7 Cara Mengatasi Laptop Lemot Saat Internetan

Jangan sampai dibiarin aja, nanti laptopmu beneran rusak

Kendala laptop lemot bisa dialami kapan saja, entah saat booting atau saat memulai program hingga ketika sedang internetan. Laptop lemot saat sedang internetan memang menyebalkan. Selain bikin over heat atau cepat panas, hal ini juga dapat menyebabkan laptop tiba-tiba nge-hang alias nggak mau buka aplikasi apa pun.

Advertisement

Penyebabnya bisa macam-macam, seperti adanya malware atau virus dari situs yang dikunjungi serta berinternet sambil membuka banyak aplikasi maupun tab windows. 

Beda dengan cara mengatasi laptop lemot karena hardisk yang mesti mengganti hardisk-nya dengan kapasitas lebih besar, cara mengatasi laptop lemot saat internetan cenderung lebih simpel dan nggak serumit itu. Bahkan kamu dapat menjajal cara mengatasi laptop lemot tanpa aplikasi dengan memanfaatkan program atau ‘pembersihan’ dari Windows bawaannya.

Nah, daripada kesal karena laptop tiba-tiba lemot, berikut cara mengatasi laptop hang saat internetan. Nggak seribet cara mengatasi laptop lemot dengan temp ataupun cara mengatasi laptop lemot dengan cmd kok. Yuk, simak!

Advertisement

Penting untuk mengetahui penyebabnya supaya dapat melakukan tindak pencegahan

laptop saat internetan | credit: Return on Content

Ada beberapa faktor penyebab laptop lemot saat internetan, berikut beberapa di antaranya:

  1. Terlalu banyak plug-ins atau add-ons yang terpasang dan membuat browser jadi terbebani serta memperlambat kinerjanya.
  2. Membuka banyak tab di browser juga bisa memicu laptop lemot karena menguras cukup banyak RAM. Terlebih jika situs yang dibuka memiliki fitur auto refresh.
  3. Browser yang nggak pernah diperbarui dan memiliki banyak bug rentan mengalami crash atau hang tiba-tiba.
  4. Adanya malware atau virus baik dari situs yang dibuka maupun bawaan laptop.
  5. Script dari web yang corrupt dapat membuat prosesor laptop terus memproses permintaan web yang secara nggak langsung bikin laptop jadi lemot.
  6. Multitasking atau membuka banyak aplikasi juga dapat menyebabkan laptop lemot.

Nikmati konten menarik seputar teknologi: 5 Panduan Praktis Bergabung ke Dunia Metaverse. Butuh Apa Aja?

Berikut cara mengatasi laptop lemot tanpa instal ulang dengan memanfaatkan program dari sistem Windows dan aplikasi yang ada

1. Pasang dan scan antivirus secara berkala

Advertisement

scan antivirus | credit: Windows Report

Metode yang cukup manjur sebagai cara mengatasi laptop lemot Windows 10 ini juga berlaku untuk memperbaiki laptop lemot saat internetan. Tapi cukup gunakan satu anti virus saja supaya sistem nggak berat membacanya.

Nah, biar lebih efektif, kamu mesti melakukan scanning secara rutin apalagi jika tiap hari terhubung dengan jaringan internet. Pastikan fitur automatic scan sudah dimatikan supaya antivirus nggak berjalan di background dan bikin laptop tambah lemot.

2. Kurangi multitasking dan perhatikan penggunaan aplikasi yang sedang berjalan

kurangi multitasking | credit: Windows Central

Kebanyakan membuka aplikasi atau multitasking dapat membuat browser mudah mengalami crash karena masih memproses program yang sebelumnya masih berjalan di latar belakang. Untuk itu, baiknya kurangi aplikasi yang dibuka dan berjalan di latar belakang terlebih jika prosesor laptopmu masih rendah. Hal ini pun berlaku pada tab mention yang dibuka di browser, ya!

Untuk mempermudah pengecekan aplikasi yang berjalan, kamu dapat membuka menu Task Manager. Begini caranya:

  1. Tekan kombinasi keyboard CTRL+Alt+Del, kemudian pilih Task Manager.
  2. Di menu ini akan terlihat aplikasi apa saja yang berjalan di latar belakang. Jika dirasa ada aplikasi nggak penting yang bisa dinonaktifkan, klik di aplikasinya lalu tekan ‘end task’.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE