5 Kiat Menghilangkan Kapalan Secara Mandiri Tanpa Operasi. Demi Kulit Bisa Mulus Kembali

Cara menghilangkan kapalan

Apa kamu sudah pernah mengalami kapalan?

Advertisement

Bagi yang masih asing dengan istilah kapalan, kondisi ini merupakan penebalan atau pengerasan kulit karena gesekan, biasanya menyerupai benjolan dan terbentuk pada telapak kaki, tumit, mata kaki, lutut, dan telapak tangan. Gesekan ini bisa berasal dari penggunaan alat musik, sepatu, karena olahraga tertentu, atau kegiatan rutin yang berulang. Nah, kulit merespons gesekan ini dengan membentuk lapisan kulit ekstra yang keras untuk melindungi lapisan kulit di bawahnya.

Memang, umumnya kapalan bisa hilang dengan sendirinya seiring dengan makin berkurangnya aktivitas dan gesekan pada area yang terserang. Tapi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat hilangnya kapalan dari kulitmu lo. Simak nih!

1. Kiat yang paling simpel adalah dengan merendam permukaan kulit yang kapalan dengan air hangat

rendam air hangat via www.stylecraze.com

Caranya, siapkan air hangat di dalam baskom dan rendam tangan atau kaki yang kapalan selama kira-kira 5-10 menit. Setelah itu, keringkan menggunakan handuk. Lapisan kulit yang menebal akan melunak sehingga bisa disingkirkan dengan cara menggosoknya. Lakukan cara ini secara rutin hingga kapalan pada tangan hilang seluruhnya.

2. Merendam bagian kulit atau yang kapalan dengan garam epsom yang dapat mengelupas sel kulit mati

rendam dengan garam epsom via backyardpatch.blogspot.com

Garam epsom biasa disebut magnesium sulfat, terbuat dari senyawa kimia yang mengandung magnesium, belerang, dan oksigen. Garam epsom ini adalah eksfoliator alami yang ampuh membuang sel-sel kulit mati. Caranya, campurkan 2-3 sendok makan garam epsom ke dalam satu baskom air. Lalu rendam kulit yang kapalan agar perlahan melunak sehingga kamu bisa menyingkirkannya dengan mudah.

3. Menggunakan produk yang mengandung asam salisilat untuk mengurai protein dan keratin yang terdapat pada lapisan kulit mati

salep asam salisilat via www.youtube.com

Produk-produk mengandung asam salisilat biasanya berbentuk krim, plester, atau pad yang bisa langsung digunakan pada kulit. Saat digunakan, lapisan kulit yang mengalami kapalan akan berubah warna menjadi putih dan bisa disingkirkan dengan mudah. Sebelum menggunakannya, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

4. Minyak tea tree ini dikenal memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antiseptik yang baik untuk membantu menghilangkan kapalan di tangan

minyak tea tree via co.pinterest.com

Campurkan beberapa tetes minyak tea tree ke dalam satu baskom air hangat. Lalu, rendam kulit yang kapalan hingga yang tadinya kasar menjadi lunak. Hati-hati, jangan merendam tanganmu lebih dari 15 menit. Kandungan dalam minyak esensial ini sangat kuat dan justru dapat merusak lapisan kulit jika direndam terlalu lama.

Advertisement

5. Menggunakan gel lidah buaya untuk melembutkan lapisan kulit yang kapalan juga bisa dicoba

gel lidah buaya via commons.wikimedia.org

Kandungan asam salisilat dan asam amino dalam lidah buaya dapat melembutkan sel-sel kulit yang keras, termasuk kulit kapalan. Gel lidah buaya juga memiliki sifat antibakteri, anti inflamasi dan mendinginkan. Cukup ambil gelnya kemudian tempelkan pada kapalan di tangan semalaman. Pagi harinya gosok perlahan kapalan dengan batu apung kemudian bersihkan dan keringkan dengan handuk.

Sebelum mencoba menghilangkan kapalan secara mandiri menggunakan bahan-bahan yang mudah diperoleh, kamu harus tetap mengikuti petunjuk pemakaian untuk mencegah efek samping pada kulit akibat penggunaan yang keliru atau berlebihan. Jangan juga memotong lapisan kulit yang kapalan dengan cara paksa sementara kondisi kulit yang kapalan masih keras, daripada jaringan kulitmu makin rusak, kan?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

CLOSE