6 Tips Memulai Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik. Sering Diremehkan, Padahal Omzetnya Lumayan

Daur ulang sampah

Di Indonesia, masih banyak orang yang membuang sampah nggak pada tempatnya, terutama sampah plastik yang butuh waktu ratusan tahun untuk hancur di dalam tanah. Ada juga yang sudah bisa membuang dan mengelola, tapi dengan cara dibakar. Kalau sampah organik sih nggak apa-apa, kalau sampah anorganik seperti plastik, karet, atau bahan-bahan olahan lainnya, asapnya justru membahayakan kesehatan lo!

Advertisement

Bersyukurlah kita masih punya para pengepul sampah yang sedikit banyak sudah membantu mengelola sampah atau barang bekas yang nggak terbengkalai. Tahu nggak sih, selain menyelamatkan lingkungan, mengumpulkan sampah atau lebih tepatnya daur ulang sampah ini juga bisa jadi bisnis yang menggiurkan lo. Kok bisa sih kegiatan yang dianggap jorok ini justru bisa menghasilkan keuntungan?

Daur ulang sampah adalah sebuah cara untuk mengelola sampah atau barang bekas agar dapat digunakan kembali, menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai sehingga bisa diperjualbelikan lagi. Baik daur ulang sampah organik maupun daur ulang sampah anorganik, keduanya sama-sama bisa dijadikan bisnis yang menjanjikan, terlebih manfaatnya bagi lingkungan. Bisnis daur ulang sampah plastik terbilang minim risiko dan mudah diterapkan. Agar sukses, berikut tips memulai usaha daur ulang sampah plastik.

1. Siapkan modal yang cukup untuk membeli plastik bekas yang bisa didaur ulang dari para pemulung. Juga untuk kelancaran bisnis ke depannya

modal | credit: entrepreneurcamp.id via entrepreneurcamp.id

2. Pastikan kamu punya lahan yang luas untuk tempat penyimpanan limbah plastik bekas dan hasil biji plastiknya. Tempat ini juga yang akan dijadikan sebagai tempat penyortiran jenis plastik dengan jenis pengolahan yang berbeda

lahan luas | credit: realoka via www.realoka.com

3. Siapkan timbangan dan mesin penggiling plastik untuk mengolah limbah plastik menjadi biji plastik. Untuk awalan, gunakan mesin penggiling dengan kapasitas cukup saja, jangan terlalu memaksakan, yang penting usaha bisa jalan

beli mesin pencacah plastik | credit: astromesin via astromesin.com

4. Pelajari dan pahami berbagai metode daur ulang sampah plastik, mulai dari pengolahan hingga pengelolaan modalnya biar arus kas tetap lancar. Perbanyak belajar dan bertukar pikiran dengan para pelaku bisnis serupa

rajin mempelajari | credit: generali via www.generali.co.id

5. Rekrut beberapa karyawan yang bertugas untuk membersihkan, menyortir, dan mengolah plastik bekas. Nggak perlu banyak-banyak, asal bisa mencukupi kebutuhan SDM usahamu saja

pekerjakan karyawan | credit: nationalgeographic.grid.id via nationalgeographic.grid.id

6. Mencari koneksi pengepul sampah plastik dan pembeli biji plastik sebanyak mungkin untuk diajak bekerja sama, perusahaan pembuat plastik, misalnya. Asalkan pengolahan biji plastikmu rapi dan bersih, tentu mitramu akan memberi harga yang lebih bagus

kerja sama dengan pelaku usaha plastik | credit: republika via republika.co.id

Kira-kira begini alur daur ulang sampah plastik yang benar, dari limbah hingga menjadi biji plastik siap jual

Advertisement

sampah plastik sebelum diolah | credit: mesinpencacahplastik.id via mesinpencacahplastik.id

  1. Bersihkan plastik dari berbagai kotoran seperti kertas, label plastik, ataupun bagian lain yang masih melekat. Cara membersihkannya bisa dengan pisau cutter, lalu cuci hingga bersih.
  2. Pipihkan plastik, bisa dengan cara diinjak atau menggunakan mesin pres.
  3. Masukkan plastik ke dalam mesin penggiling plastik.
  4. Pilah serpihan plastik yang telah remuk berdasarkan jenisnya (ada yang mengapung dan tenggelam di air).
  5. Pisahkan sesuai jenisnya lalu masukkan ke dalam mesin pelebur.
  6. Terakhir, helaian plastik yang dihasilkan dari mesin pelebur dipotong dengan mesin pelet sesuai permintaan. Hasilnya inilah yang disebut biji plastik.

Jenis-jenis plastik dalam bisnis daur ulang sampah plastik. Masing-masing nilai jualnya berbeda lo!

Advertisement

Nggak semua jenis plastik bisa didaur ulang. Berikut beberapa jenis plastik yang bisa didaur ulang dan dibuat menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat.

1. Polietilena Tereftalat (PET)

plastik PET | credit: katadata via republika.co.id

Plastik ini terbuat dari minyak mentah dan umumnya berwarna jernih atau tembus pandang. Produk yang paling banyak menggunakan plastik PET adalah air mineral, air minum kemasan, jus buah dan sebagian besar botol plastik sekali pakai lainnya. Ciri-cirinya adalah terdapat kode 1 di bawah botolnya.

2. High Density Polyethylene (HDPE)

plastik HDPE | credit: dinlh.slemankab.go.id via dinlh.slemankab.go.id

Jenis plastik HDPE kerap digunakan pada botol oli, deterjen, atau produk makanan kemasan karena teksturnya lebih keras dan kuat. Selain itu, galon, tas kresek, dan dot susu juga menggunakan jenis plastik ini karena sifatnya tahan suhu tinggi. Cirinya biasanya nggak berbintik, nggak bau, dan nggak gampang jebol.

3. Polyvinyl Chloride (PVC)

plastik PVC | credit: The Spruce via www.thespruce.com

Jenis plastik ini adalah yang paling susah didaur ulang karena terbilang stabil dan tahan cuaca, elektrik, dan bahan kimia. Biasanya digunakan untuk konstruksi bangunan dan pipa air.

4. Low Density Polyethylene (LDPE)

plastik LDPE | credit: s9un via s9un.wordpress.com

Jenis plastik ini biasanya bertekstur lembek dan dipakai untuk tempat makanan. Kode ini masih bisa didaur ulang, namun nggak bisa dihancurkan.

5. Polypropylene (PP)

plastik PP | credit: autoglopedia via s9un.wordpress.com

Jenis PP sangat kuat dan tahan terhadap kimia dan titik lelehnya tinggi. Biasanya jenis ini dipakai untuk botol bayi, makanan, botol minum dan lainnya. Plastik ini kalau didaur ulang nanti akan jadi casing baterai, sikat, sapu, dan lain-lain.

6. Polystyrene (PS)

plastik PS via id.pinterest.com

Umumnya digunakan sebagai bahan utama stirofoam, tempat minum sekali pakai, karton tempat telur, tempat CD, dan sebagainya.

7. Other

other | credit: hebrongoesgreen via www.hebrongoesgreen.com

Jenis plastik ini nggak termasuk dari enam golongan di atas, dan terbuat dari lebih dari satu jenis resin.

Manfaat daur ulang sampah bagi manusia dan lingkungan

1. Mengatasi pencemaran lingkungan dan melindungi kesehatan dengan meminimalisir sistem pembakaran atau landfill

mengurangi polusi via www.klikdokter.com

Karena sampah plastik sangat sulit terurai dalam tanah, maka beberapa cara yang sering dilakukan untuk memusnahkan sampah plastik adalah dengan dibakar dan ditimbun (landfill). Metode pembakaran malah menghasilkan asap pembakaran yang berbahaya banget buat kesehatan jika terhirup dalam kadar tertentu. Sedang jika ditimbun, sampah plastik ini akan dibiarkan di dalam tanah begitu saja dan bahaya yang ditimbulkan justru lebih besar. Nah, daur ulang sampah plastik adalah alternatif terbaik yang aman dan nggak merusak lingkungan.

2. Menghemat sumber daya alam

irit bahan baku | credit: Tirto via tirto.id

Ketika sampah plastik didaur ulang kembali, artinya nggak perlu ada plastik baru untuk dijadikan bahan baku. Jadi, hasil daur ulang sampah plastik ini mampu menghemat sumber daya alam karena kegunaannya yang bisa diubah menjadi material baru  untuk industri tertentu.

3. Meningkatkan pendapatan dan membuka lapangan kerja baru

buka lapangan kerja baru | credit: mistar.id via www.mistar.id

Mungkin belum banyak yang tahu kalau harga biji plastik kalau dijual di pasaran itu mencapai 20 ribu per kilonya, pasarnya pun hingga ke luar negeri. Dengan mendaur ulang sampah plastik menjadi biji plastik dan memasarkannya, tentu hasilnya akan lumayan. Lewat usaha ini, amu juga berkesempatan untuk mempekerjakan orang lain dan mengurangi jumlah pengangguran.

4. Meningkatkan kreativitas dalam bidang produksi daur ulang

meningkatkan kreativitas | credit: berita Magelang via beritamagelang.id

Selain diolah menjadi biji plastik, sampah plastik juga bisa disulap menjadi berbagai macam barang yang memiliki manfaat dan nilai jual. Kamu ditantang untuk selalu berinovasi yang mengandalkan ide dan kreativitas untuk mendaur ulang sampah plastik menjadi barang-barang bermanfaat yang bisa dijual kembali.

Selain mengolah biji plastik, kamu juga bisa mencoba usaha kerajinan dari bahan bekas yang nggak terpakai. Berikut ini yang cukup banyak digandrungi

1. Daur ulang sampah botol plastik menjadi pot bunga, celengan, bunga plastik, lampu gantung, sapu ijuk, atau tempat penyimpanan lainnya

pot bunga | credit: mommyasia.id via mommyasia.id

2. Daur ulang sampah kertas atau koran bekas bisa dikreasikan dengan sebuah teknik bernama papier mache menjadi sesuatu yang berbeda dan menarik. Atau dibuat menjadi tas belanja ramah lingkungan

papier mache | credit: thesprucecrafts via www.thesprucecrafts.com

3. Siapa sangka kalau sedotan bekas bisa dikreasikan menjadi bunga plastik atau bentuk lain yang cukup menarik perhatian?

perahu dari sedotan | credit: infopublic via infopublik.id

4. Limbah kemasan makanan instan juga sudah banyak dipasarkan dalam bentuk kerajinan tas hingga beragam keperluan rumah tangga yang unik

wadah aqua gelas | credit: Pinterest via id.pinterest.com

5. Contoh kerajinan dari kardus bekas misalnya kotak tisu, replika rumah-rumahan, hingga mainan anak-anak

kotak makeup | credit: Youtube via www.youtube.com

6. Ada banyak kerajinan yang bisa dibuat dari limbah kayu bekas, misalnya palet ataupun tatakan

palet kayu | credit: dekoruma via www.dekoruma.com

7. Nggak semua orang bisa mendaur ulang ban bekas, namun dengan kreativitas, ban bekas bisa disulam sedemikian rupa menjadi kursi santai lo!

kursi ban bekas | credit: YouTube via www.youtube.com

Kalau kamu benar-benar ingin mencoba bisnis daur ulang sampah plastik, siapkan mental yang kuat karena bisnis ini tentu berhubungan dengan ‘kotoran’. Namun berbekal kreativitas dan pantang menyerah, usaha apa pun tentu akan berhasil, termasuk juga bisnis daur ulang sampah plastik. Semoga menginspirasi, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE