6 Cara Mengatasi Saluran Paralon Mampet karena Berbagai Kotoran

Cara mengatasi saluran paralon mampet

Siapa sih yang nggak kesal saat bersih-bersih tiba-tiba saluran paralon mampet? Masalah seperti ini memang cukup tricky dan membuat kita putar otak untuk mengatasinya. Siapa saja pasti akan dibuat kesal ketika paralon yang harusnya dialiri air dengan lancar justru tersumbat oleh berbagai kotoran. Apalagi paralon yang tersumbat biasanya merupakan saluran pembuangan kotoran, sehingga bisa menimbulkan bau tak sedap.

Advertisement

Saluran paralon yang mampet biasanya karena tertutup lumut, tanah, bahkan sampah plastik yang nggak bisa diguyur begitu saja. Untuk mengatasi masalah ini, butuh cara khusus dan harus menyesuaikan kondisi paralon dan penyebab penyumbatan. Sebab, nggak semua masalah paralon mampet bisa diatasi dengan cara yang sama. Berikut beberapa cara mengatasi paralon mampet dengan alat dan bahan sederhana yang bisa kamu coba.

1. Cara mengatasi paralon mampet karena endapan sabun dan lumut yang membandel menggunakan air panas

Cara mengatasi saluran paralon mampet

water tap with hot water steam

Pada saluran paralon di kamar mandi, wastafel atau buangan air lainnya, endapan sabun dan lumut cukup sering menjadi memicu penyumbatan. Cara mengatasi paralon mampet seperti ini cukup mudah, kamu hanya perlu menyiram saluran paralon menggunakan air panas. Usahakan air benar-benar panas atau mendidih sehingga lumut bisa mati dan endapan sabun bisa lepas dan larut dalam air.

Proses penyiraman nggak cukup sekali, ya. Lakukan penyiraman sedikit demi sedikit kemudian diamkan beberapa saat, lalu siram lagi. Kemudian aliri saluran dengan air dari selang yang kencang. Cara ini juga bisa dilakukan secara berkala tanpa menunggu paralon tersumbat ya, supaya endapan lumut dan kotoran nggak sampai terlalu tebal.

Advertisement

2. Mengatasi saluran paralon mampet menggunakan baking soda, cuka dan air panas untuk merontokkan kotoran

Cara mengatasi saluran paralon mampet

Baking soda dan cuka | Credit by cndtrvlgrl on Depositphotos

Baking soda selain digunakan untuk bahan pengembang pada makanan, juga merupakan salah satu bahan yang sering dimanfaatkan untuk menghilangkan noda membandel. Sifatnya yang basa akan bereaksi secara aktif dengan cuka yang bersifat asam. Campuran kedua bahan ini bisa merontokkan kotoran yang menempel di dinding paralon, lo. Berikut cara mengatasi paralon mampet menggunakan baking soda dan cuka:

  • Campurkan 2-4 sendok baking soda ke dalam 1 liter air panas, lalu aduk rata.
  • Masukkan satu sendok baking soda ke dalam pipa diikuti campuran air panas dan baking soda tadi.
  • Tutup pipa menggunakan karet penutup, diamkan selama 10 menit.
  • Sambil menunggu, buat lagi campuran air panas dan baking soda dengan takaran yang sama.
  • Buka penutup karet, masukkan 1 botol cuka ukuran sedang, lalu diikuti campuran air panas dan baking soda. Cara ini akan  menimbulkan buih pada paralon.
  • Bilas terakhir menggunakan air panas hingga buih menghilang.

3. Gunakan kawat besi untuk membersihkan saluran paralon yang melengkung dan mampet karena timbunan kotoran atau sampah

Advertisement
Cara mengatasi saluran paralon mampet

Male Plumber Cleaning Clogged Sink Pipe In Kitchen

Jika saluran paralon mampet karena timbunan sampah, maka perlu dorongan atau alat khusus untuk mendorong kotoran, sehingga nggak macet di dalam saluran. Gunakanlah kawat besi atau bekas kabel yang lumayan kaku untuk membersihkan kotoran yang menyumbat paralon.

Cara ini bisa kamu lakukan pada paralon yang melengkung, karena kawat bisa mengikuti bentuk paralon untuk mendorong kotoran. Caranya pun cukup mudah, tinggal masukkan kawat pada saluran paralon, lakukan gerakan memutar dan mendorong kotoran. Sembari dimasuki kawat, aliri pipa dengan air yang deras untuk membantu mendorong kotoran agar lebih mudah keluar.

4. Jika paralon berbentuk lurus, gunakan pasir kasar untuk membantu mendorong kotoran yang menyumbat

Cara mengatasi saluran paralon mampet

Construction worker shoveling dirt, shoveling ground. Worker with shovel. Selective focus.

Jika pipa yang tersumbat berbentuk lurus tanpa belokan, maka masukkan beberapa genggam pasir kasar kedalam pipa. Kemudian dorong dengan aliran air yang kencang, misalnya dengan selang kompresor atau alat pendorong saluran mampet. Pasir kasar memiliki masa yang berat sehingga mampu menambah dorongan air pada kotoran yang menyumbat paralon.

5. Gunakan soda api untuk menghancurkan kotoran penyebab paralon mampet

Cara mengatasi saluran paralon mampet

Soda api | Credit by Shopee

Cara mengatasi pipa mampet dengan soda api cukup mudah dan efektif. Soda api atau Natrium hidroksida merupakan bahan kimia yang bersifat korosif atau merusak jaringan. Bahan ini mampu menghancurkan kotoran berupa lumut, rambut, bakteri dan kotoran lain yang menyumbat pipa. Berikut cara mengatasi pipa tersumbat dengan soda api.

  • Tuangkan soda api pada saluran paralon sedikit demi sedikit menyesuaikan besar paralon, kemudian masukkan air panas.
  • Tunggu sekitar 10-15 menit kemudian ulangi langkah pertama lagi sampai 3 kali.
  • Diamkan selama 5-6 jam supaya soda api bekerja dengan baik. Setelah itu baru aliri lagi dengan air keran yang kencang untuk mendorong kotoran keluar.

Perlu diingat jika mengatasi saluran paralon yang mampet menggunakan soda api, kamu harus menggunakan sarung tangan dan pelindung wajah dan mata. Sebab, cipratan air panas dan soda api bisa membuat kulit iritasi bahkan melepuh, jadi harus hati-hati, ya! Selain menggunakan soda api, kamu juga bisa membeli cairan pembersih paralon tersumbat yang biasanya dijual di toko besi.

6. Gunakan alat penyedot kotoran atau plunger pada saluran paralon yang mampet

Cara mengatasi saluran paralon mampet

Plunger | Credit by Andrey Popov on Depositphotos

Satu alat yang cukup krusial dan harus dimiliki jika saluran paralon dirumah sering mampet adalah plunger. Alat penyedot kotoran yang terbuat dari karet ini mampu menghalangi udara masuk ke dalam paralon lalu saat ditarik akan membuat kotoran ikut tertarik sehingga air bisa mengalir lagi dengan lancar.

Saat menggunakan plunger, usahakan keran menyala sehingga saat tongkatnya ditarik dan kotoran terangkat, air langsung bisa menerobos masuk dan membawa kotoran keluar dari saluran dengan kencang. Cara ini bisa dilakukan pada paralon yang tersumbat tanah atau sampah, tapi nggak bisa membersihkan lumut-lumut pada dinding paralon.

Selain bisa mengatasi saluran paralon yang mampet, penggunaan baking soda, cuka, air panas dan soda api bisa dilakukan secara berkala meski sedang nggak mampet. Hal ini karena bahan tersebut bisa merontokkan kotoran sehingga nggak mengendap pada saluran paralon. Nah, sekarang nggak perlu bingung lagi deh kalau tiba-tiba paralon mampet, selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE