Tips Efektif Cari Kos dari Jarak Jauh Tanpa Perlu Survei Langsung. Hemat Ongkos, Bebas Virus

Cari kos

Salah satu euforia yang paling menyenangkan saat menjadi mahasiswa baru yang bakal merantau ialah mencari kos. Sayangnya, cari kos kadang melelahkan dan menghabiskan banyak ongkos. Apalagi jika kota asalmu jauh dari kampus yang dituju, misalnya Makasar ke Jogja. Padahal, cari kos belum tentu sehari dapat. Kadang ada yang mesti cek atau survei di beberapa tempat dulu sampai bisa menemukan kos yang paling sesuai dengan keinginan dan bujet.

Advertisement

Nah, daripada mesti bolak-balik survei cari kos murah, mending manfaatkan sumber info kost yang ada di internet. Kalau pengin yang lebih menyakinkan, bisa cek langsung di beberapa aplikasi cari kost terpercaya. Namun jangan serta-merta percaya dengan apa yang ada di aplikasi. Kamu tetap perlu kroscek lagi untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Berikut tips efektif dan aman cari kos murah meski dilakukan dari jarak jauh. Hemat pengeluaran dan tentunya tetap menjalankan protokol social distancing, kan?

1. Begitu dinyatakan diterima, segeralah cari kos online secara daring daripada keburu penuh dan malah dapat harga serta kamar yang nggak sesuai

jangan ditunda | credit: Medium via medium.com

Cari kos murah terdekat dari kampus itu susah, makanya kudu buru-buru sebelum makin banyak calon mahasiswa baru lain yang juga mencari. Nggak perlu nunggu sampai ospek, kalau sudah mantap dengan kampusnya, mending segara cek-cek kos  sekitar kampus secara daring. Daripada nanti menyesal karena kos yang fasilitasnya bagus sudah penuh dipesan mahasiswa lain. Mau nggak mau kesempatan untuk mendapatkan kos yang sesuai dengan keinginan jadi menipis, bukan?

2. Coba cek Google Maps dan tandai di area mana kos yang pengin dicari. Dengan pemetaan yang jelas, cari kost murah terdekat dari kampus bakal lebih mudah dan nggak makan waktu

lokasi kos | credit: Mamikos via mamikos.com

Coba cari fakultasmu di Google Maps, lalu cek area atau pemukiman di sekelilingnya. Kalau nggak mau terlalu dekat dengan kampus, tinggal perbesar wilayah jangkauannya, kemudian screenshot dan lingkari biar gampang saat menanyakan lokasi ke pemilik kos nanti. Utamakan cari kos yang dilalui kendaraan umum, ya! Akan lebih baik lagi kamu cari kos murah terdekat dari kampus yang bisa jalan kaki kalau memang nggak punya kendaraan pribadi. Perlu diketahui, makin dekat kos dengan kampus, makin banyak peminatnya dan biasanya harganya agak sedikit mahal. Tapi kan nggak perlu keluar ongkos untuk transportasi lagi.

3. Gunakan aplikasi pencari kos untuk mempermudah perburuanmu. Kalau perlu join juga di grup atau forum FB sewa kost di tempat rantaumu nanti

pakai aplikasi | credit: Pinterest via www.pinterest.cl

Ada banyak aplikasi pencari kos yang bisa digunakan, seperti Kost Hunt dan Mamikos. Di dua aplikasi ini, kamu bisa menemukan kos-kosan terdekat dengan kampus hanya dengan mengetikkan nama fakultas dan universitasnya saja. Selain itu, kamu juga bisa masuk di grup Facebook seperti ‘cari kost Jakarta Selatan’ atau ‘cari kos Jogja’. Biasanya kos-kos yang nggak terdapat di aplikasi justru banyak ditawarkan di sana.

4. Jangan langsung percaya dengan fasilitas yang dituliskan di aplikasi atau forum, lebih baik kroscek lagi dengan meminta foto ulang. Kalau perlu video call pemiliknya

cek fasilitas kos | credit: Pinterest via id.pinterest.com

Memang kudu agak rewel kalau mau dapat kos terbaik. Jika di aplikasi atau forum sang pemilik nggak mencantumkan foto fasilitas yang dituliskannya, mintalah untuk difotokan atau tanyakan apakah bersedia untuk di-video call dan menunjukkan fasilitas-fasilitas yang ditawarkannya. Pastikan semua fasilitas yang ditulis benar-benar kamu lihat secara detail, jangan sampai zonk.

5. Pahami betul bagaimana peraturan di kosnya. Bisa cek di aplikasi atau tanyakan langsung ke pemilik

Advertisement

peraturan kos | credit: Kumpulan Meme via twitter.com

Ada jam malam atau tidak? Bayar sewa setiap tanggal berapa? Boleh ada teman menginap atau tidak?

Beberapa hal di atas wajib ditanyakan sebelum kamu membayar uang muka kos. Takutnya nanti malah ada aturan tertentu yang membuatmu nggak nyaman dan malah menimbulkan masalah di kemudian hari. Bahkan sekalipun aturan ini sudah dituliskan di aplikasi atau forum, baiknya tanyakan lagi walau hanya untuk memastikan saja.

6. Selain menanyakan keamanan pada pemilik, kamu juga bisa minta tolong ke teman atau kerabat dekat untuk mengeceknya langsung. Kalau nggak ada, gunakan jasa pencari kos untuk kroscek ulang

keamanan kos | credit: Space Stock via blog.spacestock.com

Karena kamu nggak bisa survei langsung ke lokasi, meminta bantuan teman atau saudara boleh-boleh saja kok. Tapi biar etis, setidaknya beri uang bensin sebagai tanda terima kasih. Mintalah teman untuk mengecek fasilitas serta keamanan di area kosnya. Jangan cuma percaya omongan pemiliknya saja, kalau perlu tanyakan ke penghuni lama apakah pernah ada kemalingan atau hal merugikan lainnya di sekitar area kos. Lebih baik, pilih kos yang punya penjaga dan menggunakan kunci khusus dengan kode untuk meminimalisir hal-hal yang nggak diinginkan.

7. Cek ulasan kost terdekat incaranmu di aplikasi pencari kos. Kalau nggak ada, coba cek di Google untuk melihat ulasannya

lihat ulasan kos | credit: D’paragon Kalijudan via www.google.com

Biasanya, pilihan kos di aplikasi nggak begitu banyak. Kalau memang nggak nemu, cobalah cari dengan mengetikkan kata kunci tertentu seperti ‘cari kost Jakarta Barat’ atau ‘kost Jogja’. Laman Google akan memberimu beberapa opsi kos yang terdaftar atau setidaknya ada di Google Maps. Nah, dari sini kamu bisa mengecek ulasan kos-kosannya. Supaya lebih yakin, cek lagi di aplikasi apakah ada nama kos tersebut kemudian lihat ulasan. Kalau ternyata baik-baik saja, kos ini bisa dijadikan opsi.

8. Jangan buru-buru bayar uang muka, bandingkan dulu beberapa kos murah yang sudah ditemukan

jangan buru-buru DP | credit: Spaceo via www.spaceo.ca

Cek beberapa kos sebelum memutuskan untuk bayar uang muka, mengingat harga kos-kosan itu beragam. Kadang ada yang fasilitas oke tapi murah atau justru sebaliknya. Cari kos murah yang sesuai standar memang agak susah, makanya kamu perlu survei walaupun secara daring untuk mendapatkan yang terbaik. Nggak apa-apa pusing sedikit, toh demi kenyamanmu nanti kok. Tapi jangan kelamaan, takut disalip orang. Hehe~

9. Prioritaskan kos yang bisa dibayar bulanan. Barangkali nanti nggak betah, jadi bisa langsung pindah

pilih kos bulanan saja | credit: Jogja Trade via jogja.trade

Karena nggak survei langsung, lebih baik pilih kos yang bisa dibayar bulanan saja. Syukur-syukur kalau betah bisa dilanjutkan. Memilih kos yang nyaman dan bikin betah itu penting lo! Soalnya di kamar kecil ini kita bisa mengistirahatkan tubuh. Jadi, carilah yang benar-benar pas dan bikin nyaman, ya!

10. Supaya lebih yakin, bayarlah jasa pencari kos terpercaya. Biasanya, di forum Facebook ada kok yang menawarkan jasa-jasa ini

pakai jasa untuk survei | credit: Berita Bali Online via www.beritabalionline.com

Meski bayar, setidaknya tetap bisa menghemat pengeluaranmu daripada mesti bolak-balik survei kos. Pastikan kamu menjelaskan seluruh kriteria kos yang diinginkan termasuk mengenai fasilitas, lokasi, dan lingkungannya. Mintalah jasa pencari kos untuk memfotokan detail kos agar lebih meyakinkan.

Cari kos murah dari jarak jauh memang nggak gampang, tapi bukan berarti nggak bisa. Kamu yang cuma duduk-duduk saja di rumahmu di Medan, bisa kok cari kos murah Jakarta. Semoga membantu dan segera dapat kos yang diinginkan, ya. Semangat!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE