Siapa wanita yang tidak ingin tampil cantik setiap saat? Salah satu cara menjadi lebih cantik adalah memperhatikan gaya berpakaian kita. Ngomong-ngomong tentang gaya berpakaian, kenapa tidak mencoba jadi lebih berkelas? Menjadi berkelas bukan berarti harus selalu berpakaian formal, tetapi lebih tentang kepandaian menarik perhatian tanpa harus berdandan berlebihan.

Masalahnya, tampilan berkelas biasanya membutuhkan anggaran yang tak sedikit. Padahal, kita tidak mungkin menghabiskan uang hanya untuk urusan pakaian, ‘kan? Oleh karena itu, yuk simak tips berikut agar kamu bisa tampil cantik berkelas tanpa menyiksa keuanganmu.

1. Perhatikan cara berpakaianmu

be classy via 500px.com

Kunci dari tampil berkelas salah satunya adalah dengan menghindari pakaian pakaian yang terlalu seksi. Walaupun mungkin pakaian seksi akan membuatkmu mendapatkan perhatian dari banyak lelaki, tidakkah kamu merasa risih dengan pandangan yang dilemparkan oleh banyak lelaki tersebut? Berbanggalah kalau kamu bisa terlihat cantik dan anggun dengan pakaian yang tetap santun.

2. Be simple

simple but classy via media-cache-ec0.pinimg.com

Advertisement

Jangan habiskan terlalu banyak uangmu untuk membeli pakaian yang mahal. Alih-alih, pakai anggaran itu untuk membeli aksesoris yang berkelas. Ini karena pada umumnya, yang menjadi mahal dari sebuah pakaian hanyalah brand-nya, padahal sebuah brand tidak akan terlalu mempengaruhi cara pandang orang lain tentang berkelas atau tidaknya kamu dalam berpakaian. Yang lebih penting dari brand adalah kemampuanmu untuk ‘mix and match’ secara tepat pakaian yang kamu kenakan.

Ada baiknya kamu tak menaruh terlalu banyak aksesoris dalam tubuhmu. Yang paling penting dari aksesoris adalah seberapa jauh mereka akan menunjang pakaianmu, bukan jumlahnya. Aksesoris yang minimal tapi berkualitas akan membuatmu tampak anggun, simpel, dan fokus. Jangan malah mengenakan gelang besar, jam tangan besar dan beberapa cincin sekaligus. Kamu tidak ingin terlihat berlebihan, bukan?

3. Jangan mau menjadi korban fashion

don’t be a fashion victim via marinshe.deviantart.com

Kamu boleh–boleh saja mengikuti perkembangan fashion atau trend, tetapi jangan sampai kamu jadi fashion victim. Jangan mengikuti fashion secara berlebihan karena memang itu bukan kewajiban. Siapa juga yang menuntutmu untuk selalu berpakaian secara up-to-date? Jangan-jangan hanya dirimu sendiri yang kurang percaya diri. Jangan sampai juga kamu mengikuti suatu gaya padahal kamu tidak terlalu suka gaya berpakaian tersebut, apakah hanya supaya kamu dibilang trendy? Jangan mau, atau kamu akan kerepotan untuk selalu mengikuti trend, karena dari masa ke masa trend sentiasa akan berubah dengan sangat cepat. Dan tentu saja itu akan memberatkan keuanganmu. Be confident with yourself! Pilihlah fashion atau gaya yang sesuai dengan dirimu dan dengan dengan kepribadianmu karena ada kemungkinan kamu hanya akan sesekali membeli pakaian yang kamu suka dan perlukan. Jadi kamu bisa menghemat pengeluaran deh!

4. Pilihlah kain yang berkualitas dan warna yang sepadan

Good fabrics, Good clothes via theparanoir.files.wordpress.com

Agar terlihat menawan dan berkelas, menilik kain yang kita kenakan juga tak kalah penting. Cobalah perhatikan sekitarmu: bukankah menjadi berkelas salah satunya adalah masalah kain dan warna yang sepadan? Mulai sekarang, yuk lebih peduli soal jenis kain yang kita kenakan! Campuran rayon dan katun yang menyerap keringat dan tidak kaku adalah bahan yang pas untuk t-shirt. Linen adalah bahan yang tahan lama, menyerap keringat, dan tak mudah kusam. Sementara, sutra dan satin pas untuk acara formal di malam hari.

Pakaian dengan kain berkualitas bisa lebih awet dan nyaman. Jangan langsung takut dengan biaya yang harus kamu keluarkan di awal. Biaya yang kamu habiskan untuk sekali memakai pakaian mahal dan awet akan lebih murah jatuhnya dibandingkan pakaian yang harganya sedikit lebih rendah tapi nggak awet.

Selain itu, sebaiknya kamu jangan menggunakan warna yang kontras secara bersamaan. Color block memang sempat jadi tren, tapi sebagaimana tren-tren yang lain, datang dan berlalunya color block terlalu cepat. Jadi, sebaiknya pilihlah warna–warna pastel yang kalem, aman, dan hangat. Warna klasik ini akan lebih mudah disesuaikan dengan acara yang akan kamu hadiri.

5. Perhatikan tubuhmu

get your beauty treatment via www.bestfashionweek.com

Akankah kamu terlihat cantik, berkelas dan anggun jika kamu tidak memperhatikan keindahan wajah dan tubuhmu? Nah, makanya mulai sekarang jangan cuma mempedulikan pakaian apa yang kamu kenakan saja. Tetapi mulai pedulikanlah keindahan dan kebersihan tubuhmu. Mulai dari atas ya!

Perhatikan kebersihan wajahmu, entah kamu memiliki permasalahan di wajahmu atau tidak. Ada baiknya jika kamu selalu rutin merawat wajahmu, lakukan masker, berikan pelembab dan juga sunscreen ketika akan melakukan aktivitas outdoor. Selain itu, jika kamu ingin menaruh make up di wajahmu, jangan gunakan warna eye shadow yang kontras ataupun blush on atau lipstick terlalu mencolok. Sapukan wajahmu dengan warna- warna make up yang natural dan lembut, yang juga sesuai dengan warna pakaian yang kamu kenakan.

Tata rambutmu! Rambut yang tertata dengan rapi akan semakin menunjang gaya berpakaianmu. Tak peduli sebagaimana rapi dan cantik kamu berdandan, jika kamu tidak menyisir rambutmu dengan rapi kamu akan sulit tampak anggun. Luangkan waktu untuk merawat kebersihan dan kesehatan rambutmu: cuci rambut secara rutin serta sesekali lakukan hair mask atau creambath. Jika kamu berencana mengganti warna rambutmu, ada baiknya mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada pakarnya — supaya hasilnya sesuai dengan warna kulit dan bentuk wajahmu. Jangan lupa juga untuk minta pendapat teman-teman terdekatmu.

Rawat kulitmu. Kulit yang cantik tidak harus berwarna putih atau kuning langsat karena pada dasarnya kita dilahirkan dengan variasi warna kulit yang berbeda. Yang terpenting adalah bagaimana kita merawat kulit yang kita miliki. Memiliki kulit yang cantik berarti memiliki kulit yang mulus, halus, dan tidak kering. Caranya selalu beri pelembab untuk kulitmu, lakukan ini sehabis mandi. Usapkan lotion lembut keseluruh tubuhmu. jangan lupa juga, scrub kulitmu secara rutin untuk membersihkan kotoran juga kulit – kulit mati yang menempel.

Jangan lupa juga memastikan pakaianmu bersih dan wangi. Terakhir, gunakan sedikit parfum yang lembut. Sekarang kamu sudah cantik, anggun, dan tampak berkelas. Apapun rencanamu hari ini, selamat beraktivitas!