6 Kelebihan Kompor Tanam yang Menyatu dengan Meja Dapur. Ringkas, Desain Modern, Rapi Terus!

Kompor tanam

Inovasi peralatan dapur seolah tak ada habisnya. Jika baru-baru ini booming air purifier, sebelumnya sempat hit kompor tanam. Berbeda dengan kompor pada umumnya, kompor jenis ini merupakan kompor yang menyatu dengan meja dapur atau kitchen set. Karena bentuknya yang ringkas, wajar apabila kompor tanam banyak diminati.

Advertisement

Kompor tanam terdiri dari beragam jenis, ada kompor tanam 1 tungku, kompor tanam 2 tungku, hingga kompor tanam 5 tungku. Tipe pemasangan, bahan bakar, dan tingkat keamanan masing-masing jenisnya berbeda. Untuk bahan bakar sendiri, kompor tanam menggunakan induksi, gas, dan juga elektrik. Karena cukup rumit, ada baiknya jika kamu mengenali fitur kompor tanam yang terlebih dulu.

Lantas apa sih yang membuat kompor tanam istimewa hingga banyak orang tertarik untuk memilikinya? Berikut Hipwee Tips jabarkan kelebihannya menurut review kompor tanam dari para penggunanya.

1. Dibanding kompor biasanya, kompor tanam lebih mudah dibersihkan

gampang dibersihkan | credit: bhg.com via www.bhg.com

Karena minim detail dan ukurannya yang relatif kecil, kompor tanam cenderung mudah dibersihkan. Apalagi jenis kompor tanam stainless steel yang licin permukaannya. Meski kena cipratan minyak, kompor tanam hanya perlu dilap menggunakan kain mikrofiber yang sudah dibasahi air. Untuk pembersihan mendalam, cukup lepas tungku kompor kemudian rendah dalam air hangat selama 10 menit. Selanjutnya, gunakan kuas untuk membersihkan inti kompor yang umumnya terbuat dari kaca.

Advertisement

2. Berkat desain kompor tanam progras yang cukup ringkas, dapur jadi selalu rapi dan nampak modern

mempercantik dapur | credit: Becca Tapert via unsplash.com

Karena kompor tanam menyatu dengan kitchen set, maka cara pasang kompor tanam pun dari yang biasanya. Dalam proses pemasangannya dibutuhkan pemotongan sedikit area pada meja untuk dijadikan tempat kompor supaya yang nampak hanya tungkunya saja. Sementara bagian pipanya disembunyikan di bawah meja. Berkat hal inilah, tampilan dapur dengan kompor tanam umumnya jadi lebih rapi dan terkesan modern. Apalagi biasanya, orang-orang menempatkan cooker hood di atas kompor tanamnya.

3. Menyambung poin sebelumnya, kompor tanam ini dapat menghemat ruang penempatan

hemat tempat | credit: rumah_zara via www.instagram.com

Ukuran kompor tanam relatif lebih kecil daripada kompor biasa, sehingga tak butuh banyak ruang untuk meletakannya. Tampilannya pun cenderung minimalis dan hanya menonjolkan bagian tungku saja. Nah, karena hal inilah kompor tanam pas untuk ditempatkan di dapur berukuran kecil dengan luas terbatas. Selama penataan dan interiornya tepat, tampilan dapur akan terkesan luas dan lebih minimalis. Meski begitu, kamu tetap harus mempertimbangkan jumlah tungku kompor dengan luas meja dapurmu.

4. Harga kompor tanam memang lebih mahal, tapi sebetulnya sepadan dengan fitur canggih yang ditawarkannya

Advertisement

banyak fitur menarik | credit: Mike Gattorna via pixabay.com

Kompor tanam dilengkapi dengan sederet fitur yang memudahkan kegiatan memasak. Beberapa fitur yang cukup menarik di antaranya ialah timer, alarm, dan pengingat suhu keamanan. Berkat fitur-fitur ini, kamu tak perlu khawatir lagi makanan bakal gosong atau kematangan karena sudah ada pengaturan waktunya.

Masing-masing merek kompor tanam umumnya memiliki fitur unggulan yang berbeda, jadi sebelum membeli akan lebih baik jika kamu mempelajari fitur-fitur dari merek tersebut. Kemudian bandingkan mana merek yang fiturnya paling sesuai dengan kebutuhanmu. Bisa jadi kompor tanam Suggo atau malah kompor tanam Modena.

5. Karena dilengkapi dengan fitur menarik, kompor tanam jadi lebih aman digunakan

lebih aman | credit: Le Creuset via unsplash.com

Bagaimana tidak, di kompor tanam ada fitur timer yang memungkinkanmu untuk mengatur waktu memasak. Bahkan kalaupun lupa, kompor tanam dapat berbunyi layaknya alarm jika proses memasak sudah lebih dari waktu yang ditentukan. Penempatan pipanya yang tak kelihatan pun mampu mengurangi risiko anak terjatuh saat bermain di sekitarnya.

Apalagi ada beberapa merek kompor tanam, seperti kompor tanam Rinnai yang sudah memiliki fitur kebocoron gas atau Thermocouple, di mana fitur ini dapat berfungsi sebagai pengaman apabila api tiba-tiba mati karena suatu hal. Saat hal tersebut terjadi, maka saluran gas otomatis menutup dan dapat mencegah kebocoran.

6. Permukaan kompor tanam terbaik biasanya tak mudah berkarat

nggak karatan | credit: pxfuel.com via www.pxfuel.com

Karena terbuat dari material stainless steel, kompor tanam tak akan mudah berkarat meski sering kena cipratan minyak dan air. Sekalipun kamu tengah malas mengelapnya, kotoran ini tak lantas membuat permukaan kompor jadi gampang karatan maupun mengelupas. Tapi usahakan beli merek kompor tanam yang bagus dan awet agar tampilannya bisa selalu kinclong dan awet digunakan.

Di balik semua keunggulan yang sudah disebutkan di atas, tetap ada beberapa kerugian kompor tanam, yang paling mengesalkan yakni posisinya yang tak bisa diubah. Selain itu, pemasangannya pun cenderung sulit dan rumit. Kamu butuh bantuan ahli untuk memasangnya karena pipanya mesti disembunyikan. Untuk jenis kompor tanam Electrolux atau elektrik pun akan memakan banyak penggunaan aliran listrik, secara nggak langsung tentu ini dapat membuat tagihannya melonjak.

Melihat dari kelebihan dan kekurangan di atas, agaknya kamu bisa mempertimbangkan jenis kompor mana yang pas dengan kebutuhanmu. Meskipun fitur kompor tanam ini cukup menarik, tapi juga sebanding dengan kekurangannya. Jadi, mestinya kamu bisa memilih dengan lebih bijak. Jangan cuma mengikuti yang sedang hit saja, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE