau semua siap, langsung lakukan proses tanamnya.

  1. Masukkan benih yang sudah disemai dan muncul daun minimal 4 helai ke dalam pot bersumbu.
  2. Supaya bunga nggak letoi, tempatkan sendok atau penyangga di dalam media tanamnya.
  3. Selanjutnya, letakan pot di atas media yang sudah dilubangi dan berisi cairan nutrisinya, biasanya menggunakan paralon. Kemudian diamkan sampai daun bertambah banyak dan muncul bunga.

Sebenarnya cara menanam bunga matahari apa pun sama-sama butuh kedisplinan dan ketelatenan saat merawatnya. Tapi jangan khawatir, bunga matahari nggak begitu repot kok perawatannya. Selama asupan air dan cahaya mataharinya cukup, bunga akan tumbuh subur dan cepat mekar. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE