7 Cara Merawat Lantai Kayu biar Awet dan Nggak Cepat Lapuk

Cara merawat lantai kayu

Pemilihan lantai menjadi salah satu komponen penting dalam menyusun interior rumah. Nggak hanya memberikan kenyamanan saja, lantai rumah juga bisa memberikan kesan yang bermacam-macam. Salah satu jenis lantai yang paling banyak digunakan untuk membuat kesan hunian yang unik dan elegan adalah lantai kayu.  Sekarang, sudah ada berbagai jenis lantai kayu yang beredar di pasaran, di antaranya adalah lantai kayu solid atau lantai parket, lantai kayu laminated, dan lantai kayu vinyl.

Advertisement

Apapun jenis material lantai di rumah, kamu pasti akan menjumpai lantai yang kotor setiap harinya. Kotoran itu bisa dari debu, sisa makanan, hingga cairan yang tumpah di lantai. Namun, setiap material lantai memiliki cara perawatan tersendiri supaya tetap bersih dan mengilap. Nah, buat kamu yang memiliki hunian dengan lantai berbahan kayu, tujuh cara merawat lantai kayu ini perlu kamu cermati.

1. Rutin menyapu lantai setiap hari dan jangan biarkan kotoran menumpuk

Rutin menyapu lantai | Photo by RODNAE Productions from Pexels

Cara merawat lantai yang paling umum adalah dengan rutin membersihkannya. Kamu bisa rutin menyapu lantai kayu setiap hari untuk menghilangkan debu dan kotoran. Jangan sampai kotoran kecil di lantai kamu biarkan menumpuk sampai merusak permukaan lantai. Saat menyapu lantai, gunakan sapu yang berbulu halus supaya tidak menimbulkan goresan. Bahan yang dapat merusak lantai kayu itu adalah sapu lidi dan semacamnya yang berpotensi membuat goresan.

2. Mengepel lantai kayu dengan air hangat sebulan sekali

Mengepel lantai dengan air panas | Photo by Pixabay via Pexels

Berbeda dengan jenis lantai lainnya, mengepel lantai kayu sebaiknya jangan terlalu sering dilakukan. Kamu bisa melakukannya setiap bulan atau saat lantai sudah terlihat kotor. Caranya, gunakan air yang tidak terlalu panas atau hangat kemudian peras sampai tidak terlalu basah sebelum mulai mengepel. Jangan sampai kain pel yang kamu gunakan justru terlalu basah dan membuat lantau kayu menjadi rusak. Pel lantai kayu secara menyeluruh sampai benar-benar bersih dan mengilap.

Advertisement

3. Segera bersihkan dengan kain atau spons saat terkena noda atau cairan tumpah

Gunakan kain untuk membersihkan noda | Photo by Piqsels

Jangan panik saat lantai kayu rumahmu tiba-tiba terkena kotoran atau ada cairan yang tumpah. Cara membersihkan lantai kayu agar mengilap kembali adalah dengan segera membersihkannya dengan kain atau spons. Jangan biarkan cairan tergenang terlalu lama karena bisa merusak lapisan pelindung pada lantai kayu. Kain dan spons itu digunakan untuk menyerap cairan. Jika kamu perlu menghilangkan noda, basahi kain atau spons sebelum membersihkan sampai noda hilang, lalu keringkan lantai dengan kain.

4. Gunakan penyedot debu untuk membersihkan kotoran yang nggak terjangkau dengan sapu

Gunakan penyedot debu | Photo by YoonJae Baik on Unsplash

Menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner untuk lantai kayu tidak ada salahnya. Cara ini bisa digunakan untuk membersihkan lantai kayu jenis vinyl, laminated, ataupun parket seminggu sekali. Dengan penyedot debu atau vacuum cleaner, kamu bisa membersihkan kotoran secara menyeluruh sampai ke sela-sela ruangan yang tidak terjangkau dengan sapu. Namun, jangan sampai roda penyedot debu yang kamu gunakan justru menggores dan merusak lantai, ya!

5. Hindari lantai kayu terlalu lembap, jangan mengepel terlalu sering, dan gunakan bahan kimia antirayap

Hindari terlalu lembap | Photo by Pixabay via Pexels

Kalau kamu memilih lantai berbahan dasar kayu, tentunya kamu sudah mengerti kalau lantai jenis ini paling anti dengan kelembapan. Maka dari itu, cara merawat lantai kayu jenis flooring atau jenis lainnya adalah dengan tidak sering-sering mengepel lantai. Itu karena genangan air dalam lantai kayu bisa membuat lapisan atas lantai kayu terkelupas sampai berujung pelapukan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan menyuntikan bahan kimia antirayap untuk menghindari kelembapan.

Advertisement

6. Poles lantai kayu beberapa bulan sekali supaya goresan hilang dan mengilap kembali

Lakukan pemolesan | Photo by Max Vakhtbovych from Pexels

Pemolesan lantai bukan hanya bisa dilakukan untuk lantai granit saja, cara itu juga bisa digunakan untuk mengilapkan papan kayu. Meskipun proses pemolesan cukup rumit, tetapi kamu bisa melakukannya dalam beberapa bulan sekali untuk menghilangkan goresan pada lantai kayu. Dengan begitu, permukaan lantai akan tampak mulus dan mengilap kembali.

7. Gunakan larutan cuka atau perasan air lemon untuk membersihkan noda membandel

Gunakan larutan cuka atau perasan lemon | Photo by Precious Plastic Melbourne on Unsplash

Perawatan lantai parket, laminated, dan vinyl juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Dua jenis cairan pembersih lantai kayu yang bisa kamu gunakan adalah larutan cuka dan perasan lemon. Kamu bisa mencampurkan sedikit cuka dengan air untuk mengangkat kotoran membandel pada lantai kayu. Selain cuka, kamu juga bisa menggunakan perasan air jeruk lemon pada lantai kayu yang terkena noda. Caranya, diamkan sedikit air perasan lemon selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan lap kering. Akan tetapi, jangan menggunakan kedua cairan itu secara berlebihan karena justru akan merusak lapisan lantai kayu.

Itu dia tujuh cara perawatan lantai kayu yang perlu kamu lakukan supaya rumahmu menjadi lebih bersih dan nyaman. Selain cara di atas, apa saja yang biasa kalian lakukan untuk merawat lantai kayu di rumah, SoHip?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE