6 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami. Tuntas Bersihkan Telur-Telurnya di Kulit Kepala

Cara menghilangkan kutu rambut

Rambut kutuan merupakan masalah yang pernah dialami hampir setiap orang, apalagi zaman masih bocah dulu. Gara-gara jarang keramas, kepala jadi kotor sehingga kutu hinggap dan berkoloni di sana. Ketika malam menjelang, kutu-kutu ini aktif menggigiti kulit kepala dan mengisap darah. Nggak sakit sih, cuma gatalnya minta ampun.

Advertisement

Kutu rambut bukan hanya menjadi problem anak kecil, orang dewasa juga bisa kena. Sedisiplin apa pun kamu menjaga kebersihan kulit kepala, bisa tertular jika berdekatan dengan temanmu yang kutuan. Proses perpindahan kutu ini susah dideteksi, tahu-tahu udah gatel aja, pas dilihat udah ada kutu dan banyak telurnya. Kalau sudah begini, mesti dibasmi total. Selain pakai obat kutu rambut, inilah cara menghilangkan kutu rambut dengan alami dan permanen alami yang bisa kamu coba.

1. Garam yang biasa kita konsumsi lewat makanan ternyata bisa jadi obat penghilang kutu rambut. Begini cara menggunakannya

garam dan cuka | credit: Heather Dessinger via mommypotamus.com

Garam bisa digunakan untuk membunuh kutu dan koloninya juga lo. Cara menghilangkan kutu rambut dengan garam adalah dengan melarutkan garam ke dalam cairan cuka, lalu tuang ke botol semprot. Semprotkan cairan ini ke seluruh kulit kepala. Lalu tutup kepalamu dengan shower cap dan tunggu hingga satu sampai dua jam.

Selanjutnya, bilas rambutmu menggunakan sampo hingga bersih. Lakukan cara ini rutin, minimal 2-3 kali dalam seminggu.

Advertisement

2. Bawang merah juga ternyata bisa digunakan untuk membasmi kutu-kutu yang berkeliaran di kepala

bawang merah | credit: Burhan Rexhepi via unsplash.com

Bumbu dapur lainnya yang bisa digunakan untuk membasmi kutu adalah bawang merah. Cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang merah diawali dengan mengupas bawang dan menumbuknya. Setelah halus, campurkan dengan sedikit minyak zaitun atau minyak kemiri. Oleskan ramuan ini pada kulit kepala. Pastikan jangan sampai ada bagian yang terlewat biar semua kutunya punah. Setelahnya, bilas dengan air hangat.

3. Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kayu putih juga bisa ternyata, Guys. Simak baik-baik nih~

minyak kayu putih dan jeruk nipis via www.freepik.com

Dengan mencampurkan minyak kayu putih dengan jeruk nipis, kamu bisa menciptakan obat kutu alami. Siapkan enam sendok makan minyak kayu putih. Campurkan dengan dengan dua buah jeruk nipis yang telah diperas. Oleskan ramuan ini ke seluruh kulit kepala. Pijat-pijat kepala dengan lembut sampai cairan meresap ke pori-pori. Diamkan selama paling cepat dua jam. Kemudian bilas kepala dengan air hangat.

Menghilangkan kutu rambut dengan kayu putih masih tergolong cara baru. Namun beberapa penelitian, minyak kayu putih memiliki toksisitas (toxicity) yang baik untuk mambasmi kutu rambut. Langkah ini juga termasuk sebagai cara menghilangkan kutu rambut dengan jeruk nipis.

Advertisement

4. Lidah buaya selain memberi nutrisi buat rambut juga bisa menghilangkan kutu rambut

lidah buaya via www.healthline.com

Lidah buaya selama ini dikenal baik untuk kesehatan rambut karena terdapat kandungan vitamin E di dalamnya. Memakai lidah buaya bisa bikin rambut jadi lebat dan kuat. Namun ada beberapa sumber yang mengatakan kalau lidah buaya juga bisa membasmi kutu. Cara menghilangkan kutu rambut dengan lidah buaya hampir sama dengan bahan alami lainnya. Yaitu dengan mengoleskan getah lidah buaya ke seluruh kulit rambut. Diamkan selama kurang lebih dua jam, lalu bilas dengan air hangat.

5. Kapur ajaib yang terbukti efektif untuk mengusir semut dan serangga lainnya juga bisa digunakan untuk mengusir kutu di kepala

kapur ajaib via fjb.kaskus.co.id

Kapur ajaib menjadi senjata bagi sebagian orang yang benci serangga seperti semut, kecoa, atau serangga lainnya. Tahukah kamu, kalau kapur ajaib juga bisa dipakai untuk menghilangkan kutu kepala? Cara menghilangkan kutu rambut dengan kapur ajaib bisa dilakukan dengan menggoreskannya pada kulit kepala secara merata. Lakukan 30 menit sebelum keramas dengan menggunakan sampo.

Cara yang kedua yaitu dengan membalurkan kapur ajaib yang sudah halus di kulit kepala. Diamkan selama setengah jam, lalu bilas dengan sampo.

6. Selain menyehatkan rambut, minyak zaitun juga dapat membantu menghilangkan kutu-kutu yang ada di rambut

minyak zaitun via www.medicalnewstoday.com

Minyak zaitun dikenal serba guna. Buat masak bisa, buat obat gosok bisa, dan buat jadi obat menghilangkan kutu rambut pun bisa. Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak zaitun relatif sama dengan bahan alami lainnya. Kamu hanya perlu mengoleskannya ke seluruh kulit kepala dan membiarkannya meresap. Tutup kepala semalaman menggunakan shower cap, lalu bilas keesokan harinya. Bila nggak punya shower cap, kamu bisa menggunakan handuk untuk membalut kepala. Jangan lupa setelah itu handuknya dicuci biar kutunya mudik lagi ke kepalamu. Cara menghilangkan kutu rambut pada anak akan lebih aman menggunakan bahan alami seperti minyak zaitun ini.

Itulah berbagai cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya. Selain cara menghilangkan kutu rambut dengan Peditox, sebenarnya masih ada lagi bahan-bahan alami lain yang punya khasiat serupa. Seperti cara menghilangkan kutu rambut dengan baby oil, bawang putih, atau minyak kelapa. Bahan-bahan ini relatif aman untuk kulit kepala dibanding dengan obat kimia. Sebab nggak semua kulit cocok dengan obat kutu yang dijual di apotek. Cuma kalau kamu nggak sabar dan udah terlanjur kesal sama kutu-kutu bandel, cara menghilangkan kutu dengan cepat, ya, pakai obat kutu yang dijual di apotek. Semoga segera musnah kutu-kutu di kepalamu, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE