5 Cara Menghilangkan Noda Kuning di Sepatu Putih

Nggak bisa dimungkiri kalau sepatu warna putih jadi pilihan banyak orang. Selain bikin tampilan jadi modis, sepatu putih juga cocok jika dipadu padan dengan beragam outfit. Namun, yang seringkali jadi keluhan, pemakaian dalam jangka waktu lama rentan membuat warnanya jadi menguning.

Advertisement

Apalagi kalau sudah terkena noda, maka sudah dipastikan bercaknya langsung terlihat dan membuat seseorang jadi kurang percaya diri. Maka nggak heran, kalau banyak dari kita yang bertanya-tanya, “Bagaimana cara menghilangkan noda kuning di sepatu putih?”

Nah, supaya kamu nggak bingung lagi langsung simak saja yuk cara menghilangkan noda membandel di sepatu putih berikut ini.

1. Cara menghilangkan noda kuning di sepatu putih kanvas atau kain bisa dengan garam dan air panas

cara menghilangkan noda kuning di sepatu

Cara membersihkan sepatu kanvas | Credit: Yael Gonzalez on Unsplash

Menggosok sepatu dengan garam dan air panas bisa menjadi cara menghilangkan noda kuning pada sepatu putih. Pertama, kamu perlu isi mangkuk kecil dengan satu cangkir air panas. Selanjutnya larutkan 1 sdm (20 gram) garam ke dalamnya, aduk dengan sikat gigi yang bersih.

Advertisement

Gosokkan sikat gigi tadi ke daerah sepatu berwarna kuning beberapa kali. Kamu bisa mencelupkan kembali kepala sikat gigi ke dalam air garam. Biarkan sepatu mengering selam 20 menit sebelum kembali menyikatnya hingga warna kekuningan mulai memudar. Cara ini aman digunakan untuk menghilangkan noda di sepatu Converse dan Adidas.

Untuk noda yang sulit hilang, cara membersihkan sepatu putih bisa dengan baking soda. Siapkan 2 sdm baking soda dan hidrogen peroksida, air panas dan sikat. Kemudian ikuti langkah berikut:

  • Campurkan bahan di atas dalam satu wadah,
  • Sikat sepatu secara merata menggunakan campuran tersebut,
  • Biarkan sepatu mengering di bawah sinar matahari selama tiga jam. Sepatu canvas yang dijemur terlalu lama justru membuat permukaannya tampak menguning.

2. Untuk sepatu bahan kulit kamu bisa pakai campuran cuka dan minyak zaitun

cara menghilangkan noda kuning di sepatu

Minyak zaitun untuk bersihkan sepatu kulit | Credit: Kelly Sikkema on Unsplash

Cara mencuci sepatu kulit putih sintetis memakai campuran cuka dan minyak zaitun dalam botol semprotan. Pertama, siapkan 60 ml cuka dan 60 ml minyak zaitun dalam botol semprotan ukuran sedang kemudian kocok dengan kuat.

Larutan ini akan memisah sehingga perlu kecepatan untuk menyemprotnya ke sepatu. Berikan larutan pada area sepatu yang warnanya telah menguning. Diamkan selama lima menit, campuran harus meresap ke kulit sepatu dan membantu menaikkan semua nodanya.

Basuh dengan kain kering yang lembut atau mikrofiber supaya kulit sepatu nggak melupas. Ulangi langkah ini sampai sepatu kering dan tampak bersih.

3. Beda lagi penerapannya untuk noda kuning di sol sepatu. Yuk, perhatikan langkahnya sampai berhasil!

cara menghilangkan noda kuning di sepatu

Noda kuning di sol sepatu | Credit: Patrick Hodskins on Unsplash

Cara menghilangkan noda kuning di sol sepatu warna putih memerlukan cairan kimia bernama hidrogen peroksida. Kadar yang dibutuhkan hanya berkisar 3 persen atau 5 persen. Namun, jika kamu kesulitan mencari cairan ini bisa menggantinya dengan produk pembersih lain yang dijual di toko-toko terdekat.

Pastikan sol sepatu dalam keadaan bersih. Kemudian oleskan cairan hidrogen peroksida atau boleh produk Vanish ke seluruh bagian midsole sepatu yang menguning dengan sikat gigi. Pastikan seluruh permukaan terkena cairan tersebut. Untuk hasil yang maksimal bisa mencampur larutan dengan baking soda. Namun, jika terlalu merepotkan cukup dengan hidrogen peroksida saja.

4. Bagian yang cukup krusial, supaya bahan meresap dengan sempurna jangan lupa lapisi sepatu dengan plastik wrap

cara menghilangkan noda kuning di sepatu

Bungkus sepatu dengan plastik wrap | Credit: YouTube shopiesophss

Saat sol sepatu masih basah akibat cairan hidrogen peroksida, kamu bisa langsung membungkus sepatu dengan plastik wrap. Supaya nggak boros, gunakan plastik tersebut hanya dibagian sol sepatu. Jemur selama 45 menit kemudian lepaskan plastik wrap dan ulangi langkahnya jika hasil belum sesuai keinginan.

Cara membersihkan sepatu putih tanpa dicuci bisa dengan odol alias pasta gigi. Apalagi jika sepatu yang akan dibersihkan memiliki bahan halus. Caranya dengan menggosok pasta gigi ke permukaan sepatu yang berwarna kuning. Kemudian biarkan selama 15 menit. Setelah itu baru dibersihkan menggunakan spons atau kain yang kering.

5. Nggak kalah penting untuk selalu perhatikan bahan dan cara pengeringan yang baik

cara menghilangkan noda kuning di sepatu

Perhatikan bahan sepatu | Credit: The kitchn

Sebelum melakukan tahapan membersihkan noda kuning di sepatu putih seperti di atas, ada baiknya mengenali bahan pembuatan. Apakah kanvas, suede, atau kulit agar langkah yang diambil tepat sasaran.

Kamu juga perlu mengenali petunjuk cara pencucian. Misalnya mulai membersihkan dari yang paling kotor. Dimulai dari bawah, outsole, midsole, upper, ke dalam, lalu ke talinya jika ada. Jangan jemur sepatu kulit di bawah matahari langsung, cukup diangin-anginkan atau menggunaka kipas angin. Menjemur di bawah sinar matahari langsung akan merusak bahan dan membuatnya terkelupas.

Dalam penyimpanan, usahakan seminggu sekali dikeluarkan dan diangin-anginkan. Tujuannya agar sepatu nggak mudah berjamur dan berwarna kuning. Selamat mencoba di rumah, ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE