6 Trik Hemat Listrik Saat Pakai Setrika. Sekalipun Watt-nya Besar, Tagihan Nggak Akan Bengkak

Pakai setrika hemat listrik

Nggak cuma ibu rumah tangga, sebagian anak kos pasti lebih memilih untuk menyetrika pakaian mereka sendiri ketimbang laundry untuk menghemat pengeluaran. Memang jauh lebih irit, tapi kalau pakai setrikanya keseringan ya sama saja borosnya. Apalagi beberapa setrika listrik hampir memakan daya yang cukup besar hingga 300 watt.

Advertisement

Nah, biar uang tagihan listrikmu nggak membengkak, coba terapkan cara-cara ini ketika menyetrika. Setidaknya, bisa mengurangi belasan hingga puluhan ribu uang untuk pemakaian listrik tiap bulannya.

1. Sebelum menyetrika, siapkan dulu semua yang dibutuhkan, termasuk pakaian dan pelembutnya

siapkan dulu via www.dlaundry.info

Tujuannya biar nggak ada jeda waktu setrika nganggur alias tak terpakai. Sekalipun cuma beberapa menit, ini tetap menambah tagihan listrik lo! Biar lebih enak, kelompokkan dulu setiap jenis pakaian; antara baju kerja dan untuk rumah baiknya dibedakan.

2. Aturlah suhu setrika sesuai dengan bahan kain

atur suhunya via www.gojek.com

Umumnya, makin tinggi suhu maka makin banyak pula listrik yang diperlukan. Makanya, saat setrika sedang panas-panasnya cobalah pakai untuk menghaluskan pakaian seperti celana jeans dan baju kerja yang memang mesti rapi. Untuk baju rumahan, kamu bisa menyetrika dengan suhu hangat saja.

Advertisement

3. Kalau mau praktis, kamu bisa pakai setrika otomatis yang hemat energi

pakai setrika otomatis via www.ayobandung.com

Setrika otomatis biasanya akan mati dengan sendirinya saat suhu sudah terlalu panas. Nah, itulah yang membuatnya lebih hemat listrik. Di samping itu, gunakanlah setrika hemat energi untuk rumahan dengan watt kecil. Baiknya, hindari memakai setrika mini atau untuk traveling kalau cuma dipakai di rumah.

4. Sesekali bersihkanlah bagian permukaan setrika

bersihkan keraknya via indomedia.com.au

Bagian bawah setrika yang kotor dan berkerak dapat menyerap panas yang diproduksi. Hal ini bisa membuat setrika jadi lebih lama panasnya yang kemudian berujung pada lonjakan pemakaian daya listrik.

5. Ternyata, menyetrika dari bagian dalam bisa mengurangi penggunaan daya listrik

setrika dalam baju via lifestyle.kompas.com

Sebab, ada beberapa kain yang justru jauh lebih cepat rapi saat disetrika bagian dalamnya. Biasanya sih untuk pakaian bahan tebal, jersey, atau baju dengan sablon di bagian depannya.

Advertisement

6. Atau, kamu bisa meletakkan alumunium foil di permukaan setrika

pakai foil via www.littlethings.com

Alumunium foil bisa memantulkan panas dari setrika, yang mana bakal menembus sisi lawan baju. Nah, jadi nggak perlu membolak-balik baju untuk setrika bukan? Memang masih jarang dilakukan, tapi trik ini boleh kamu coba lo!

Setelah selesai menyetrika, segera cabut kabelnya. Jika suhunya masih cukup panas, manfaatkan untuk menyetrika baju maupun bokser. Kan jadi nggak ada energi yang kebuang, kan? Coba deh praktikkan beberapa hari, terus lihat deh berapa pulsa listrikmu yang berkurang. Lebih irit kan pasti?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE