8 Cara Merawat Lantai Granit biar Nggak Kusam dan Mengilap. Anti Gores!

Cara merawat lantai granit

Memiliki hunian yang indah dan nyaman pasti menjadi keinginan semua orang. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan memilih material bangunan rumah yang terbaik, termasuk dalam pemilihan lantainya. Selain keramik dan marmer, granit menjadi pilihan material yang tepat untuk membuat rumah tampak mewah, elegan, dan sejuk.

Advertisement

Namun, apa jadinya jika lantai granit yang awalnya mewah dan mengilap kemudian kusam karena jarang dibersihkan? Cara untuk mencegah hal itu terjadi, kamu perlu terapkan cara merawat lantai granit yang benar secara berkala. Hipwee sudah menghimpun 8 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda di lantai granit berikut ini. Simak sampai selesai ya!

1. Segera bersihkan lantai granit dengan vacuum cleaner atau pel kering setelah dipasang

Vakum lantai setelah dipasang | Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Merawat lantai granit perlu dilakukan sejak awal pemasangan lantai supaya debu dan kotoran yang menempel saat pemasangan tidak tertinggal. Namun, hindari penggunaan kain atau pel basah untuk membersihkannya setelah dipasang. Hal itu dilakukan agar lantai yang baru dipasang tidak rusak atau tergores. Cara untuk  membersihkan lantai granit yang baru dipasang adalah dengan menggunakan vakuum cleaner atau pel kering.

2. Sediakan keset di pintu masuk supaya lantai nggak cepat kusam dan kotor

Letakkan keset di depan pintu | Photo by Kelly L from Pexels

Meletakkan keset di depan pintu penting sebagai cara merawat lantai granit agar tetap mengilap. Keset berguna untuk membersihkan kaki orang yang akan masuk ke ruangan. Jika kamu tidak menyediakan keset, debu, pasir, hingga kotoran bisa mengotori lantai dan susah untuk dibersihkan.

Advertisement

3. Jangan meletakkan perabotan yang tajam dan kasar di atas lantai granit

Jangan letakkan perabot yang tajam | Photo by Pixabay via Pexels

Lantai granit bukan hanya bisa rusak karena debu dan kotoran saja, goresan juga bisa membuat lantai tidak indah lagi. Untuk melindungi granit dari goresan, pastikan kamu tidak meletakkan perabotan yang tajam dan kasar di atas lantai. Pasanya, lantai granit yang sudah tergores akan sulit dihilangkan hanya dengan peralatan kebersihan biasa, tetapi harus dengan cairan pembersih lantai khusus granit.

4. Pel lantai granit secara benar dan teratur, jangan meninggalkan bercak cairan

Pel secara teratur | Photo by pan xiaozhen on Unsplash

Seperti lantai pada umumnya, cara membersihkan lantai granit dari noda juga harus dengan mengepel secara rutin. Namun, kamu peru menggunakan cara yang tepat supaya tidak mengikis polesan ataupun meninggalkan bercak cairan pada lantai. Cara ini bisa kamu lakukan satu atau dua hari sekali untuk merawat lantai granit agar tetap mengilap. Jangan lupa gunakan cairan pembersih yang sesuai untuk jenis lantai granit.

5. Lap basah lantai granit dengan kain halus supaya nggak cepat kusam

Lap basah lantai | Photo by Engin Akyurt from Pexels

Berbeda dengan material lantai lainnya, granit memiliki sensitivitas yang cukup tinggi sehingga bisa membuatnya cepat kusam. Dengan begitu, cara aman yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan lantai granit yang kusam adalah mengelapnya dengan kain halus yang sedikit basah. Sama seperti mengepel, kamu hanya perlu menyiapkan air bersih dan kain halus kemudian mengelap lantai secara perlahan.

Advertisement

6. Gunakan alat pembersih yang lembut tanpa menggores permukaan

Gunakan alat pembersih yang tak kasar | Credit: Pixabay via Pexels

Kamu mungkin pernah menjumpai lantai granit milikmu terkena noda membandel hingga sulit dibersihkan. Namun, jangan sampai kamu justru membersihkannya dengan spons keras, scrubber, atau alat pembersih yang kasar. Jika kamu lakukan, lantai granit milikmu justru akan tergores dan tidak mengilap lagi. Kamu bisa memakai spons halus, lap mikrofiber, atau handuk halus saja.

7. Bersihkan dengan bahan alami atau pembersih khusus

Gunakan pembersih khusus | Photo by cottonbro from Pexels

Cara menghilangkan kerak air atau debu pada granit tentu tidak bisa sembarangan. Kamu bisa menggunakan pengkilap granit alami atau pembersih khusus untuk menjaga lantai tetap bersih dan mengilap. Pengkilap granit alami yang bisa kamu gunakan adalah campuran baking soda dengan air. Kamu bisa mencampurkan keduanya lalu menyemprotkannya ke area yang akan kamu dibersihkan.

Kalau kamu ingin membersihkan dengan pembersih khusus, kamu bisa mendapatkannya di toko terdekat. Namun, lebih baik pilih pembersih yang memiliki kadar pH netral dan tidak mengandung asam supaya tidak merusak permukaan granit.  Kalau kamu tidak menemukan cairan khusus untuk membersihkan lantai granit, gunakan air hangat dan sabun cair pencuci piring saja.

8. Lakukan pemolesan secara berkala untuk menjaga kualitas lantai granit

Lakukan pemolesan | Photo by Ksenia Chernaya from Pexels

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga lantai tetap mengkilap adalah dengan melakukan pemolesan. Pemolesan ini dilakukan untuk menjaga kualitas dan membuat lantai tetap berkilap lebih lama. Tetapi, pemolesan ini sebaiknya dilakukan oleh profesional supaya hasilnya lebih optimal.

Itu dia delapan cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk merawat lantai granit supaya tetap bersih dan mengilap. Jangan membiarkannya sampai kotor dan berkerak ya, SoHip?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE