Tinggi Meja Dapur Standar untuk Orang Indonesia. Sesuaikan, Biar Nggak Gampang Pegal Masaknya

Tinggi meja dapur

Banyak hal yang mesti diperhatikan saat membangun atau merenovasi dapur. Salah satunya ialah mengatur tinggi meja dapur. Sebab, aspek ini akan sangat berpengaruh pada kenyamananmu ketika memasak. Apalagi jika dapur sering digunakan untuk memasak makanan yang butuh banyak persiapan. Sebenarnya, sudah ada aturan tinggi meja dapur standar yang umum diterapkan, tapi belum semua orang tahu akan informasi penting ini. Sehingga tak sedikit dari mereka yang lantas membuat meja dapur asal-asalan atau tak sesuai ukuran.

Advertisement

Ketika membuat meja dapur, ada banyak hal yang patut jadi perhatian. Mulai dari mengatur tinggi meja dapur ke kitchen set hingga luas area kerjanya. Nah, karena dianggap cukup rumit, tak heran jika kebanyakan orang lebih memilih mempekerjakan seorang desain interior untuk menggarap dapur mereka. Padahal sebenarnya, jika sudah tahu ukuran tinggi meja dapur ideal, hal ini tentu bisa dikerjakan sendiri. Tak usah khawatir tinggi meja dapur bakal nggak sesuai, lewat ulasan berikut, Hipwee Tips bakal berikan patokan tinggi dapur yang umum digunakan plus beberapa hal penting lainnya.

Ini alasan sebenarnya kenapa mengukur tinggi meja dapur itu perlu dilakukan

biar nggak sakit punggung via www.reviewed.com

Karena kegiatan memasak biasanya berlangsung  cukup lama, maka tinggi meja dapur mesti dibuat setepat mungkin. Kalau nggak, punggung jadi gampang pegal dan nyeri dalam jangka waktu yang panjang. Meski begitu, tinggi meja dapur minimalis tetap bisa diatur sefleksibel mungkin kok!

Supaya nanti ukurannya sesuai, perhatikan beberapa aspek berikut sebelum memulai proses pembuatan meja dapur

pertimbangan membuat meja dapur via co.pinterest.com

1. Pemilihan material meja dapur 

Advertisement

Selain keramik meja dapur, kamu bisa menggunakan material lain seperti kayu, stainless ataupun cor semen. Pemilihan material ini bisa disesuaikan dengan konsep dapur yang diinginkan. Pastikan semuanya serasi agar dapur terasa nyaman dan enak dilihat.

2. Ukur keseluruhan luas dapur yang disesuaikan dengan meja 

Advertisement

Agar area dapur jauh lebih fungsional, pengukuran secara detailnya perlu diperhatikan. Atur tinggi meja sesuai dengan rata-rata tinggi anggota keluarga yang sering memakainya supaya dapur nyaman untuk digunakan semua orang.

3. Meja yang bisa dimodifikasi ulang

Untuk mengantisipasi kebosanan, hal ini pun patut dipertimbangkan. Jadi, jika sewaktu-waktu mesti mendesain ulang, tak perlu keluar biaya lebih banyak lagi.

4. Saluran air serta pembuangan sampah 

Agar dapur tak berbau karena lembap, saluran air jelas jadi perhatian utama. Makanya, penting untuk memilih pipa serta menaruh wastafel cuci piring di tempat yang pas supaya airnya nggak ke mana-mana.

5. Finishing meja dapur 

Meski dicor dan dihaluskan saja cukup, tak ada salahnya jika kamu melapisi meja dengan keramik, beton maupun kayu. Kembali lagi, pemilihan finishing bisa disesuaikan dengan konsep dapur yang diinginkan, ya!

Berapa sih tinggi meja dapur yang ideal?

Nggak keliru kalau misalnya kamu sering mendengar tinggi meja dapur 90 cm, karena tinggi meja dapur dari lantai yang sudah dipasangi keramik berkisar antar 80 hingga 90 cm.  Sedang, ukuran lebar meja yang disarankan ialah 60 cm. Tentunya, ukuran tinggi meja dapur beton ini akan membuat punggung serta tanganmu terasa lebih nyaman ketika memasak.

Biar nggak bingung, silakan cek gambar ukuran meja dapur berikut.

standar tinggi meja dapur via id.pinterest.com

Bentuk jadinya, silakan lihat pada gambar meja dapur cor ci bawah ini.

meja dapur cor via www.pinterest.nz

Melihat gambar di atas, ukuran tinggi meja dapur kompor tak sama dengan yang lain. Biasanya sih dibuat lebih rendah

tinggi meja kompor via www.idekunik.com

Jika menggunakan kompor biasa, tinggi meja dapur berkisar antara 60 hingga 70 cm. Perlu dicatat, kalau ini merupakan tinggi meja dapur jadi, artinya saat pengecoran dan pemasangan keramik mesti diperhatikan lagi ketebalannya. Sesuai anjuran, gunakan keramik dengan ketebalan 3 cm. Sedang untuk cor meja dapur berkisar antara 5 hingga 7 cm.

Nah, kalau tinggi meja dapur kompor tanam beda lagi. Anjurannya, dibuat bertinggi 80 cm dengan finishing keramik. Jika ingin memakai cooker hood untuk menghisap asap kompor, jarak pemasangan yang tepat ialah 60 hingga 80 cm persis dari meja kompor. Untuk lebarnya, bisa disesuaikan dengan ukuran kompor yang dipakai. Tapi baiknya, sisakan 5 sampai 10 cm agar tangan terasa lebih nyaman saat digunakan memasak.

Selain kompor, ukuran kitchen sink pun mesti disesuaikan, supaya air tak membasahi area untuk memasak saat mencuci

Ada dua jenis sink yang bisa dipakai, yakni sink dengan satu bak atau dua bak. Jika meja dapurmu tak cukup panjang, baiknya gunakan sink satu bak saja supaya area memasak jauh lebih luas dan bisa digunakan dengan maksimal. Nah, ukuran kitchen sink yang bisa digunakan ialah 80 sampai 90 cm sebagai ukuran permukaan. Biar ada gambaran, coba lihat gambar meja kompor dan tempat cuci piring berikut.

meja kompor dan cuci piring via www.youtube.com

Jika kamu berniat ingin membuat dapur berkonsep bar, coba gunakan aturan tinggi meja bar berikut

tinggi bar dapur via www.dekoruma.com

Ukuran mini bar berkisar antara 70 sampai 120 cm tergantung dari tinggi anggota keluarga dalam rumah. Kalau mayoritas keluargamu bertubuh kecil, baiknya buat mini bar dengan ukuran tinggi 70 hingga 90 cm dan bangku 50 sampai 72 cm. Untuk keluarga yang mayoritas anggotanya kebetulan tinggi, bisa membuat mini bar dengan ukuran tinggi 110 sampai 120 dan bangku 84 hingga 92 cm. Untuk lebar meja bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan penggunaannya nanti, tapi baiknya jangan terlalu luas, antara 20 sampai 30 cm pun cukup kok!

Nah, kalau sudah paham ukuran standar tinggi meja dapur, sekarang bisa mulai mempraktikkan cara membuat meja dapur sendiri

membuat meja dapur sendiri via rumahcor.com

Sebelum membuat meja dapur, pastikan gambaran konsep dapur yang diinginkan sudah ada, supaya material yang digunakan sesuai dan nggak terbuang percuma. Jika sudah, belilah semua barang lalu mulai langkah pembuatannya.

  1. Bongkar meja lama, lalu ukur ulang tinggi meja dapur baru yang mau dibuat. Pastikan ketebalan cor dan ubin perekatnya nanti sudah sesuai agar tinggi meja bisa benar-benar pas. Jangan lupa pertimbangkan juga tinggi sink serta meja sumber apinya dan beri tanda di ukuran yang sesuai.
  2. Buat meja sesuai dengan material yang diinginkan, bisa kayu atau cor semen. Untuk bagian sink, bisa dilubangi menggunakan jigsaw listrik yang ujungnya bulat.
  3. Di area kerja, coba gunakan finishing keramik atau kayu agar lebih nyaman digunakan untuk memasak. Pasanglah dengan mantap supaya stabil dan tak bergeser. Nah, untuk bagian sink, tepinya bisa dilapisi dengan senyawa waterproofing agar air tak merembes.
  4. Setelah finishing permukaan meja terpasang, diamkan beberapa hari lalu oles mortar dengan menggunakan karet spatula fleksibel untuk memastikan bahwa tak ada celah lubang di mejanya. Tunggu hingga kering, lalu bersihkan dengan kain bekas.

Ukuran membuat meja dapur cor di atas bisa digunakan sebagai patokan jika kamu berniat ingin membangun atau merenovasi dapur. Tak perlu saklek dengan ukuran di atas, atau terlalu percaya dengan anggapan tinggi meja dapur menurut fengshui, sebab tinggi meja dapur beton tetap perlu disesuaikan dengan penggunanya. Mintalah bantuan dan arahan ke tukang bangunanmu nanti untuk menentukan ukuran meja dapur keramik yang diinginkan. Jadi, kamu tinggal siapkan konsep dan gambaran penataannya saja.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE