6 Desain Rumah Klasik yang Mewah dan Nggak Pasaran. Siapa Tahu Rezeki~

Desain rumah klasik

Desain rumah minimalis memang tengah hype belakangan ini. Hal ini dikarenakan kesibukan manusia modern yang memilih hidup dengan jalan minimalis. Akan tetapi, masih banyak juga lo penggemar rumah dengan desain klasik. Bahkan dengan kreativitasnya, rumah klasik dapat dipadu padankan dengan berbagai style lain.

Advertisement

Terdapat banyak pilihan desain rumah klasik sesuai dengan lokasinya seperti desain rumah klasik Eropa, Jawa, hingga Amerika. Bahkan nggak jarang juga gaya klasik ini dipadukan dengan elemen modern seperti tema sederhana dan minimalis. Pilihan-pilihan desain klasik ini pastinya cocok dibangun di Indonesia.

1. Gaya American classic yang megah, cocok bagi mereka yang senang dengan kemewahan

Furnitur ala rumah klasik Amerika | credit: freepik

Rumah bergaya klasik Amerika ini tergambar jelas dari perabotannya yang serba besar dengan ruangan yang besar pula. Beberapa perabotan itu diantaranya meja, kursi, hingga lampu gantung. Sentuhan ornamen emas juga turut andil dalam membuat kesan mewah rumah. Warna emas ini bisa ditambahkan pada perabotan dan detail-detail ornamen di dalam rumah. Emas akan menambah kehangatan dalam ruang bersamaan dengan kesan mewah dan elegan.

aksen emas | alieexpress.com

Selain mewah, desain klasik Amerika ini juga memiliki sisi elegan lo. Tembok rumah gaya ini identik dengan warna putih dan krem yang kalem. Tidak hanya itu, tembok rumah klasik Amerika juga dilengkapi dengan detail ornamen yang indah.

Advertisement

2. Rumah klasik Jawa serba yang kayu yang membawa nostalgia.

Rumah Joglo Modern | credit: tagarberita.com

Walau asli Indonesia, rumah klasik Jawa saat ini sudah mulai jarang, apalagi kalau kamu tinggal di perkotaan. Dengan kreativitas, SoHip bisa menciptakan rumah tradisional yang mewah tapi tetep nggak antimainstream. 

Sebenarnya, rumah desain klasik Jawa ini bisa juga dipadukan dengan desain modern dan menjadi rumah klasik Jawa modern. SoHip perlu ingat bahwa desain rumah klasik yang satu ini identik banget dengan materialnya yang banyak terbuat dari kayu. Mulai dari furnitur, lantai, hingga pilar dan atap. Supaya suasana jawanya tetap kental,  SoHip harus benar-benar menjaga warna alami dari kayu.

Advertisement

Seperti rumah klasik Jawa asli, SoHip juga bisa membuat platform menggunakan kayu dan juga atap yang berbentuk segitiga. Hal itu membuat rumah terasa lebih luas dan tinggi. Agar semakin indah, rumah dengan juga bisa dipadukan dengan ornamen rotan. Selain rotan, rumah juga bisa dipadukan dengan bahan alami lainnya.

3. Klasik dan minimalis digabung jadi satu? Siapa takut!

Rumah klasik biasanya identik dengan ruangan dan perabotan yang serba mewah dan juga besar. Hal ini sangat berbeda dengan rumah minimalis yang biasanya identik dengan perabotan sederhana dan juga serba ‘pas’. Kedua desain ini melahirkan desain baru berupa rumah dengan desain klasik modern yang minimalis.

Berikut inspirasi rumah dengan nuansa klasik minimalis yang nggak kalah memukau.

Rumah dengan perpaduan gaya klasik dan minimalis | credit: ruangarsitek.id

Rumah yang memiliki atap datar biasanya diidentikkan dengan desain rumah minimalis. Namun untuk menambah kesan klasik, maka bisa ditambahkan dengan jendela yang besar. Selain itu, pemilihan warna cat putih dan garis struktur yang tegas bisa menambah kesan klasik pada rumah.

4. Cocok untuk menjernihkan pikiran, rumah klasik dengan suasana natural dan kayu bisa jadi pilihan utama.

Rumah kayu klasik | credit: thegorbalsla.com

Dengan kombinasi batu bata dan kayu, rumah klasik 2 lantai ini cocok banget untuk menenangkan pikiran dari ruwetnya hidup. Suasana asri di sekitar rumah bisa membuat SoHip menjadi lebih dekat dengan alam. Selain dijadikan tempat tinggal, rumah klasik kayu juga cocok banget untuk dijadikan vila atau rumah kedua untuk berlibur.

5. Menggunakan batu bata putih, pesona rumah klasik Eropa semakin memancar

rumah klasik Eropa | credit: tagarberita.com via 1.bp.blogspot.com

Sebagai peradaban yang cukup tua, pastinya Eropa memiliki desain rumah klasik sangat patut untuk dipertimbangkan. Ciri khas rumah klasik Eropa antara lain memiliki tembok berwarna putih bersih dengan banyak jendela yang mendukung pencahayaan. Selain itu juga terdapat semacam tirai untuk menutup sinar matahari.

Penyebaran rumah gaya Eropa ini tak lepas dari pengaruh Belanda pada zaman dulu. Sehingga beberapa bangunan di Indonesia juga ada yang bergayakan Belanda. Apakah SoHip juga tertarik?

6. Rumah dengan aksen pilar terlihat semakin klasik dan identik dengan kemegahan

Pilar klasik | credit: Maria Orlova dari Pexels

Pada zaman dahulu, pilar digunakan untuk menyangga bangunan. Namun di balik fungsi utamanya, pilar juga menyimpan kesan klasik dan mewah. Bahkan anggapan tersebut masih bertahan hingga hari ini sehingga banyak rumah yang masih mempertahankan aksen pilar.

Rumah dengan pilar tuscan | credit: Lina Kivaka dari Pexels

Walaupun terlihat sama, ternyata pilar juga memiliki berbagai jenis lo. Terdapat jenis pilar tuscan, persegi, composite, bulat, metal, hingga batuan alam. SoHip bisa memilih sendiri mana kira-kira yang cocok untuk rumah impian kelak.

Gimana SoHip, setelah membaca artikel ini kira-kira sudah tahu rumah klasik impian mana yang kamu incar?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE