8 Cara Menghilangkan Noda Darah yang Membandel pada Pakaian dan Seprai

Cara menghilangkan noda darah

Jika pakaian atau sepraimu terkena darah, kamu tak perlu panik karena ada banyak cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda darah tersebut. Bahkan, kamu hanya memerlukan beberapa bahan dapur saja sebagai bahan penghilang noda darah yang menempel di pakaianmu. Mulai dari garam, baking soda, tepung maizena, dan lain-lain ternyata memiliki fungsi sampingan sebagai bahan alami yang dipercaya mampu menghilangkan noda membandel termasuk darah.

Advertisement

Untuk tahu bagaimana caranya mengaplikasikan beberapa bahan dapur tersebut sebagai penghilang noda darah di pakaian atau sepraimu, simak 8 cara berikut ini ya!

1. Jangan menunda mencuci pakaian atau seprai yang terkena noda darah agar tak semakin sulit untuk dihilangkan

Segera mencuci baju | Credit: to by Daniel Spase on Unsplash

Jangan menunda mencuci pakaian yang terkena noda darah karena akan lebih mudah menghilangkan noda darah segar daripada saat sudah mengering. Selanjutnya, jangan pernah mencuci pakaian yang terkena noda darah dengan air panas dan jangan lupa untuk selalu ikuti petunjuk perawatan pakaian atau seprai yang kamu miliki tersebut.

2. Kamu bisa memanfaatkan garam sebagai bahan alami yang bisa menghilangkan noda darah pada pakaian atau seprai

Garam | Credit: Photo by Artem Beliaikin from Pexels

Selain berfungsi sebagai bahan dapur, ternyata garam juga punya fungsi lain, yaitu sebagai penghilang noda darah pada pakaian atau seprai. Caranya pun mudah, rendam terlebih dahulu baju atau seprai yang terkena noda, kemudian oleskan garam ke titik noda darah tersebut. Selanjutnya, kamu hanya perlu mencuci baju seperti biasanya.

Advertisement

3. Untuk noda darah yang sangat membandel, kamu bisa menggunakan air lemon agar noda dapat dengan mudah terangkat

Lemon | Credit: Photo by Han Lahandoe on Unsplash

Kandungan zat hidrogen peroksida yang ada di dalam buah lemon dapat membantu membersihkan noda darah lebih efektif. Oleskan air lemon ke bagian pakaian yang terkena noda darah, agar lebih bersih maksimal, kamu juga bisa memadukan air lemon tersebut dengan garam. Dijamin noda darah yang membandel pun dapat hilang seketika.

4.  Selanjutnya, baking soda juga bisa menjadi bahan alami yang mampu menghilangkan noda darah pada pakaianmu

Baking soda | Credit: Photo by NatureFriend from Pixabay

Campuran air dan baking soda yang berupa pasta dapat kamu andalkan sebagai bahan yang mampu menghilangkan noda darah pada pakaianmu. Oleskan pasta baking soda tersebut ke bagian pakaian yang terkena noda darah, lalu biarkan selama 30 menit atau hingga semalaman, setelah itu kamu bisa mencucinya seperti biasa.

5.  Bahan dapur berupa air cuka juga dipercaya mampu menghilangkan noda pakaian

Advertisement

Air cuka | Credit: Photo by Bulbul Ahmed on Unsplash

Jika selama ini menurutmu, cuka hanya berfungsi sebagai penambah rasa pada kuah makanan atau salad, ternyata salah lo guys. Air cuka juga memiliki fungsi lain sebagai bahan alami yang mampu membantu menghilangkan noda membandel termasuk noda darah.

Caranya pun cukup mudah, tutupi area yang terkena noda darah dengan cuka dan biarkan meresap selama 10 hingga 15 menit. Selanjutnya, bersihkan area tersebut dengan handuk dan lakukan berulang kali hingga noda hilang. Setelah itu, cuci pakaian tersebut dengan air dingin seperti biasa.

6.  Tak hanya segar saat diminum, rupanya minuman bersoda atau cola juga dapat difungsikan sebagai bahan pembersih noda darah

Cola | Credit: Photo by Daniel Santiagø on Unsplash

Momen-momen darah dapat menodai pakaian atau seprai tentu tidak hanya terjadi di rumah saja. Nah, saat kamu sedang berada di luar rumah dan pakaianmu terkena noda darah, bahan yang paling mudah kamu gunakan untuk menghilangkan noda tersebut adalah minuman cola. Tidak hanya menyegarkan dan lezat saat diminum tetapi asam karbonat di dalam minuman berbuih ini juga dapat membantu melarutkan noda darah.

Namun, kamu harus perlu tahu bahwa cola hanya berfungsi sebagai pra-perawatan saat pakaianmu terkena noda darah. Maka, kamu juga harus tetap mencucinya dengan bahan yang lain agar noda darah dapat hilang dengan sempurna.

7.  Selain berfungsi sebagai bahan masakan, tepung maizena bisa banget kamu pakai agar noda darah pada pakaianmu bisa hilang

Tepung maizena | Credit: Photo by HowToGym on Unsplash

Campur tepung maizena dengan air dingin secukupnya hingga membentuk pasta kental. Kemudian, oleskan pasta ke seluruh noda dan biarkan pasta mengering. Agar pasta maizena tersebut cepat mengering, kamu bisa menjemur pakaian atau seprai tersebut di pinggir jendela. Setelah mengering, sikatlah pasta tersebut hingga noda darah benar-benar hilang. Selanjutnya, cuci seperti biasa.

8.  Selain beberapa makanan di atas, ternyata bedak talek juga bisa jadi pilihan bahan rumah tangga yang mampu menghilangkan noda darah

Bedak talek tabur | Credit: Foto oleh cottonbro dari Pexels

Untuk menghilangkan noda darah dengan bedak talek, ikuti langkah yang sama seperti yang kamu lakukan saat menghilangkan noda darah dengan tepung maizena. Kedua produk tersebut berfungsi  sama baiknya, jadi kamu bisa menggunakan produk mana pun yang kamu miliki.

Nah, itu dia cara-cara mudah menghilangkan noda darah pada pakaian atau seprai dengan memanfaatkan bahan-bahan dapur atau bahan rumah tangga. Selain caranya yang simpel, bahannya pun mudah didapatkan.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE