7 Cara Menghilangkan Kerak di Wajan. Bekas Gosong Bisa Kinclong Lagi!

Cara menghilangkan kerak di wajan

Perabot rumah tangga terutama alat masak yang sering dipakai memang akan lebih cepat kotor. Padahal setiap pemakaian selalu langsung dicuci sebelum disimpan lagi. Sisa pembakaran, minyak, dan bahan masakan yang menempel sering menjadi penyebab penumpukan kerak di wajan dan panci. Apalagi jika masaknya sampai gosong.

Advertisement

Bisa dipastikan kerak tebal akan sulit dihilangkan. Namun, jika kamu tahu cara menghilangkan kerak di wajan dengan tepat bakal mudah, lo. Kerak atau noda di belakang wajan hingga kerak bekas gosong pun bisa terangkat dengan mudah. Bahkan kamu hanya perlu bahan-bahan sederhana yang ada di rumah. Penasaran, gimana caranya dan apa aja bahannya? Yuk simak infonya berikut ini!

1. Rendam wajan dengan air panas lebih dulu untuk mengangkat kerak bekas gosong di bagian dalam wajan atau panci

Cara menghilangkan kerak di wajan

Gunakan untuk merebus air sembari diaduk | Credit by Kierse Hilman on Flickr

Gunakan wajan atau panci yang akan kamu bersihkan untuk merebus air. Saat sudah mendidih, gunakan spatula atau sendok untuk menggaruk bagian kerak. Lakukan sampai kerak terangkat, lalu diamkan hingga air kembali ke suhu normal. Setelah itu, kuras air rendaman dan gunakan beberapa bahan misalnya sabun atau alat lainnya jika kerak belum bersih. Cara menghilangkan kerak di wajan ini akan memudahkanmu saat menggosok noda kerak yang tertinggal.

2. Tambahkan dryed sheet untuk merendam kerak pada wajan teflon bagian dalam sebelum menggosoknya dengan spons

Cara menghilangkan kerak wajan

mandTambahkan dryed sheet pada rendaman | Credit by Joe Linge

Dryed sheet atau pengering dan pelembut pakaian berbentuk lembaran seperti tisu bisa kamu manfaatkan untuk membantu mengangkat kerak wajan. Caranya, cukup rendam bagian kerak dengan air dan tambahkan dryed sheet. Tunggu hingga air keruh, karena tandangan kerak sudah terkelupas. Setelah itu, kuras air rendaman dan bersihkan sisa kerak menggunakan sabun dan spons. Cara ini paling cocok untuk menghilangkan kerak di wajan teflon karena kamu nggak perlu menggosok terlalu keras.

Advertisement

3. Menghilangkan kerak bekas gosong di wajan menganggunakan baking soda dan cuka

Cara menghilangkan kerak wajan dengan baking soda

Taburi baking soda | Credit by Kiersten Hilman on Flickr

Cara menghilangkan kerak di wajan dengan baking soda bisa kamu lakaukan baik untuk bagian dalam maupun belakang. Sebelum menambahkan baking soda dan cuka, basahi dulu kerak wajan yang akan dibersihkan. Kemudian percikkan air cuka pada kerak, lalu taburi dengan baking soda. Diamkan selama 15 menit, lalu gosok dengan serabut alumunium dan bilas dengan air. Jika kerak terlalu membandel, kamu bisa mencampurkan baking soda dengan sedikit air hingga berbentuk pasta untuk menggosoknya.

4. Cara menghilangkan kerak wajan menggunakan sitrun supaya cepat terkelupas dan memudahkan saat menggosok

Cara menghilangkan kerak wajan dengan sitrun

Sitrun | Credit by Tokopedia

Cara menggunakan sitrun atau citric acid untuk menghilangkan kerak di wajan hampir sama dengan penggunaan baking soda. Hanya saja, kamu nggak perlu pakai tambahan cuka. Cukup basahi bagian yang akan dibersihkan dan taburi sitrun. Setelah 15-30 menit, tambahkan sabun cuci piring lalu gosok hingga bersih. Cara ini bisa menghilangkan kerak hitam atau kecokelatan di belakang wajan, lo.

5. Gunakan garam untuk merendam kerak wajan dan gunakan pula sebagai scrub untuk menggosok kerak wajan yang paling membandel

Cara membersihkan panci gosong dengan garam

Garam | Credit by Racool_strudio on Freepik

Jika kerak yang akan kamu bersihkan di bagian dalam, maka gunakan wajan atau panci untuk menampung air hangat. Tambahkan garam secukupnya, tapi jangan terlalu sedikit. Tunggu selama 30 hingga 1 jam, kemudian lanjutkan dengan menggosok. Jika kerak yang akan dibersihkan ada di bagian belakang, maka cukup campurkan garam dengan sabun colek. Lalu lumuri bagian kerak dengan campuran tersebut, tunggu 15 menit lalu gosok menggunakan serabut alumunium. Butiran garam akan membantu melunakkan kerak sekaligus menjadi scrub yang menghancurkannya.

Advertisement

6. Cara menghilangkan kerak wajan dengan Coca-Cola untuk membantu pengelupasan noda membandel terutama pekas gosong

Cara membersihkan kerak wajan dengan coca cola

Coca cola untuk bersihkan wajan | Credit by Gogetyourself.com

Cara ini bisa kamu lakukan nggak hanya Coca-Cola saja, tapi beberapa jenis minuman bersoda kuat lainnya. Caranya, gunakan Coca-Cola untuk merendam bagian kerak yang akan dibersihkan. Usahakan wajan belum terkena air ya, jadi murni soda saja. Diamkan selama 30 menit hingga 1 jam, lalu lanjutkan dengan menggosok bagian kerak menggunakan sabun.

7. Gunakan abu gosok dan sabun colek untuk membersihkan kerak di bagian belakang wajan

Cara membersihkan kerak wajan

Abu gosok | Credit by artikel.rumah123.com

Cara ini mungkin paling umum digunakan di masyarakat pedesaan untuk membersihkan bagian belakang wajan. Caranya pun cukup mudah, tinggal campurkan sabun dengan abu gosok lalu balurkan ke bagian wajan yang akan dibersihkan. Lalu gosok dengan serabut kelapa atau alumunium, noda hitam pada wajan akan luntur perlahan, sehingga bisa kinclong lagi.

Selain bisa memudahkan proses pengelupasan kerak, kamu juga bisa menggunakan teknik menggosok yang tepat. Caranya, gosok bagian yang akan dibersihkan dengan teknik melingkar, hal ini supaya kerak atau noda lebih mudah terangkat. Nah, itulah beberapa cara menghilangkan kerak di wajan atau panci yang bisa kamu coba. Daripada beli baru, mending coba dulu dibersihkan dengan bahan-bahan tambahan di atas. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE