5 Racikan Bahan Alami ini Bisa Bantu Turunkan Demam. Pertolongan Pertama Sebelum Minum Obat

Racikan penurun demam

Demam sebenarnya hanyalah gejala sebelum sakit benar-benar terjadi. Biasanya demam dibarengi dengan pilek, sakit kepala, nyeri otot, dan bahkan dehidrasi. Umumnya, seseorang dikatakan demam jika suhu tubuhnya meningkat lebih dari 37 derajat Celcius.

Advertisement

Nggak perlu keburu panik, untuk mengatasi demam yang nggak terlalu tinggi, kamu bisa membuat ramuan tradisional menggunakan bahan alami yang bisa ditemukan di dapur.

1. Kandungan asiri, sikloaliin, metilaliin, dan floroglusin pada bawang merah bisa bantu menurunkan panas tubuh

bawang merah via tormodgundersen.com

Kupas dan parut kasar enam siung bawang merah. Tambahkan dengan minyak kelapa dan kayu putih secukupnya. Balurkan ke area punggung dan perut atau bisa juga ke ubun-ubun kepala.

2. Bawang putih yang mengandung antibakteri bisa menghilangkan racun dan mempercepat pemulihan demam

bawang putih dan zaitun via www.abeautifulplate.com

Haluskan dua siung bawang putih, kemudian tambahkan dua sendok minyak zaitun. Panaskan dulu sebentar lalu tunggu sampai agak dingin. Taruh ramuan ini di telapak kaki lalu bungkus dengan kasa biar nggak jatuh-jatuh. Pakailah semalaman ketika kamu tidur.

Advertisement

3. Nggak cuma menenangkan, sifat terapeutik dan sensasi dingin bubuk cendana membantu menurunkan demam dan mengurangi peradangan

bubuk kayu cendana via wanita22.com

Campurkan satu sendok bubuk cendana dengan sedikit air. Aduk hingga mengental dan jadi adonan seperti pasta. Oleskan campuran ini ke dahi, dan lakukan beberapa kali hingga demam berangsur turun.

4. Minum atau berendamlah dengan air hangat yang diberi tambahan jahe karena kandungan antibakterinya bisa menghalau virus penyebab demam

berendam air hangat via www.alodokter.com

Geprek jahe atau taburkan tiga sendok bubuk jahe di bak mandi yang berisi air hangat. Kemudian, berendamlah selama 10, lalu keringkan badanmu. Setelah itu, tidurlah dengan menutupi seluruh badan pakai selimut agar tubuh mengeluarkan keringat panasnya.

5. Kandungan antiinflamsi pada kentang bisa mencegah peradangan saat demam. Cara memanfaatkannya terbilang cukup unik lo!

Advertisement

kentang via snapguide.com

Iris kentang dan rendam dalam cuka selama beberapa jam. Kemudian taruhlah di dahi yang terasa panas. Atau, kamu bisa memasukkan potongan kentang dalam kaus kaki, kemudian pakai dan bawa tidur.

Umumnya, cara-cara di atas sering dipakai ke anak-anak, tapi sebenarnya juga efektif diterapkan orang dewasa lo! Tapi, gunakan cara-cara ini jika demam baru saja mulai dan belum terlalu panas. Kalau sudah terlanjur demam dan sakit, ada baiknya kamu tetap mengunjungi dokter.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE