7 Cara Mengatasi Laptop Lemot Saat Internetan

Jangan sampai dibiarin aja, nanti laptopmu beneran rusak

5. Lakukan juga defragmentasi hardisk karena membersihkan file sampah pun nggak cukup 

defragmentasi hardisk | credit: Wikihow

Defragmentasi hardisk dapat membuat file kembali ke tempat semula dan membuat ruangan penyimpanan hardisk jadi lebih longgar. Tak cuma ketika internetan saja, metode ini bahkan sering digunakan cara mengatasi laptop lemot saat dihidupkan lo! Nah, begini langkah mudah melakukan defragmentasi hardisk.

Advertisement
  1. Masuk ke menu Control Panel, lalu pilih Defragment and Optimize Drivers.
  2. Klik drive yang mau ditata, lalu lakukan tahap ‘analyze’ dan juga ‘optimize file’. Tunggu hingga proses selesai dan secara otomatis kinerja laptopmu akan sedikit lebih cepat.

6. Alternatif lain ialah dengan memakai cooling pad

pakai cooling pad | credit: Pinterest

Karena bekerja terlalu keras, laptop akan mengalami over heat dan membuat performanya menurun. Untuk meminimalisir kemungkinan tersebut, tambahkan aksesori seperti cooling pad atau kipas tambahan supaya suhu laptop tetap terjaga.

Selain cooling pad, kamu juga dapat menggunakan vacuum cooler untuk menyedot udara panas sehingga suhu laptop akan tetap ini. Trik sepele ini dapat digunakan sebagai cara mengatasi laptop lemot Acer milikmu yang sudah dipakai cukup lama lo!

Advertisement

7. Jangan lupa matikan laptop setelah digunakan

shutdown laptop | credit: medcom

Nggak cuma bikin boros listrik, laptop yang dibiarkan menyala bahkan dalam mode sleep maupun hibernate sepanjang waktu ternyata juga akan memengaruhi performanya. Lambat laun hal ini bisa membuat laptop jadi lemot dan sering hang.

Kalau mau laptopmu awet dan kinerjanya oke terus, segera shutdown laptop setelah digunakan. Dengan mematikan laptop secara penuh, hardware akan benar-benar beristirahat meski hanya beberapa jam saja. Selain itu, mematikan laptop setelah digunakan juga akan membantu proses perbaruan Windows secara berkala lo!

Kamu juga dapat menggunakan cara mengatasi laptop lemot dengan run jika kondisinya nggak belum membaik. Tapi kalau dengan run atau command prompt laptop masih juga lemot, mau nggak mau kamu kudu uninstall Windows-nya.

Jangan khawatir sekalipun kudu install ulang Windows, file penting tetap bisa diselamatkan selama nggak disimpan di drive C atau drive untuk program laptopnya. Semoga membantu, ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE