Cara Menghilangkan Bau Kaki Lewat Kebiasaan dan Air Rendaman. Buka Sepatu Tak Lagi Meresahkan

Cara menghilangkan bau kaki

Meski kelihatannya necis, ternyata memakai sepatu terus-menerus nggak selalu menguntungkan. Kebiasaan ini dapat memicu bau kaki yang bisa membekas juga di sepatu. Apalagi kalau kamu nggak pernah ganti kaus kaki. Seringnya dianggap sepele, padahal bau kaki bisa sangat mengganggu orang lain, terutama saat sedang berada di tempat umum. Belum lagi kalau orang yang bau kaki ini nggak menyadari, kacau sudah.

Advertisement

Sebenarnya ada banyak cara menghilangkan bau kaki dengan cepat yang dapat kalian coba, baik secara alami maupun dengan menggunakan produk perawatan kaki. Asal ada niat, bau kaki bakalan lenyap perlahan. Berikut cara menghilangkan bau kaki dan sepatu yang bisa kalian praktikkan. Jangan nunggu jadi bahan gunjingan dulu deh!

Penyebab bau kaki bukan cuma dari sepatu saja, banyak faktor lain yang menyebabkan timbulnya bau tak sedap di kaki. Seperti hal-hal berikut ini

1. Kebersihan kaki yang nggak dijaga

kebersihan kaki via www.health.harvard.edu

Rasanya percuma ganti sepatu dan kaus kaki tiap hari kalau kebersihan kakimu nggak dijaga. Alih-alih tak menggunakan alas kaki saat menginjak lantai lembap seperti kamar mandi, mending pakailah sandal untuk mencegah terjadi infeksi jamur penyebab bau kaki.

Advertisement

2. Perubahan hormonĀ 

keringat kaki via whyy.org

Perubahan hormon yang terjadi pada manusia bisa meningkatkan produksi keringat. Selain di badan, keringat juga dapat muncul di telapak kaki dan memicu bau jika kamu sering memakai sepatu tanpa kaus kaki. Selain itu, bau kaki juga akan meninggalkan bekas jika sepatu nggak diangin-anginkan setelah dipakai.

Advertisement

3. Kondisi athleteā€™s footĀ atau infeksi jamurĀ 

infeksi jamur via www.health.harvard.edu

Faktor penyebabnya ialah keringat di telapak kaki akibat memakai sepatu ketat. Selain menyebabkan kutu air dan kaki gatal, kondisi ini juga bisa memicu bau kaki. Menurut ahli, keluhan ini seringnya dialami mereka yang suka berolahraga, makanya disebut athleteā€™s foot.

4. Stres

stres dan berkeringat via treadlabs.com

Sama seperti perubahaan hormon, stres juga dapat meningkatkan produksi keringat baik di tubuh maupun kaki. Jika tak dikontrol kelembapannya, ini dapat memicu bau kaki. Apalagi kalau kamu jarang mengganti sepatu dan memakai kaus kaki yang sama terus-menerus.

Cara menghilangkan bau kaki di jempol seperti ini lumayan ampuh lo! Padahal cuma menerapkan kebiasaan sederhana aja~

1. Menjaga kebersihan kakiĀ 

potong kuku jari kaki via www.theguardian.com

Cara menghilangkan bau kaki jempol bisa dengan rajin mencuci kaki dengan sabun lalu mengeringkannya. Selain itu, kamu juga harus menggunting kuku yang sudah panjang dan bersihkan sela-selanya agar tak memicu infeksi jamur dan menyebabkan bau kaki.

2. Rutin mengganti kaus kaki

ganti kaus kaki via moneyinc.com

Gantilah kaus kakimu setiap hari, terutama setelah berolahraga. Dianjurkan juga untuk memakai kaus kaki berbahan katun agarĀ  lebih bisa menyerap keringat dan meminimalisir bau kaki.

3. Pilih sepatu yang tepat baik dari segi material maupun ukuranĀ 

pemilihan sepatu via www.qgiaynhom.com

Pakailah sepatu yang memiliki sedikit ruang untuk bernapas dan bisa menyerap keringat. Hindari memakai sepatu berbahan karet karena dapat membuat kaki mudah berkeringat. Ada baiknya jika kamu memiliki sepatu lebih dari satu pasang agar bisa dipakai bergantian dan sempat diangin-anginkan dulu sebelum dipakai lagi.

4. Lakukan eksfoliasi kakiĀ Ā 

scrub kaki via www.healthline.com

Cara menghilangkan bau kaki akibat jamur dengan scrub tak melulu harus ke salon. Bisa dilakukan sendiri di rumah dengan memanfaatkan batu apung atau alat khusus.

Cuci kakimu dengan sabun, kemudian eksfoliasi menggunakan batu apung sampai kulit mati terangkat. Lakukan rutin dua sampai tiga kali seminggu.

Selain kebiasaan di atas, cara menghilangkan bau kaki secara permanen berikut juga bisa kalian coba. Tapi kudu telaten, biar bau kakinya nggak balik lagi

1. Cara menghilangkan bau kaki dengan garamĀ 

rendam di air garam via www.klikdokter.com

Garam bisa mengurangi kelembapan kaki dan melawan bakteri penyebab bau kaki. Begini cara menghilangkan bau kaki karena kutu air.

Larutkan garam dengan air hangat lalu gunakan untuk merendam kaki selama 20 menit. Lakukan rutin setiap hari agar bakteri penyebab bau kaki dan kutu air nggak kembali.

2. Cara menghilangkan bau kaki dengan kopiĀ 

pakai kopi via www.warungkopi.net

Berkat aromanya yang kuat dan butiran halusnya, kopi dapat dipakai untuk mengeksfoliasi telapak kaki dan menghilangkan bau jempol kaki secara permanen.

Campur kopi dengan sedikit air dan buat jadi adonan pasta. Balurkan ke kaki, pijat-pijat dan diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan rutin dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Cara menghilangkan bau kaki akibat kutu air dengan kantong tehĀ 

pakai teh via ahealthadvisory.com

Asam dari teh bisa menutup pori-pori serta bantu mengurangi jumlah keringat pada kaki penyebab kutu air dan bau kaki. Meski jarang dipraktikkan, tapi cara menghilangkan bau kaki permanen yang super simpel ini patut kalian coba.

Rebus dua kantong teh hitam dengan satu liter air selama 15 menit. Tambahkan dua liter air dingin lalu gunakan untuk merendam kaki selama 30 menit. Lakukan satu minggu sekali agar bau kaki tak kembali lagi.

4. Cara menghilangkan bau kaki dengan Dettol

Cara menghilangkan bau kaki karena cantengan yang paling aman ialah dengan menggunakan Dettol antiseptik. Kandungan antiseptiknya bisa mengurangi peradangan karena cantengan dan menghilangkan bau kakimu.

Campur Dettol dengan air secukupnya, kemudian gunakan untuk merendam kaki selama 20 menit. Keringkan dan lakukan langkah yang sama seminggu sekali.

Kalau sudah terlanjur membekas di sepatumu juga, kalian mesti melakukan beberapa cara menghilangkan bau kaki pada sepatu berikut ini

1. Cara menghilangkan bau kaki di sepatu dengan kopiĀ 

pakai kopi via www.wajibbaca.com

Kopi bisa menetralkan bau kaki yang terlanjur membekas di bantalan sepatu.

Masukkan satu sendok teh kopi ke dalam kantong kemudian bungkus dan letakan di sepatu. Diamkan selama semalaman agar baunya bisa dinetralisir.

2. Cara menghilangkan bau sepatu dengan bedak bayiĀ 

pakai bedak bayi via www.kompasiana.com

Bedak bayi dapat menjadi deodoran alami untuk menetralisir bau di sepatumu. Selain bedak bayi, kamu juga dapat menggunakan soda kue. Sebelum sepatu dipakai, taburkan dulu bedak bayi ke dalamnya. Nantinya, bedak bayi akan menyerap keringat penyebab bau kaki di sepatu.

3. Cara menghilangkan bau kaki sepatu dengan koranĀ 

Gumpalan koran bekas ternyata cukup efektif untuk menyerap bau tak sedap di dalam sepatu karena telapak kaki sering berkeringat. Kalau mau lebih efektif, bisa juga dengan sering mengganti sol di dalam sepatunya.

Alternatif lain ialah dengan memanfaatkan spray ā€“ penghilang bau kaki atau obat bau kaki di apotik. Ini dia lis produknya

1. Kanna Cooling Foot Spray

spray kaki merek Kanna via reviews.femaledaily.com

Klaimnya, produk ini dapat menghilangkan bau kaki dan menyegarkannya berkat kandungan mentol di dalamnya. Produk ini bisa dibeli di sini dengan harga 20 ribu.

2. The Body Shop Peppermint Foot Spray

spray kaki TBS via nl.pinterest.com

Kandungan pepermin dalam foot spray ini bisa memberikan sensasi dingin saat dipakai ke kaki. Produk yang terbuat dari bahan alami yang aman ini bisa dibeli di sini.

Nah, nggak perlu insecure lagi dengan bau kaki yang kamu alami. Segera basmi bau kakimu dengan melakukan beberapa perawatan di atas. Hasilnya memang nggak instan, tapi kalau rutin dilakukan, pasti berangsur-angsur bakal mengurangi baunya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE