7 Cara Mengatasi Laptop Lemot Saat Internetan yang Bikin Nge-Hang. Bye-bye, Not Responding~

Cara mengatasi laptop lemot

Kendala laptop lemot bisa dialami kapan saja, entah saat booting atau saat memulai program hingga ketika sedang internetan. Laptop lemot saat sedang internetan memang menyebalkan. Selain bikin over heat atau cepat panas, hal ini juga dapat menyebabkan laptop tiba-tiba nge-hang alias nggak mau buka aplikasi apa pun. Penyebabnya bisa macam-macam, seperti adanya malware atau virus dari situs yang dikunjungi serta berinternet sambil membuka banyak aplikasi maupun tab windows. 

Advertisement

Beda dengan cara mengatasi laptop lemot karena hardisk yang mesti mengganti hardisk-nya dengan kapasitas lebih besar, cara mengatasi laptop lemot saat internetan cenderung lebih simpel dan nggak serumit itu. Bahkan kamu dapat menjajal cara mengatasi laptop lemot tanpa aplikasi dengan memanfaatkan program atau ‘pembersihan’ dari Windows bawaannya. Nah, daripada kesal karena laptop tiba-tiba lemot, berikut cara mengatasi laptop hang saat internetan. Nggak seribet cara mengatasi laptop lemot dengan temp ataupun cara mengatasi laptop lemot dengan cmd kok. Yuk, simak!

Penting untuk mengetahui penyebab laptop lemot saat dipakai internetan supaya dapat melakukan tindak pencegahan. Metode ini pun sebenarnya sama saja dengan cara mengatasi laptop lemot pada Windows 10 ataupun Windows lainnya

laptop saat internetan | credit: Return on Content via www.linkedin.com

Ada beberapa faktor penyebab laptop lemot saat internetan, berikut beberapa di antaranya:

  1. Terlalu banyak plug-ins atau add-ons yang terpasang dan membuat browser jadi terbebani serta memperlambat kinerjanya.
  2. Membuka banyak tab di browser juga bisa memicu laptop lemot karena menguras cukup banyak RAM. Terlebih jika situs yang dibuka memiliki fitur auto refresh.
  3. Browser yang nggak pernah diperbarui dan memiliki banyak bug rentan mengalami crash atau hang tiba-tiba.
  4. Adanya malware atau virus baik dari situs yang dibuka maupun bawaan laptop.
  5. Script dari web yang corrupt dapat membuat prosesor laptop terus memproses permintaan web yang secara nggak langsung bikin laptop jadi lemot.
  6. Multitasking atau membuka banyak aplikasi juga dapat menyebabkan laptop lemot.
Advertisement

Berikut cara mengatasi laptop lemot tanpa instal ulang dengan memanfaatkan program dari sistem Windows dan aplikasi yang ada

1. Pasang dan scan antivirus secara berkala

scan antivirus | credit: Windows Report via windowsreport.com

Metode yang cukup manjur sebagai cara mengatasi laptop lemot Windows 10 ini juga berlaku untuk memperbaiki laptop lemot saat internetan. Tapi cukup gunakan satu anti virus saja supaya sistem nggak berat membacanya. Nah, biar lebih efektif, kamu mesti melakukan scanning secara rutin apalagi jika tiap hari terhubung dengan jaringan internet. Pastikan fitur automatic scan sudah dimatikan supaya antivirus nggak berjalan di background dan bikin laptop tambah lemot.

Advertisement

2. Kurangi multitasking dan perhatikan penggunaan aplikasi yang sedang berjalan

kurangi multitasking | credit: Windows Central via www.windowscentral.com

Kebanyakan membuka aplikasi atau multitasking dapat membuat browser mudah mengalami crash karena masih memproses program yang sebelumnya masih berjalan di latar belakang. Untuk itu, baiknya kurangi aplikasi yang dibuka dan berjalan di latar belakang terlebih jika prosesor laptopmu masih rendah. Hal ini pun berlaku pada tab mention yang dibuka di browser, ya!

Untuk mempermudah pengecekan aplikasi yang berjalan, kamu dapat membuka menu Task Manager. Begini caranya:

  1. Tekan kombinasi keyboard CTRL+Alt+Del, kemudian pilih Task Manager.
  2. Di menu ini akan terlihat aplikasi apa saja yang berjalan di latar belakang. Jika dirasa ada aplikasi nggak penting yang bisa dinonaktifkan, klik di aplikasinya lalu tekan ‘end task’.

3. Uninstall plug-ins atau add-ons nggak penting yang ada di browser

nonaktifkan ekstensi | credit: Life Wire via www.lifewire.com

Add-ons atau program ektensi di browser dapat memberatkan kinerja prosesor dan membuat laptop jadi lemot jika diinstal terlalu banyak. Sebelum tiba-tiba browser-mu keluar sendiri atau laptop jadi hang, uninstall beberapa ekstensi yang sekiranya nggak perlu. Tapi kalau ternyata yang dipasang ialah ekstensi yang dibutuhkan, kamu bisa disable beberapa add-ons yang jarang dipakai. Berikut cara mudah menghapus dan atau menonaktifkannya.

  1. Buka Chrome atau browser yang digunakan, lalu klik tanda titik tiga di pojok kanan atas.
  2. Pilih menu More Tools lalu klik Extensions. Geser centang ke kiri untuk menonaktifkan, atau klik Remove jika mau langsung dihapus.

4. Hapus junk file dan lakukan hapus data secara berkala

hapus file sampah | credit: Business Insider via www.businessinsider.com

Sama dengan virus atau malware, file sampah juga mesti dibersihkan lebih rutin supaya nggak menumpuk dan bikin laptop jadi makin lemot. Langkah pertama, kamu dapat membersihkan file sampah dari dalam browser dulu.

Buka Chrome atau Mozilla Firefox, klik Setting dan pilih Clear History atau Clear Cache.

Nah, yang kedua yakni membersihkan seluruh file sampah dengan menggunakan Windows Clean Up. Langkahnya sama dengan cara mengatasi laptop lemot Windows 8 ataupun cara mengatasi laptop lemot windows 7.

  1. Masuk ke menu Properties, lalu buka tools Windows Disk Clean Up.
  2. Pilih Disk Clean lalu sortir file apa saja yang sekiranya mesti dihapus. Jika sudah, klik Ok dan tunggu proses pembersihan berjalan. Selesai.

5. Lakukan juga defragmentasi hardisk karena membersihkan file sampah pun nggak cukup 

defragmentasi hardisk | credit: Wikihow via id.wikihow.com

Defragmentasi hardisk dapat membuat file kembali ke tempat semula dan membuat ruangan penyimpanan hardisk jadi lebih longgar. Tak cuma ketika internetan saja, metode ini bahkan sering digunakan cara mengatasi laptop lemot saat dihidupkan lo! Nah, begini langkah mudah melakukan defragmentasi hardisk.

  1. Masuk ke menu Control Panel, lalu pilih Defragment and Optimize Drivers.
  2. Klik drive yang mau ditata, lalu lakukan tahap ‘analyze’ dan juga ‘optimize file’. Tunggu hingga proses selesai dan secara otomatis kinerja laptopmu akan sedikit lebih cepat.

6. Alternatif lain ialah dengan memakai cooling pad

pakai cooling pad | credit: Pinterest via id.pinterest.com

Karena bekerja terlalu keras, laptop akan mengalami over heat dan membuat performanya menurun. Untuk meminimalisir kemungkinan tersebut, tambahkan aksesori seperti cooling pad atau kipas tambahan supaya suhu laptop tetap terjaga. Selain cooling pad, kamu juga dapat menggunakan vacuum cooler untuk menyedot udara panas sehingga suhu laptop akan tetap ini. Trik sepele ini dapat digunakan sebagai cara mengatasi laptop lemot Acer milikmu yang sudah dipakai cukup lama lo!

7. Jangan lupa matikan laptop setelah digunakan

shutdown laptop | credit: medcom via m.medcom.id

Nggak cuma bikin boros listrik, laptop yang dibiarkan menyala bahkan dalam mode sleep maupun hibernate sepanjang waktu ternyata juga akan memengaruhi performanya. Lambat laun hal ini bisa membuat laptop jadi lemot dan sering hang. Kalau mau laptopmu awet dan kinerjanya oke terus, segera shutdown laptop setelah digunakan. Dengan mematikan laptop secara penuh, hardware akan benar-benar beristirahat meski hanya beberapa jam saja. Selain itu, mematikan laptop setelah digunakan juga akan membantu proses perbaruan Windows secara berkala lo!

Kamu juga dapat menggunakan cara mengatasi laptop lemot dengan run jika kondisinya nggak belum membaik. Tapi kalau dengan run atau command prompt laptop masih juga lemot, mau nggak mau kamu kudu uninstall Windows-nya. Jangan khawatir sekalipun kudu instal ulang Windows, file penting tetap bisa diselamatkan selama nggak disimpan di drive C atau drive untuk program laptopnya. Semoga membantu, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE