Cara Merawat Laptop yang Baru Beli Agar Awet dan Nggak Cepat Rusak. Jangan Cuma Pintar Ngelap

Cara merawat laptop

Dulu, laptop dianggap sebagai benda mahal yang nggak bisa dimiliki semua orang, tapi sekarang tak lagi begitu. Mengingat kegunaannya yang cukup krusial, hampir setiap orang memiliki laptop untuk mempermudah pekerjaan mereka. Tak heran jika kini banyak produsen mulai mengeluarkan laptop dengan harga miring untuk menarik pasar. Meski begitu, kamu tetap harus membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan, sebab ada beberapa yang didesain khusus untuk menggarap pekerjaan atau diperuntukkan bagi penggemar hobi tertentu.

Advertisement

Sekalipun beli baru dan cukup canggih, kamu tetap harus tahu bagaimana cara merawat laptop dengan benar. Jika kamu asal memperlakukannya, performa laptop bisa jadi menurun dan akhirnya cepat rusak. Kalau sudah begini, kamu jadi harus keluar uang lebih untuk biaya servis. Sebelum terlanjur bermasalah, lakukan cara-cara berikut biar laptop barumu nggak gampang rusak dan lebih awet.

Cara merawat laptop agar awet dan tidak cepat rusak bisa dilakukan dengan menerapkan hal-hal berikut SECARA RUTIN

perawatan rutin via www.itnewsafrica.com

1. Perbarui sistem operasi lebih rutin

Bagi pengguna Windows, kamu bisa mengaktifkan ‚ÄėWindows Update‚Äô di menu Control Panel. Selain sistem operasi, kamu juga perlu memastikan kalau aplikasi yang terhubung dengan internet juga kamu perbarui, seperti Google Chrome misalnya.

Advertisement

2. Jangan lupa pasang dan perbarui software anti virus di laptop barumu secara berkala

Kalau nggak mau antivirus berjalan sebagai latar belakang secara real time, kamu bisa pakai MalwareBytes yang bisa otomatis memindai laptopmu tiap seminggu sekali. Atau kamu bisa mengatur scaning di software anti virus yang lain, SmadaV misalnya. Gunakan salah satu antivirus aja, ya!

Advertisement

3. Pastikan kamu sudah menghapus Bloatware sebelum laptop mulai digunakan

Sebab, aplikasi bisa memenuhi memori internalmu meski nggak dipakai. Pasanglah Bulk Instaler supaya aplikasi Bloatware benar-benar bisa hilang dari sistem operasi laptopmu.

4. Optimalisasi daya baterainya dengan mengatur beberapa hal di laptopmu

Misalnya, mengurangi kecerahan layar dan menggunakan fitur Sleep atau Hibernete saat laptop sedang tak digunakan. Sepele tapi ternyata sangat berpengaruh ke ketahanan daya laptop lo!

5. Cara merawat laptop dengan baik juga berarti mesti menjaga keamanannya

Pasanglah software anti pencuri dan aktfikan password di laptopmu. Bagi pengguna Windows, kamu bisa memanfaatkan fitur Find My Device jika sewaktu-waktu laptop hilang dan sulit ditemukan.

6. Agar file yang disimpan di laptop selalu aman, kamu mesti mengaktifkan fitur backup otomatis

Umumnya, masing-masing sistem operasi punya software bawaan yang berbeda. Misalnya Windows 10 memiliki dengan System Restore atau Recovery Drive Creator. Atau, MAC dengan fitur Time Machine.

7. Backup sudah aktif, kini saatnya kamu menambahkan penyimpanan Cloud

Nantinya, Cloud akan sangat membantu jika suatu hari nanti laptop rusak atau dicuri. Setidaknya, jika pakai Cloud, data di dalam masih bisa kamu akses. Ada tiga layanan penyimpanan yang bisa kamu pakai, seperti Dropbox, Google Drive, dan One Drive.

8. Cara merawat laptop baru lain yang bisa dilakukan ialah meminimalisir suhu panas di mesinnya 

Karena sirkulasi udaranya yang kurang bagus, laptop jadi lebih cepat panas ketimbang CPU maupun tablet. Makanya, kamu mesti memastikan laptop berada di suhu yang pas agar tak mengalami penurunan performa dan merusak hardisk internal. Nah, salah satu cara yang bisa kamu pakai ialah dengan menaruh cooling pad sebagai tatakan laptop.

Hindari juga hal-hal yang TIDAK BOLEH dilakukan pada laptop baru. Bisa dipraktikkan sebagai cara merawat laptop gaming juga lo!

pantangan saat pakai laptop via elliotmayot.blogspot.com

1. Pemakaian laptop yang benar ialah dengan tak meninggalkannya di tempat panas

Kalau masih ngeyel melakukan hal ini, ya jangan kaget jika tiba-tiba prosesor laptop mengalami penurunan daya tahan baterai. Biasanya, penurunan performa ditunjukan dengan sering matinya laptop secara mendadak.

2. Jangan memegang layar laptop juga termasuk cara merawat laptop dengan baik dan benar lo!

Biasanya saat memindahkan laptop, kamu nggak sengaja memegang layarnya. Padahal ini bisa merusak engsel karena layar ditekan oleh tangan. Untuk meminimalisirnya, baiknya peganglah laptop di bagian bodinya saja.

3. Sangat nggak disarankan memakai laptop di atas kasur atau bantal

Menaruh laptop di kasur saat dipakai bisa menghambat sirkulasi udaranya. Akibatnya, hardware dalam akan mengalami overheat dan berisiko menimbulkan kegosongan mesin.

4. Meletakkan laptop di atas barang elektronik lain tak boleh kamu lakukan

Pasalnya, ini bisa membuat medan magnet antara laptop dan barang elektronik mengalami gangguan. Akibatnya, data dari dalam hard drive pun bisa mendadak menghilang.

5. Saat ditutup, jangan ganjal laptop dengan pulpen atau pensil

Dengan melakukan hal ini, sudah jelas keyboard dan layar laptopmu akan mengalami masalah. Pasalnya, dua bagian ini merupakan perangkat yang cukup rapuh. Jika terlalu kencang, bisa-bisa layar laptop juga retak lo!

6. Menyentak kabel cas dari laptop jelas bisa membuatnya cepat rusak 

Kebiasaan ini bisa merusak port pengisian daya serta kabel cas laptop lo! Seburu-buru apa pun, cabutlah kabel cas secara perlahan agar port tak rusak dan charger jadi lebih awet. Ssst, harga charger laptop lumayan juga lo!

7. Browsing dan mengunduh sembarang file juga mesti dihindari kalau mau laptop barumu bebas dari virus

Tak cuma menimbulkan file sampah, kadang virus juga bisa mengunci data yang ada di laptopmu lo! Jadi, kamu akan kesulitan mengaksesnya. Jika tak ingin hal ini terjadi, sebisa mungkin perhatikan setiap website yang kamu buka. Apalagi jika kamu berpikir untuk mengunduhnya.

8. Cara merawat laptop dengan baik dan benar ialah dengan tak membiarkan baterai habis sampai 0 persen 

Keseringan membiarkan laptop kehabisan baterai hingga 0 persen bisa mengurangi daya tahan baterainya lo! Misalnya, jika awal beli baterai bisa tahan sampai empat jam, mungkin dalam beberapa bulan baterai laptop hanya dapat digunakan selama satu jam saja.

9. Jangan pasang dua antivirus sekaligus dalam satu laptop

Bukan bikin laptop makin aman, antivirus yang lebih dari satu justru bisa memperlambat kinerja sistem operasi karena perbedaan refrensi database. Alih-alih memakai dua antivirus, lebih baik gunakan salah satunya saja dan lainnya lagi bisa kamu pasangi software pembersih, seperti CC Cleaner misalnya.

10. Usahakan untuk nggak menggunaan sistem operasi maupun aplikasi yang melebihi kapasitas hardware laptop

Memang tetap bisa bekerja, tapi nanti ya jadi nggak maksimal. Biasanya kalau dipaksakan, laptop bakal lemot dan sering mati. Daripada memaksakan sistem operasi maupun aplikasi, mending beli laptop sesuai spesifikasi yang dibutuhkan. Misal kamu seorang desain grafis, ya belilah laptop yang sekiranya bisa untuk kamu pasang software pendukung aktivitas desainmu.

Nah, anjuran dan larangan di atas bisa kamu lakukan sebagai cara merawat laptop Asus ataupun merek lain. Sebenarnya, tiap laptop hampir sama perawatannya, kadang yang membedakan justru spesifikasi di dalamnya. Itulah sebabnya kenapa kamu mesti memilih laptop yang sesuai kebutuhan. Biar laptopmu nantinya lebih awet dan nggak mengalami overheat dan akhirnya bikin cepat rusak.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE