Cara Menanam Bunga Mawar dengan Setek Batang pada Umbi Kentang. Banyak yang Nggak Kepikiran!

Cara menanam bunga mawar

Keelokan warna bunga mawar membuat banyak orang tertarik untuk menanamnya di halaman rumah. Apalagi di Indonesia sendiri, bibit bunga mawar cukup mudah ditemukan. Ada dua metode tanam yang biasa dilakukan, yakni cara menanam bunga mawar dari biji dan cara menanam bunga mawar dengan stek batang. Dari kedua metode tersebut, menanam mawar dengan setek batang lebih mudah dilakukan karena nggak melalui proses perendaman biji dan menyemainya.

Advertisement

Untuk mempercepat proses tanam bunga mawar, berikut Hipwee bagikan tips rahasia untuk menanam bunga mawar yang paling mudah. Adalah dengan memanfaatkan umbi kentang sebagai media tanam awalnya. Meski terkesan nggak masuk akal, nyatanya cara ini dapat membuat mawar tumbuh subur dan cepat berbunga.

1. Sama dengan cara menanam bunga mawar di tanah pada umumnya, hal pertama adalah menyiapkan batang mawar terlebih dulu

batang mawar | credit: Church of Hive via churchofhive.com

Karena mau ditanam menggunakan setek batang, maka kamu tak perlu membeli biji bunga mawar sebagai bibitnya. Cukup siapkan satu atau beberapa tangkai bunga mawar yang masih lunak dan diambil dari pertumbuhan baru. Potong batang pada sudut 45 derajat dengan panjang 15 sampai 20 cm. Buang semua daun kecuali dua daun di batang teratas. Sisihkan sementara dan taruh dalam gelas berisi air.

2. Siapkan pula umbi kentang sebagai media tanam awalnya

siapkan kentang | credit: eco-u via www.eco-u.org

Mengutip laman Boredom Therapy, kentang merupakan salah satu tanaman umbi yang memiliki cadangan air cukup banyak sehingga dapat dimanfaatkan untuk menyokong pertumbuhan akar setek batang mawar. Dengan menancapkan setek batang pada kentang, tunas mawar bisa tumbuh lebih cepat dan subur daunnya.

Advertisement

Namun tak semua kentang bisa digunakan dalam menunjang cara menanam bunga mawar agar cepat berbunga. Hanya kentang yang memiliki kadar air tinggilah yang bisa digunakan, misalnya saja kentang putih dan kentang merah. Jadi, pastikan kamu memilih kentang yang benar agar proses penanaman awal nggak sia-sia begitu saja.

3. Berikut cara stek bunga mawar warna warni dengan media kentang

tanam pakai kentang | credit: Boredom Therapy via boredomtherapy.com

Karena merupakan langkah awal supaya mawar cepat berbunga, maka metodenya hampir sama dengan cara menanam bunga mawar dari batangnya. Bedanya nggak ditancapkan di tanah, melainkan pada umbi kentang. Begini langkahnya:

  1. Lubangi kentang dengan menggunakan obeng atau mata bor yang ukurannya sedikit lebih kecil daripada diameter batang mawar.
  2. Celup ujung batang mawar ke dalam hormon pertumbuhan akar, lalu tancapkan ke dalam kentang, tapi jangan didorong sampai habis.
  3. Setelah selesai, semprot air secara berkala sampai mulai tumbuh tunas baru di bagian batangnya.
Advertisement

4. Tanamlah kentang berisi setek batang mawar di tanah pekarangan yang lebih luas layaknya cara menanam bunga mawar di pot pada umumnya

tanam kentang dan setek batang | credit: The Spruce via www.thespruce.com

Karena fungsi kentang hanyalah untuk menjaga kesuburan dan mempercepat pertumbuhan tunas, maka setelah bertunas kentang beserta setek batang mesti dipindahkan ke lahan yang lebih luas. Tujuannya agar akar mawar bisa makin menjalar. Sama dengan cara menanam bunga mawar dari benih, cukup benamkan kentang berisi setek batang mawar ke dalam tanah dengan kedalaman 3 inci. Usahakan jangan terlalu dalam supaya akar mawar bisa berkembang.

5. Lakukan perawatan rutin sebagaimana cara menanam bunga mawar dengan baik dan benar

perawatan mawar | credit: gardeningknowhow via www.gardeningknowhow.com

Siramlah mawar sesuai kebutuhan. Jangan terlalu banyak agar airnya nggak menggenang dan membusukkan akarnya. Pastikan kamu juga rajin memangkas daun dan rantingnya. Karena jika ada daun dan ranting yang busuk atau kering, maka akan menyebar ke bagian lainnya.

Cara memotongnya juga harus hati-hati, ya! Gunakan gunting steril dan potong lurus agar tak menimbulkan kebusukan lainnya. Jangan lupa, setiap satu bulan sekali tanaman mawar juga mesti diberi pupuk dan semprotan hawa agar tumbuh subur dan cantik.

6. Untuk berjaga-jaga, siapkan penyangga barangkali bunga mawarmu tumbuh merambat

beri penyangga | credit: Дмитрий Хрусталев-Григорьев via unsplash.com

Walau tak semua mawar tumbuh merambat, namun ada baiknya jika kamu berjaga-jaga. Semakin tinggi mawar, biasanya makin letoi juga batangnya. Makanya biar nggak gampang patah, buatlah penyangga dengan menggunakan batang bambu atau ranting kayu yang saling dikaitkan. Anggaplah salah satu langkah dalam cara menanam bunga mawar rambat ini sebagai tindakan preventif meski kamu sebenarnya menerapkan cara menanam bunga mawar di pot kecil. Daripada mawarnya ambruk, kan sayang juga.

Mudah sekali bukan cara menanam bunga mawar dengan tangkainya? Jika dibandingkan dengan menggunakan media tanam mawar dengan sekam, cara ini sudah pasti lebih mudah. Selama rutin dirawat dan rajin dipangkas, mawar akan terus berbunga dan subur daunnya.

Selain mawar, Hipwee sudah pernah membahas tentang cara menanam bunga anggrek maupun cara menanam bunga matahari di media tanah. Selamat mencoba, ya!

Gelombang resesi mulai menghampiri, bagaimana kalian mempersiapkan diri menghadapinya? Isi survei berikut ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE