8 Bahan Alami untuk Redakan Gigitan Semut Rangrang yang Bikin Kulit Melepuh. Lumayan Ampuh!

Semut rangrang

Selain memiliki koloni dan berfungsi sebagai predator, semut rangrang sendiri hidup dengan memiliki daerah kekuasaan atau teritorial. Para semut ini akan merasa terancam dan berupaya mempertahankan diri dengan cara menggigit jika ada makhluk lain yang datang ke daerah kekuasaannya. Gigitan semut rangrang cukup beracun dan memiliki 46 kandungan protein yang bisa menyebabkan iritasi lo.

Advertisement

Jika kalian tergigit oleh semut rangrang, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mencuci bekas gigitan dengan air dan mengompresnya dengan es batu. Untuk menghilangkan rasa gatal dan mencegah infeksi, oleskan salep antibiotik dan krim hidrokortison. Selain pertolongan pertama di atas, kamu juga bisa menggunakan beberapa bahan alami untuk meredakan gigitan semut rangrang, seperti yang telah Hipwee Tips rangkum berikut.

1. Tekstur madu yang lengket ternyata mengandung banyak sekali antiinflamasi yang dipergunakan untuk meredakan iritasi kulit

Madu/Credit: Unsplash @arwinneil via unsplash.com

Bahan pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi rasa sakit saat digigit semut rangrang adalah madu. Menurut seorang dokter kulit terkenal, tekstur madu yang lengket mengandung banyak antiinflamasi yang berfungsi meredakan rasa gatal.

2. Campuran antara susu dan air juga bisa kamu gunakan saat kamu terluka karena gigitan semut rangrang

Susu/Credit: Unsplash @shootdelicious via unsplash.com

Campuran antara susu dan air akan sangat ampuh untuk menyembuhkan bekas luka dan rasa nyeri serta gatal akibat semut rangrang. Kandungan protein dalam susu akan membantu menghilangkan efek samping seperti gatal, nyeri, dan bengkak. Cara menggunakannya, cukup basahi kain dan tempelkan pada bagian yang terasa sakit.

Advertisement

3. Otak manusia lebih merespon pada sensasi dingin dibandingkan sensasi gatal. Karenanya pasta gigi bisa kamu gunakan saat rasa gatal akibat gigitan serangga sedang menjadi-jadi

Pasta Gigi/Credit: @mylovefromjesus via unsplash.com

Barang ini sangat ampuh dan efektif mengatasi rasa gatal dan nyeri pada kulit baik itu karena gigitan serangga atau luka ringan akibat panas. Menurut seorang dokter kulit, manusia lebih sensitif menerima sensasi dingin daripada gatal. Maka dari itu, pasta gigi sangat dianjurkan untuk digunakan sebagai alat penyembuh.

4. Dengan dua tetesan minyak lavender, bisa dipastikan rasa nyeri dan gatal akibat gigitan serangga bisa menghilang seketika

Lavender Oil/Credit: Unsplash @ben_robbins via unsplash.com

Dikatakan bahwa mengoleskan beberapa tetes minyak lavender mampu mengatasi rasa gatal, nyeri, dan pembengkakan akibat gigitan serangga. Kendati demikian, kita harus senantiasa memperhatikan kandungan minyak lavender karena setiap merek memiliki kadar kandungan yang berbeda-beda.

5. Selain dijadikan makanan diet, oatmeal memiliki kandungan antioksidan alami yang ampuh menyembuhkan iritasi pada kulit akibat gigitan semut rangrang

Oatmeal/Credit: Pixabay via pixabay.com

Selain dijadikan bahan makanan, oatmeal juga ternyata ampuh lo digunakan sebagai obat karena digigit semut rangrang. Oatmeal sendiri kaya akan kandungan antioksidan yang bisa melembapkan dan menyembuhkan kulit yang terluka karena gigitan serangga. Kamu tinggal panaskan oatmeal, lalu oleskan pada bagian yang digigit selama 15 menit

6. Bersifat sebagai pelembap, lendir lidah buaya sangat ampuh mengurasi rasa gatal

Lidah Buaya/Credit: Unsplash @ruisilvestrecreative via unsplash.com

Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman yang terkenal baik untuk kulit. Saat kamu digigit oleh semut rangrang, oleskan potongan lendir lidah buaya dan tempelkan pada bagian kulit yang digigit. Lidah buaya sendiri berfungsi sebagai pendingin yang membantu meredakan rasa gatal dan nyeri.

7. Basahi kantong teh celup dan tekan pada bagian yang digigit semut rangrang, maka rasa gatal dan nyeri akan berkurang

Teh C/Credit: Unsplash @ireneivantsova via unsplash.com

Kandungan antiinflamasi yang ada dalam teh celup mampu mengurangi rasa gatal dan pembengkakan. Hal tersebut ampuh mengurangi iritasi karena teh memiliki kandungan asam tanat yang tinggi. Cukup basahi kantong teh celup dan tekan pada bagian yang digigit.

8. Minyak kelapa memiliki banyak kandungan antiperadangan yang bisa menyembuhkan luka iritasi kulit akibat gigitan serangga

Minyak kelapa/Credit: Unsplash @pharmahempcomplex via unsplash.com

Terakhir kamu bisa menggunakan minyak kelapa. Memiliki banyak kandungan antiperadangan, minyak kelapa terkenal bisa menyembuhkan luka iritasi. Kamu tinggal mengoleskan minyak kelapa pada bagian yang tergigit untuk menyembuhkan peradangan dan rasa gatal.

Nah, itu dia bahan-bahan yang mudah didapatkan untuk mengatasi gigitan akibat semut rangrang. Semoga saja artikel ini bisa membantumu untuk mengatasi efek samping seperti nyeri, bengkak dan gatal karena racun semut rangrang.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE