7 Cara Memasang Tabung Gas yang Benar Tanpa Mengandalkan Bantuan Pria

cara pasang tabung gas

Selain pandai memasak, kemampuan untuk memasang tabung gas sendiri juga diperlukan bagi para cewek. Meski bisa meminta bantuan orang lain untuk memasangnya, tapi nggak mungkin kan harus terus-terusan mengandalkan bantuan orang lain tiap kali gas habis. Iya kalau pas ada orang, nah kalau pas kamu lagi sendirian, siapa lagi yang bisa diandalkan selain dirimu sendiri?

Advertisement

Nggak perlu khawatir, cara memasang tabung gas ke kompor itu nggak serumit dan seseram bayanganmu kok. Kuncinya, jangan takut saat mempraktikannya agar tabung gas bisa terpasang dengan benar dan aman.

1. Pastikan sirkulasi udara di dapurmu lancar untuk meminimalisir terjadinya ledakan jika memang tabung gasnya bocor

cara pasang tabung gas

sirkulasi udara dapur baik | Credit by desainrumah54.blogspot.com

Buka jendela dan pintu lebar-lebar selama proses pemasangan tabung gas, bahkan ketika mengecek kebocoran tabung gas sekalipun. Cara ini bisa menghindari ledakan jika memang tabung gasnya bocor ketika sedang memasangnya.

2. Sebelum mulai memasang, pastikan tabung gas nggak mengalami kebocoran

tes kebocoran dengan sabun | Credit by www.djangkarubumi.com

Sebelum memasang tabung gas, cara yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa tabung gas tidak mengalami kebocoran. Pasalnya, tabung gas yang terindikasi mengalami kebocoran bisa menyebabkan kebakaran jika disambungkan ke kompor yang menyala.

Advertisement

Pertama-tama, letakkan tabung gas jauh dari nyala api dan pastikan selangnya nggak tertindih barang berat lain. Setelah itu, kamu bisa cek kebocoran tabung dengan memberikan air sabun di leher tabung. Kalau muncul gelembung, jangan gunakan tabung gas tersebut karena berpotensi bocor.

3. Nggak kalah pentingnya, kamu juga perlu memastikan bahwa kompor dalam keadaan mati sebelum memasang tabung gas

cara memasang gas

pastikan kompor mati | Credit by servicegaslpg.blogspot.com

Matikan kompor sebelum memasang tabung gas agar aliran gas dari tabung ke kompor terputus sehingga bisa meminimalisir kebakaran. Baiknya, bersihkan dulu kompormu supaya api tetap bisa menyebar dengan rata ke seluruh tungku kompor.

4. Pastikan juga rubber seal atau karet penahannya masih dalam keadaan lentur, halus, dan nggak sobek

Advertisement

karet seal harus bagus kualitasnya | Credit by orin.supriatna.web.id

Rubber seal adalah karet yang mengelilingi leher tabung yang fungsinya untuk menahan tekanan jarum pada regulator, orang-orang sering menyebutnya karet seal.

Nah, supaya aman dalam memasang gas, cara selanjutnya adalah pastikan karet seal-nya ini masih lentur, halus, nggak sobek, dan pas diameternya dengan leher tabung gas. Kalau dirasa karet seal bawaan dari tabung gas ini kurang oke, kamu bisa membeli karet seal dengan kualitas yang lebih baik yang dijual terpisah di toko-toko terdekat.

5. Setelah memastikan rubber seal terpasang dengan benar, langkah selanjutnya ialah memasang regulator

cara memasang tabung gas

pasang regulator yang benar | Credit by nakita.grid.id

Pasang regulator dengan posisi tegak lurus ke arah leher tabung. Tekan sekuat tenaga agar jarum regulator benar-benar menancap pada leher tabung. Kalau sudah pas, putar penguncinya (biasanya ada di samping regulator) searah dengan jaruh jam atau hingga posisi kemiringannya 180 derajat. Biasanya indikator jarum pengukur tekanan pada regulator akan bergerak ke kanan jika regulatornya sudah terpasang dengan benar.

6. Jika terdengar bunyi mendesis setelah terpasang, lepas regulator dan ganti rubber seal dengan yang lain

lepas dulu regulatornya | Credit by www.djangkarubumi.com

Jika terdengar suara mendesis setelah regulator terpasang, kemungkinan terjadi kebocoran pada karet seal. Segera lepas kembali regulator, ganti karetnya, lalu pasang kembali regulator. Kalau sudah nggak lagi terdengar suara mendesis dan nggak ada bau gas, berarti pemasangan gas telah berhasil dan kompor siap digunakan. Cara ini wajib kamu perhatikan dengan serius saat memasang gas supaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

7. Jika regulator sudah terpasang dengan baik tapi kompor masih belum menyala, kamu perlu memeriksa indikator jarum yang ada di regulator

cek indikator | Credit by makeitrails.wordpress.com

Coba cek dulu jarum regulatornya, kalau ternyata nggak bergerak ke kanan, bisa jadi regulatornya rusak. Kompor dimatikan terlebih dulu, copot regulator dan tepuk-tepuk hingga beberapa kali, lalu pasang kembali regulator ke leher tabung.

Atau, kamu juga bisa menggoyangkan selang yang menghubungkan tabung dengan kompor, bisa jadi terjadi penyumbatan. Kalau masih nggak nyala juga, tukar tabung gas dengan yang baru.

Itu dia tujuh cara yang bisa kamu praktikkan dalam memasang gas. Jika kamu masih belum berani memasang tabung gas sendiri, nggak ada salahnya mencoba langkah-langkah di atas. Pastikan kamu mengikuti instruksi dengan benar biar proses pemasangannya juga aman dan nggak bermasalah, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE