8 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk, Kurangi Gatal dan Bintik Hitam yang Mengganggu

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk

Digigit nyamuk memang menyebalkan, selain bisa timbul rasa gatal dan bentol, bekasnya yang merah atau menghitam di kulit juga bikin kita jadi nggak percaya diri. Lebih parahnya, serangga ini bisa menyebarkan penyakit seperti demam berdarah dan malaria.

Advertisement

Tapi tahu nggak sih kamu, kalau air liur nyamuk saat mengisap darah itu mengandung enzim dan protein yang dianggap sebagai zat asing oleh tubuh manusia. Akibatnya, tubuh mengeluarkan histamin sebagai zat pertahanan alami, kondisi ini memicu aliran darah dan jumlah sel darah putih di area gigitan meningkat. Akhirnya peradangan dan pembengkakan kulit yang biasa kita sebut bentol pun tak terhindar.

Jika kamu merasa terganggu dengan efek gigitan nyamuk, berikut ini cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk serta meredakan gatalnya dengan bahan alami. Pastinya praktis dan mudah diolah. Yuk simak!

1. Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan cepat bisa dikompres es batu. Suhu dingin mampu redakan peradangan di kulit, lo

es batu redakan gigitan nyamuk I Credit: Tomáš Lištiak via unsplash.com

Digigit nyamuk bentol besar sering dialami oleh banyak orang. Rasa gatalnya bahkan bisa mengganggu aktivitas. Kalau sudah begini, buru-buru kompres dengan es batu. Namun, jangan biarkan es menempel langsung pada kulit lebih dari lima menit ya,  sebab dapat merusak jaringan kulit. Kamu bisa gunakan waslap sebagai pembatas kantong esnya, cara ini dinilai ampuh meredakan gatal dan mencegah pembengkakan.

Advertisement

2. Oles gel lidah buaya jadi cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang sudah menghitam. Kandungannya terbukti punya efek antiinflamasi untuk kulit

lidah buaya bantu atasi mencerahkan I Credit: endri yana yana via pixabay.com

Fungsi antiinflamasi pada lidah buaya mampu mengurangi bekas kehitaman pada kulit. Lidah buaya dipercaya jadi cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi karena aman dan risikonya yang minim. Untuk mencobanya, kamu bisa potong sebagian kecil lidah buaya, setelah itu oleskan pada area yang iritasi.

Untuk cara yang praktis, bisa gunakan produk jadi lidah buaya yang kini sudah tersebar di pasaran. Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada anak disarankan pakai bahan yang alami.

3. Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang sudah lama, bisa pakai baking soda. Sebelumnya campurkan dengan air sampai membentuk pasta, ya

Advertisement

baking soda redakan gatal I Credit: NatureFriend via pixabay.com

Baking soda atau soda kue memang dikenal punya sejuta manfaat, selain bisa membersihkan saluran pembuangan, kandungannya dipercaya mampu meredakan  gigitan nyamuk yang membandel. Berikut cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang menghitam di kaki menggunakan soda kue:

  1. Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan air secukupnya untuk membuat pasta,
  2. Oleskan ke bekas gigitan nyamuk atau serangga lainnya,
  3. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas,
  4. Lakukan secara rutin, jika terjadi iritasi segera hentikan pemakaian.

4. Bekas gigitan nyamuk jangan digaruk kalau nggak mau timbul luka, oleskan madu untuk cegah infeksi dan cerahkan area kulit yang menghitam

madu cerahkan bekas kehitaman I Credit: Alexander Mils via unsplash.com

Bahan yang satu ini efektif sebagai cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada anak, kandungan antiseptiknya terbukti ampuh untuk meredakan peradangan. Proses penyembuhan dan menghilangkan noda hitam bekas nyamuk terbilang cukup cepat. Cara menggunakannya cukup oleskan madu secukupnya di bekas gigitan nyamuk, tutupi dengan kapas atau kasa hingga mengering, kemudian bilas sampai tidak lengket lagi.

5. Cuka apel juga berperan sebagai obat alami meredakan infeksi. Asam sitratnya mampu mempercepat pergantian sel kulit mati

cuka apel I Credit: Wicherek via pixabay.com

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang sudah menghitam pada orang dewasa bisa gunakan cuka apel. Kandungan asam asetat hingga asam sitrat berfungsi sebagai antimikroba dan mempercepat pergantian sel kulit mati. Akibatnya, bekas nyamuk yang kehitaman perlahan bisa memudar dan mengikuti warna asli kulit.

Kamu bisa mengoleskan setetes cuka apel di area gigitan atau coba rendam waslap dengan air dingin dan cuka untuk pemakaian yang sedikit. Cara lain, bisa rendam waslap di campuran cuka dan air hangat selama 20 menit untuk hasil yang maksimal.

6. Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang sudah menghitam pada bayi bisa pakai kulit pisang dan campuran virgin coconut oil. Kandungannya juga memberikan efek menenangkan pada kulit, lo

kulit pisang mencerahkan bekas gigitan nyamuk I Credit: Anastasia Eremina via unsplash.com

Cara menghilangkan gatal gigitan nyamuk bisa menggunakan kulit pisang yang dicampur virgin coconut oil. Kulit pisang jangan buru-buru dibuang, kamu bisa mengolahnya sebagai penghilang bekas hitam di kulit. Kandungan vitamin B, C, B6, kalium dalam kulit pisang mampu mengurangi peradangan. Cara buatnya mudah, kamu bisa gunakan sebagai losion untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi:

  1. Tambahkan virgin coconut oil pada kulit pisang yang sudah ditumbuk halus,
  2. Ratakan dua bahan tersebut sampai terbentuk pasta,
  3. Diamkan beberapa menit kemudian oles di daerah bekas gigitan nyamuk,
  4. Letakkan kain lembut di atasnya, biarkan selama setengah jam,
  5. Bilas area dan keringkan menggunakan handuk halus,
  6. Ulangi perawatan secara rutin hingga bekas memudar.

7. Gunakan air perasan jeruk lemon untuk cerahkan warna kulit yang menghitam akibat gigitan nyamuk. Caranya mudah kok!

perasan jeruk lemon I Credit: eggbank via pixabay.com

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada kulit bayi dengan lemon nggak disarankan, sebab sifatnya asamnya yang terlalu kuat. Untuk orang dewasa boleh dicoba, kandungan vitamin C yang tinggi ampuh untuk mencerahkan kulit, lo. Cara pengolahannya mudah, kamu hanya perlu ambil air perasan lemon kemudian tempelkan pada area bekas gigitan nyamuk menggunakan kapas. Namun, perlu diingat jangan langsung dioleskan ke wajah karena bisa bikin iritasi!

8. Jika semua cara alami sudah dicoba tapi nggak berhasil, boleh nih pakai salep yang mengandung antihistamin dan hidrokortison

ilustrasi penggunaan salep I Credit: Pharma Hemp Complex via unsplash.com

Melansir dari Medical News Today, beberapa antihistamin efektif untuk mengatasi gigitan nyamuk. Histamin merupakan zat kimia yang dikeluarkan tubuh saat nyamuk menggigit, menyebabkan gatal dan peradangan, Nah, antihistamin membantu mencegah efek tersebut. Kamu juga bisa gunakan salep hidrokortison sebagai obat topikal untuk mengurangi inflamasi. Salep ini nggak disarankan untuk bayi, opsi lain bisa menggunakan bio oil menghilangkan bekas gigitan nyamuk, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa.

Itulah 8 cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk tanpa efek samping yang besar. Semoga tanda kehitaman di kulitmu karena nyamuk bisa cepat memudar, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE