Meski bukan makanan pokok seperti beras, tapi popularitas roti di Indonesia bisa dibilang cukup tinggi. Hampir semua orang –nggak peduli apa latar belakangnya, atau bagaimana kondisi ekonominya– suka makan roti atau olahan dari roti. Toh, saat ini juga banyak sekali orang yang menjual roti dengan harga murah. Jadi, intinya roti bukan lagi barang yang hanya bisa dinikmati sebagian orang saja.

Nah, salah satu bentuk roti yang cukup banyak diminati adalah roti tawar. Ini karena roti tawar cukup fleksibel untuk diolah jadi berbagai sajian menggoda lidah, mulai dari roti selai, sandwich, sampai roti panggang. Bicara soal roti panggang, mungkin sebagian besar dari kita cuma familiar dengan roti panggang yang dimakan pakai selai. Padahal sebenarnya, ada banyak olahan roti panggang dari berbagai negara. Kali ini Hipwee Tips sudah mengumpulkan cara-cara unik makan roti panggang dari 8 negara di dunia. Simak yuk, siapa tahu bisa jadi inspirasi besok pagi~

1. Kalau kamu bosan dengan roti panggang yang dioles selai, coba deh tambahkan krim keju kayak yang biasa dilakukan orang-orang Jerman ini. Dijamin, rasa manis dari selai dan asin dari keju bakal menyatu sempurna di mulut!

Roti panggang ala Jerman via www.daringgourmet.com

2. India memang terkenal dengan rempah-rempahnya. Sebelum dipanggang, roti biasanya diolesi mentega lalu ditaburi lada hitam dan kunyit bubuk. Meski rasanya asin, tapi roti panggang ini disajikan dengan selai lho. Unik ya!

Roti rempah India via www.mapsofindia.com

3. Kalau orang Spanyol, biasa makan roti dengan tomat segar (pan con tomate) di atasnya. Pertama, roti diolesi minyak zaitun dan tomat segar dulu, lalu dipanggang

Roti panggang tomat ala Spanyol via gouldgoesspanish2016.blogspot.com

4. Toast Skagen jadi salah satu makanan populer di Swedia. Kudapan ini memadukan roti panggang dengan udang yang dimasak dengan mentega, creme fraiche, dan rempah. Benar-benar menggoda selera ya!

Toast skagen ala Swedia via www.spisa.nu

5. Menu sarapan terkenal di Inggris adalah roti panggang yang disajikan dengan kacang, telur, sosis, dan daging. Wah, porsi kenyang sih ya kalau ini~

Roti panggang ala Inggris via steemit.com

6. Roti panggang bawang putih atau fettunta jadi menu andalan di Italia. Kamu bisa cobain bikin sendiri. Caranya panggang roti sampai kecokelatan. Saat masih hangat olesi bawang putih yang sudah dihaluskan, taburi garam dan minyak zaitun

Roti panggang bawang putih ala Italia via www.visittuscany.com

7. Yang asin-asin udah, sekarang giliran yang manis-manis ya. Di Singapura & Malaysia dikenal yang namanya kaya toast. Pada dasarnya kaya toast ini cuma roti panggang isi selai srikaya. Kamu bisa bikin selainya sendiri dari campuran kelapa dan telur

Kaya toast ala Singapura dan Malaysia via www.hanysthebrunchstore.com

8. Kalau roti panggang asli Maroko, mungkin beberapa dari kamu udah sering bikin. Soalnya ini cuma pakai madu hangat yang dioleskan di atas roti aja. Tinggal disajikan pakai teh atau susu hangat, sempurna sudah~

Roti panggang madu ala Maroko via tarasmulticulturaltable.com

Advertisement

Jadi, mana nih yang pengen kamu coba buat sarapan weekend nanti?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya