Cara Mudah Menanam Kaktus di Dalam Pot. Cocok untuk Dekorasi Rumah

Kaktus merupakan tanaman berbunga dari famili Cactaceae yang kerap ditemukan di daerah gurun dengan kondisi udara yang panas dan kering. Saat ini, banyak masyarakat yang menjadikan kaktus sebagai tanaman hias untuk diletakkan di dalam ruangan. Selain mudah untuk dirawat, tanaman kaktus juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Advertisement

Bahkan menanam kaktus di dalam pot juga bisa digunakan sebagai bagian dari dekorasi rumah serta dapat membantu menjernihkan udara dalam ruangan, lo. Jika SoHip tertarik untuk menanamnya, kamu bisa menggunakan dua cara, yakni dengan menggunakan biji kaktus atau menggunakan cara setek.

Cara menanam kaktus di dalam pot

menanam kaktus dalam pot

Menanam kaktus | Foto oleh ANTONI SHKRABA dari Paxels

Ada dua cara menanam kaktus di dalam pot, kamu boleh memilih salah satu caranya

Ada dua macam cara untuk menanam kaktus di dalam pot, yakni menanam dengan biji dan menanam dengan cara setek. Kedua cara tersebut dinilai cukup mudah dilakukan, tetapi  sejatinya tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak mengalami kesalahan dalam penanaman.

Advertisement

1. Cara menanam kaktus dalam pot dari biji

Ketika kamu memilih untuk menanam kaktus dari biji atau benih, maka kamu perlu kesabaran yang ekstra sebab akan memakan waktu berbulan-bulan untuk membuat biji kaktusmu berkecambah. Jangan sedih, kamu tetap bisa memangkas waktu tersebut dengan menggunakan media tanam dan pupuk organik terbaik sehingga kaktus dapat tumbuh lebih cepat.

Untuk menanam kaktus, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan dan alat berikut:

Advertisement
  • Biji kaktus
  • Pot plastik dan pot terakota
  • Kompos bebas pengeringan
  • Vermikulit atau pasir halus
  • Garpu atau sendok
  • Pinset
  • Kerikil

Langkah menanam kaktus dari biji:

  1. Isi pot dengan kompos yang lembab, berpasir, serta kering kemudian ratakan.
  2. Sebarkan biji kaktus di atas permukaan kompos.
  3. Taburkan sedikit vermikulit di atas biji kaktus yang telah disebarkan sebelumnya hingga menutupi seluruh permukaan kompos.
  4. Letakkan pot yang telah terisi biji kaktus di ambang jendela rumah yang hangat, kemudian tutup dengan kantong plastik bening guna menjaga kelembapan tanah.
  5. Setelah beberapa minggu, biji kaktus mulai berkecambah. Ketika akan menyiram biji kaktus, siramlah menggunakan air dengan cara menyemprotkan ke permukaan kompos yang kering dengan teratur agar tetap lembap.
  6. Ketika biji kaktus telah tumbuh, pindahkan kaktus ke pot lain dengan menggunakan garpu atau sendok.
  7. Letakkan kaktus ke dalam pot yang telah diisi oleh kompos berpasir. Untuk memastikan letak kaktus tidak miring, kamu bisa menggunakan pinset untuk mengatur letaknya.
  8. Tambahkan kerikil hias di sekitar tanaman kaktus, lalu letakkan di tempat yang cerah dengan akses sinar matahari yang cukup.

Tanaman kaktusmu telah siap, kamu tak perlu sering-sering untuk menyiraminya. Tetapi tetap harus memperhatikannya dengan rutin memeriksa media tanam dan tambahkan jumlah air setiap 15 atau 20 hari sekali.

2. Cara menanam kaktus dalam pot dengan teknik setek

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menanam kaktus di dalam pot adalah dengan setek.

Langkah menanam kaktus dalam pot dengan cara setek:

  1. Pilih batang kaktus dewasa yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua
  2. Potong batang kaktus dengan panjang minimal 5 cm
  3. Angin-anginkan batang kaktus selama 7-10 hari agar lukanya mengering
  4. Tanam batang kaktus ke media tanam yang telah dipersiapkan. Tancapkan setek dengan kedalaman yang cukup agar tanaman dapat berdiri tegak tanpa penopang.

Setelah tertanam di dalam pot, kamu bisa menyiram kaktus setiap minggu. Jangan menyiramnya terlalu banyak apalagi sampai terendam air, sebab bisa merusak tanaman kaktusmu. Cukup basahi setek secara ringan dengan cara menyemprotnya jika dirasa tanah dalam pot terasa kering.

Agar tanaman kaktusmu cepat tumbuh, letakkanlah di ambang jendela yang memiliki lokasi terang, tetapi tidak terpapar sinar matahari secara langsung, ya.

Bagaimana nih SoHip, berniat untuk menanam kaktus juga? Gas saja, sebab tanaman kaktus memiliki banyak manfaat dari segi kesehatan dan segi estetika. Tetapi, jika kamu sudah menanam kaktus berarti kamu juga memiliki tanggung jawab untuk merawatnya, lo!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE